Sang Pembaharu - Usaha Dan Pedoman Syaikh Siti Jenar Buku 3

 Perjuangan dan Ajaran Syaikh Siti Jenar Buku  Sang Pembaharu - Perjuangan dan Ajaran Syaikh Siti Jenar Buku 3
Novel ini sangat menarik alasannya menawarkan perspektif gres dalam cara baca-pandang terhadap sejarah. Dengan merujuk pada kitab-kitab versi Cirebon, novel ini bisa menghadirkan sisi-sisi kemanusiawian Syaikh Siti Jenar. Novel ini bisa hadir tanpa absurditas dan paradoksal. Tidak ada peristiwa pengadilan oleh Wali Songo, apalagi sampai putusan eksekusi mati.

Pada buku pertama Suluk Syaikh Siti Jenar, pembaca telah diajak ber- ziarah pada  konsep filosofis Yang Wujud dan maujud serta pengalaman ruhani Syaikh Siti Jenar menuju Yang Mutlak. Menyusur  jauh pada asal permintaan Syaikh Siti Jenar sampai berangkat menjalankan ibadah haji ke Makah. Di Makah inilah Syaikh Siti Jenar “berjumpa” dengan Abu Bakar Asy-Syidiq yang mengajarkan tarekat kepadanya.  Pada buku kedua Perjalanan Ruhani Syaikh Siti Jenar, memuat kembalinya Syaikh Siti Jenar dari Makah, mengembangkan ajarannya, sampai diangkat menjadi dewan Wali.



Buku yang ada ditangan pembaca ini merupa- kan buku ketiga, yang mengupas perihal perjalanan Syaikh Siti Jenar sehabis menjadi dewan wali. Sebagai seorang tokoh yang ditugaskan di tanah Jawa, Syaikh Siti Jenar melaksanakan beberapa pembaruan menyerupai penggunaan istilah Pondok Pesantren (sebelumnya: Padepokan) dan membangun konsep masyarakat (sebelumnya: konsep kawula). Secara substantif, konsep masyarakat (Arab: Musyârakah) menempatkan setiap individu pada derajat yang sama dan mempunyai hak-hak dasar yang tidak sanggup diganggu oleh siapa pun, termasuk dalam hal dogma beragama. Konsep yang dikembangkan secara masif oleh Syaikh Siti Jenar ini mendapat perlawanan dari penguasa absolut, monarki, raja. Karena dengan Musyârakah hak- hak prerogatif (mutlak) raja mendapat kendali. Konsep kawula yang secara kebahasaan (apalagi secara istilahi) berkonotasi ketakberdayaan insan satu atas insan yang lain, semakin redup.

Detail Buku:

Judul: Sang Pembaharu - Perjuangan dan Ajaran Syaikh Siti Jenar Buku 3
Penulis: Agus Sunyoto
Penerbit: Pustaka Sastra Lkis
ISBN: 979-3381-47-7
Baca-Download: Google Drive

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sang Pembaharu - Usaha Dan Pedoman Syaikh Siti Jenar Buku 3"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel