Sulit Hafal Dan Gampang Lupa? Ini Penyebabnya!

Hal Yang Membuat Hafal Dan Praktis Lupa dlam berguru Sulit Hafal Dan Praktis Lupa? Ini Penyebabnya!

Tulisan ini saya sadur kembali dari kitab aslinya Ta'lim Muta'alim Karya Al-‘Allamah Asy-Syaikh Burhanuddin Az-Zanurji lantaran memang sangat bermanfaat bagi kita sebagai seorang pelaku penuntut ilmu. Penting bagi kita untuk selalu berusaha menjauhkan hal-hal perbuatan sepele yang sanggup merugikan diri kita selama dalam proses mencari ilmu. Tentu apa yang sudah kita pelajari tidak ingin rasanya terbuang sia-sia.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan lemah dan kuatnya ingatan kita ketika mempelajari suatu ilmu. Dan faktor inilah yang harus kita ketahui semoga permaslahan dalam berguru sanggup kita atasi sendiri dengan mudah.

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan Kuatnya Hafalan

Yang paling besar lengan berkuasa menyebabkan gampang hafal ialah kesungguhan, kontinuitas, mengurangi makan dan shalat di malam hari. Membaca Al-Qur’an termasuk penyebab hafalan seseorang. Sebuah pernyataan tertulis sebagai penguat pendapat tersebut : “Tiada sesuatu yang lebih bisa menguatkan hafalan seseorang, kecuali membaca Al-Qur’an dengan menyimak. “Membaca Al-Qur’an yang dilakukan dengan menyimak itu lebih utama, sebagaimana sabda Nabi saw : “Amalan umatku yang paling utama ialah membaca Al-Qur’an dengan menyimak tulisannya.”
ورأى شداد بن حكيم بعض إخوانه فى المنام، فقال لأخيه: أى شيئ وجدته أنفع؟ قراءة القرآن نظرا.
Syaddad bin Hakim pernah bermimpi ketemu temannya yang mati, kemudian bertanya: “Perbuatan apakah yang engkau rasakan lebih bermanfaat? Jawabnya : “membaca Al-Qur’an dengan menyimak tulisannya.”

Termasuk penguat hafalan lagi, yaitu waktu mengambil buku berdo’a: Bimillahi wasubhanallohi walhamdulillahi wala illaha illallohu wallohu akbar wala haula wala kuwwata illa billahil a’liyyil a’zhimil a’jijil a’limi a’dada kulli harfin kutiba wayuktabu abadal abidina wadahroddahirina.

Artinya : (Dengan menyebut Asnma Allah, Maha suci Allah, segal puji milik Allah dan tiad yang kuasa selain Allah yang Maha Agung, tiada daya dan kekuatan selain atas pemberian Allah Yang Maha Mulya Agung Luhur Lagi Mah Mengetahui, sebanyak karakter yang tertulis dan akan di tulis, berabad-abad dan sepanjang masa). Dan setiap selesai menulis berdo’a : Amantu billahil wahidi wahdahu lasyarika lahu wakafartu bima siwahu.

Artinya: (Aku beriman kepada Allah Yang Tunggal, Maha Esa, berkesendirian tiada sobat dalam ketuhannaNya, dan saya hindari dari bertuhan kepad selainNya.)

Dan dengan banyak membaca shalawat Nabi saw. Karena shalawatlah yang menjadi dzikir seluruh alam. Sebuah syair berikut disebutkan :
Aku laporkan kepada ki Waki’; hafalanku lemah
Ia menunjuki, semoga kutinggal laris maksiat
Hafalan itu, sebagai anugrah dari sisi Tuhan
Orang yang maksiat tak diberi anugrah dari Tuhan
Ringkasnya Amalan yang sanggup menciptakan kita gampang hafal:
  1. Niat bersunguh-sungguh
  2. Istiqomah
  3. Mengurangi banyak makan
  4. Sholat malam
  5. Membaca Al-Qur'an
  6. Perbanyak baca Shalawat
  7. Berdo'a sebelum dan seduah belajar
Amalan diatas merupakan pendorong bathiniyah. Selain itu, pendorong jasmaniyah pun harus pula diperhatikan ibarat bersiwak, minum madu, makan kandar (kemenyan putih), bercampur gula dan menelan buah zabib merah 21 butir setiap hari, kesemuanya sanggup mempermudah hafal lagi sanggup mengobati banyak sekali macam penyakit. Segala sesuatu yang bisa mengurangi pelendiran dahak dan mengurangi pelemakan kulit tubuh yang diakibatkan terlalu banyak makan, ialah juga bisa memperkuat hafalan. Sesuatu yang memperbanyak lendir dahak, akan menciptakan orang jadi pelupa.

