Cara Mengatasi Data Invalid Dukungan Guru

Cara Mengatasi Data Invalid Tunjangan Guru Cara Mengatasi Data Invalid Tunjangan Guru
Mendekati triwulan 1 pencairan dukungan guru (TPG) momen ini merupakan sibuk-sibuknya para operator untuk mensukseskan data validasi TPP para guru yang menerima dukungan sertifikasi. Betapa tidak! setiap guru yang mengakses laman GTK yang mendapati datanya belum valid sanggup dipastikan debar jantungnya turun naik dengan keras. Pasalnya dikala data belum dinyatakan valid maka pencairannya akan ditangguhkan pada triwulan 2 berikutnya bahkan pun tidak akan pernah dicairkan.

Alih-alih operator akan menjadi kambing hitam atas ketidak validan data tersebut. Yang terjadi operator akan di judge dengan beberapa pertanyaan yang menyesakkan. Jika hal ini terjadi operator akan semakin pusing sebab juga dihadapkan dengan batas cutoff pencairan TPP triwulan 1 yang kabarnya akan segera dicairkan pada bulan april mendatang.

Jika guru menemukan datanya belum valid pada laman GTK saya rasa tidak perlu khawatir yang berlebihan. Jika Anda yakin dengan kevalidan data Anda yang di inputkan pada Dapodik maka hanya menunggu waktu saja, sebab proses validasi dilakukan dari sentra dan sedikit demi sedikit mengingat banyaknya data yang ditampung pada server pusat. Namun sebaiknya kalau data Anda pada aplikasi Dapodik belum valid maka segera lakukan validasi dan lalu sinkron ulang.

Berbicara tentan validasi data TPP, mungkin pertanyaan umum berikut akan mewakili kegundahan hati Anda. Apasih yang menimbulkan data menjadi invalid? Padahal data di Dapodik sudah benar?.
Sudah yakin datanya benar?? coba Anda periksa lagi dengan seksama, kalau yakin benar kenapa masih muncul belum vald?. Berangkat dari sebuah pengalaman ada beberapa faktor yang menimbulkan data menjadi invalid.

  1. Update aplikasi dapodik yang terbaru namun belum sinkron data terbaru.
  2. Adanya perubahan tabel pada aplikasi Dapodik. yakni tabel siswa, guru, pembelajaran, jadwal, dll.
  3. Biasanya sesudah ganti semester operator tidak melaksanakan lanjut ke semester tetapi menciptakan tabel semester baru, terutama bagi operator yang baru.
  4. Seringnya melaksanakan sinkron sebab ada perubahan pada tabel pembelajaran dan jadwal.
Selain temuan diatas mungkin masih ada beberapa masalah lagi diluar sana yang saya rasa semuanya ialah sama ujungnya menimbulkan data invalid.

Bagaimana cara mengatasi data invalid dukungan guru.

Semua laman web yang memperlihatkan info seputar data pokok pendidikan pangkalnya ada di aplikasi dapodik sekolah masing-masing. Oleh sebab itu setiap ada perubahan dan pembaharuan data pastikan bahwa semuanya sudah mengikuti sesuai dengan aturannya.

#Cara mengatasi tanggal sinkron yang belum berubah di info GTK.
Mustahil kalau operator sanggup mengatsi perubahan tanggal sinkron yang belum berubah di laman info guru. yang niscaya ialah guru harus menunggu dan bersabar. Setiap kali operator melaksanakan sinkronisasi semua jejaknya akan terekam. Perhatikan gambar berikut;
Sudah sangat terang bahwa perubahan tanggal sinkron di info GTK akan mengikuti setiap tanggal update sinkron di dapodik. Biasanya update Dapodik membutuhkan waktu 2x24 jam ke server sentra dari server sentra akan menditribusikan 2x24 jam ke laman info GTK, palin9 usang ialah 7 hari.

Ingat! ini hanyalah solusi yang pernah saya lakukan dan saya tidak menjamin pada data Anda akan berhasil berubah atau tidak, kalau kasusnya data tetap tidak berubah maka data guru pada aplikasi dapodik tidak mengalami perubahan. Lakukan perubahan sedikit pada salah satu tabel guru tersebut namun tidak mengubah apapun. save lakukan validasi lalu sinkron ulang.

#Cara mengatas Jjm 0 di info gtk, padahal di dapodik sudah 24 jam... Koq sanggup gt ya???
JJM pada dapodik sudah mengikuti struktur tabelnya artinya dilarang melebihi dari JJM yang sudah ditetapkan namun boleh kurang. Seperti masalah diatas sudah dipastikan bahwa JJM melebihi batas dan dianggap tidak masuk akal sehingga JJM tidak linier dan tidak diakui dan masalah ini sanggup berdampak pada semua jam guru. Bisa juga kerana sedang proses validasi maka tunggu saja. namun kalau bukan sebab itu, Solusinya atur ulang JJM lihat alokasi perminggu JJM maksimum baik seluruh mata pelajaran maupun per-mata pelajaran pada K13 dan KTSP.

Jika ada pertanyaan lainnya mengenai data belum valid pada laman info GTK silahkan komentar.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Data Invalid Dukungan Guru"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close