Bentuk-Bentuk Pegunungan Lipatan

Pegunungan lipatan merupakan bab dari proses diastropisme selain pegunungan patahan. Pegunungan lipatan mempunyai macam-macam lipatan atau jenis-jenis lipatan dan mempunyai bentuk-bentuk pegunungan lipatan terdiri atas 4 yakni jalur pegunungan lipatan, dome dan basin, lipatan tunjam, lipatan kompleks, setiap bentuk-bentuk pegunungan lipatan tersebut mempunyai proses terbentuknya, dan akan dijelaskan pula pengertian dari aneka macam bentuk-bentuk pegunungan lipatan, sehingga tak akan timbul pertanyaan bahwa apa pengertian jalur pegunungan lipatan, apa pengertian dome dan basin, apa pengertian lipatan tunjam, apa pengertian lipatan kompleks dan pertanyaan lainnya, mengapa lipatan tersebut sanggup terjadi. begitu pun dengan pegunungan patahan mempunyai bentuk-bentuk pegunungan patahan dan macam-macam patahan atau jenis-jenis patahan, menyerupai tema diatas dimana kali ini kita akan menjelaskan bentuk-bentuk pegunungan lipatan yang akan dijelaskan menyerupai yang ada dibawah ini.

a. Jalur Pegunungan Lipatan. Jalur pegunungan lipatan yakni rangkaian pegunungan lipatan yang sangat panjang, melintasi beberapa benua, dan terletak berdampingan dengan palung didasar laut. Jalur pegunungan lipatan dan palung terbentuk alasannya yakni tumbukan antara lempeng samudra dan lempeng benua. Lempeng samudra lebih berat sehingga produksi akan menyusup di bawa lempeng benua, sedangkan lempeng benua akan terangkat ke atas alasannya yakni lebih ringan massanya. 

b. Dome dan Basin. Dome yakni pegunungan lipatan yang membulat, terbentuklah alasannya yakni tekanan mendatar yang mempunyai kekuatan tiba pada waktu dan arah yang sama. Contohnya, dome sangiran di jawa tengah yang populer sebagai tempat inovasi fosil insan purba. Basin yakni cekungan yang membulat alasannya yakni kawasan sekitarnya terangkat naik. 

c. Lipatan Tunjam. Lipatan Tunjam yakni pegunungan lipatan yang garis porosnya menunjam membentuk sudut terhadap bidang datar. 

d. Lipatan Kompleks. Lipatan Kompleks yakni aneka macam jenis lipatan yang terdapat pada sebuah jalur pgunungan besar yang disebut geantiklin (antiklinal besar). Jalur di atasnya terdapat antiklinal dan sinklinal kecil-kecil dari aneka macam tipe. 

Sekian artikel tentang Bentuk-Bentuk Pegunungan Lipatan supaya bermanfaat

Show comments
Hide comments

0 Response to "Bentuk-Bentuk Pegunungan Lipatan"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close