Kenapa harus bersiwak/ gosok gigi?
Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam pernah bersabda,
السِّوَاكُ مَطْهَرَةٌ لِلْفَمِ مَرْضَاةٌ لِلرَّبِّ
“Bersiwak itu membersihkan ekspresi dan merupakan sesuatu yang mendatangkan ridha Rabb” (HR. Bukhari dan An Nasa’i).

Imam An Nawawi mengatakan, bahwa bersiwak (dari segi perbuatan) sanggup diartikan apa saja yang bisa menghilangkan kotoran dari gigi dan mulut. Jadi, menyikat gigi, berkumur dengan obat kumur, sanggup dikatakan sebagai acara bersiwak.

Tinjauan para andal kesehatan ihwal penggunaan siwak World Health Organization (WHO) juga merekomendasikan siwak untuk menyikat gigi. Beberapa penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa penggunaan kayu siwak lebih efektif dalam mengurangi basil yang ada pada gigi dan ekspresi dibanding sikat gigi modern. Secara mekanik, kayu siwak sanggup menyikat permukaan gigi ibarat halnya sikat gigi. Saat memakai siwak, kita tidak perlu memakai pasta gigi, lantaran kandungan dalam pasta gigi ibarat antibakteri dan fluoride juga dimiliki oleh siwak (pembersihan secara kimiawi)

Kenapa harus minum madu?
Madu merupakan gabungan zat vitamin, zat mineral, bio-hormon serta enzim yang sanggup merangsang kerja otak dan membantu Anda berkonsentrasi lebih baik serta mengusir stress.

Secara medis, madu mengandung lebih dari 70 materi yang berbeda-beda, dimana madu merupakan sumber terpenting zat-zat gula alami. Selain itu, madu juga mengandung sebagian enzim yang sanggup membantu dalam proses metabolisme dan pencernaan.

Selain itu kandungan yang terdapat di madu ialah sejumlah vitamin-vitamin penting dalam tubuh. Diantaranya ialah vitamin B, vitamnin B2, vitamin B3 (asam pantosin), vitamin B5, vitamin B6 (pridaksin), vitamin C, vitamin K, vitamin E, dan vitamin A.

Imam Sayuti dalam kitabnya al-Rahmat Fi al-Tib Wal Hikmah berkata bahawa Rasulullah s.a.w. bersabda yang bermaksud:“Wahai kalangan yang mengandung (wanita), perkenalkanlah kepada anak-anakmu semasa mereka di dalam perut kamu, Luban putih (luban) dengan memberi makannya, kerana gotong royong ia menambahkan hafalan, kecerdasan dan kekuatan tulang (riwayat al-Dailami).

Kenapa harus makan kandar (kemenyan putih)?
Luban mengandung olibanol, materi resin, dan terpenes. Kandungan lain, saponin, flavonoida dan polifenol. Kini para ilmuwan telah mengamati bahwa ada kandungan dalam Luban yang bisa menghentikan penyebaran kanker. Belum diketahui secara niscaya kandungan luban sebagai antikanker.Namun dulu pada kurun kesepuluh, Ibnu Sina, andal pengobatan Arab, merekomendasikan luban sebagai obat untuk tumor, bisul, muntah, disentri dan demam.

“Di riwayaktkan  daripada Saidina Ali (k.w.) bahawa dia menyatakan kepada seorang lelaki yang mengadu kepadanya ihwal duduk perkara penyakit lupa. Lalu Saidina Ali(k.w.) menyuruh ia memakai luban, karana luban  sanggup menguatkan hati  serta  menghilangkan duduk perkara kelupaan”. Luban amat berkesan bagi menambahkan daya ingatan dan mencerdaskan otak lantaran ia berfungsi menghilangkan lendir balagham dalam otak. Gumpalan balagham yang banyak menyebabkan lemah daya ingatan, selsema, resdung, lelah, batuk dan sebagainya yang berkaitan dengan sIstem pernafasan.

Sejarah juga menyatakan bahwa Imam Syafie yang amat populer dengan kekuatan daya ingatannya selalu mengamalkan memakan Luban sehingga final hidup beliau.

Kenapa harus makan buah zabib merah?
Nabi saww bersabda: "Barangsiapa memakan kismis merah sebanyak 21 biji setiap hari sebelum  sarapan pagi, maka dia tidak akan tertimpa penyakit kecuali kematian".

Imam Ali a.s. bersabda: "Barangsiapa memakan 21 biji kismis merah, maka dia tidak akan melihat pada jasadnya suatu yang tidak disenangi".

Imam Ali a.s. bersabda: "Kismis sanggup menguatkan jantung, menghilangkan penyakit, menghilangkan panas dan memulihkan kesehatan jiwa".

Pada riwayat lain dari Abi Ja'far At-thusi disebutkan bahwa kismis sanggup menghilangkan lendir dan menyehatkan jiwa".

Nabi saww bersabda: "Biasakanlah memakan kismis lantaran kismis sanggup menghilangkan kepahitan (empedu/cairan kuning), menghilangkan lendir, menyehatkan badan, membaguskan rupa, mengua! tkan saraf dan menghilangkan letih". Diriwayatkan di dalam Kitab "At-Tib An-Nabawi" (Perubatan Nabi) dalam hadis yang bermaksud;

"Sebaik-baik masakan ialah buah zabib (kismis), ia menghilangkan keletihan, menguatkan urat saraf, meredakan kemarahan, mencerahkan warna kulit dan mengharumkan wangi hidung serta mulut"

Kismis ialah satu "gula-gula" orisinil ciptaan Allah SWT. Ia ialah sejenis buah-buahan kering yang paling mempunyai kegunaan di dunia, Ia tidak mengandungi kolestrol atau lemak serta rendah kandungan garam. Ia membekalkan tubuh tubuh dengan banyak vitamin dan minerals yang penting ibarat zat besi, potassium, magnesium, kalsium dan vitamin B1, B3 dan B6.

Zat besi ialah penting untuk pelatihan darah bagi pengangkutan oksijen ke otak ke seluruh badan. Kismis juga merupakan serat yang baik yang kaya dengan biro anti-oksida(anti-penuaan). Kismis mengandungi 70% fruktosa(suatu bentuk gula ringkas yang asli) yang sanggup dihadamkan dengan cepat untuk tenaga segera. Ianya sangat sesuai terutama bagi mereka yang memakai banyak tenaga untuk berfikir ibarat guru dan pelajar.

Ringkasnya masakan yang sanggup membantu menguatkan daya ingatan:
  1. Madu
  2. Luban
  3. Buah zabib merah

Segala perbuatan yang sudah di singgung diatas sebisa mungkin harus kita lakukan dan kita jaga selalu. Selain itu kita juga harus mengetahui kenapa kita sering gampang lupa dalam hal mempelajari ilmu.

Berikut beberapa faktor yang menjadi penyebab gampang Lupa

Penyebab lupa ialah berbuat maksiat, banyak dosa, ajaib dan gelisah lantaran urusan dunia. Seperti telah di kemukakan di atas, bahwa orang yang cendekia itu jangan tergila-gila dengan perkara dunia, lantaran akan membahayakan dan sama sekali tidak ada manfaatnya. Gila dunia tak lepas dari akhir kegelapan hati, sedang ajaib alam abadi tak lepas dari akhir hati bercahaya yang akan tersakan di kala shalat. Kegilaan dunia akan menghalangi berbuat kebajikan, tetapi kegilaan alam abadi akan membawa kepada amal kebajikan.

Membuat dirinya terlena melaksanakan shalat dengan khusu dan mempelajari ilmu pengetahuan itu sanggup menghilangkan kekacauan dalam hati, sebagaimana tersebut di dalam gubahan Syaikhul Islam Nasrhr Ibnul Hasan Al-Marghibani :
Pohonlah inayah, oh Nasr putra Al-Hasan
Untuk mencapai ilmu yang tersimpan
Hanya itu, yang bisa membuang duka
Selain itu, jangan percaya
Syaikhul Imam Najmuddin Umar bin Muhammad An-Nasafi dalam menyifati jariyah Ummi waladnya, tergubah beberapa bait syi’ir :
Salamku buat si dia, yang membuatku terpesona lantaran lembut tubuhnya
Halus pipinya dan giuran kerdipan matanya
Si manis molek, diriku jadi tertahan, hatikupun tertawan
Hati kebingungan, bila bermaksud tuk menggambarkan
Aku berkata : tinggalkan daku, maafkan aku
Karena kusibuk membuka jalan dan menuntut ilmu
Selama saya mencari utama dan taqwa
Tak perlu lagi, rayuan si manis dan harum baunya
Sebab-sebab yang menciptakan gampang lupa, yaitu makan ketumbar, buah apel masam, melihat salib, membaca goresan pena pada kuburan, berjalan disela-sela unta terakit, membuang ke tanah kutu yang masih hidup, dan berbekam pada tengkuk kepala. Singkirilah itu semua, lantaran menciptakan orang jadi pelupa.

Semoga bermanfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Sulit Hafal Dan Gampang Lupa? Ini Penyebabnya!"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel