Cara Mensolder Lcd Handphone

 

Cara Mensolder LCD Handphone

Sebelum melaksanakan penyolderan ada baiknya sedikit saya tuliskan wacana flexibel pada ponsel.
Flexibel yakni sejenis elemen kabel film yg terdapat jalur jalur tipis yg dipakai sbg penghubung antar komponen ponsel, biasanya dihubungkan pada kamera, Lcd, penghubung antar pcb dan lain sebagainya.


Cara melepaskan flexibel pada pcb ponsel

Melepaskan flexible yang tersolder pada pcb ponsel dilakukan dengan cara sbg berikut ini :
-Melepas dengan cara menarik langsung
-Melepas dengan cara memakai solder
-Melepas dengan cara memakai solder uap
Jika jalur flexible sekiranya tipis dan ringkih sebaiknya gunakanlah solder atau solder uap untuk melepasnya, hal ini dimaksudkan semoga tdk terjadi putus jalur pada pcb ponsel. Setelah flexible terangkat saya harus membersihkan sisa timah yg terdapat pada pcb. Kemudian lakukan pemasangan flexibel yang baru.

1. Cara memasang flexible gres dengan cara penyolderan :

Pastikan mata solder telah panas atau cukup temperaturnya, gunakan mata solder yg ujungnya lancip guna mencegah terjadinya jalur yg terhubung dan pada ujung mata solder dpt menempel timah. Gunakan double tip semoga flexible tdk bergeser dan memudahkan penyolderan. Lakukan penyolderan secara merata pada setiap baris jalurnya hingga semuanya tersolder dgn rapi tdk terhubung baris jalur lainnya, gunakan pinset pipih rata utk menekan dan menempel besar lengan berkuasa dgn flexible.

2. Cara penyolderan kabel jumper.
Kabel jumper yakni kabel penghubung yg dipakai untuk menghubungkan jalur yg putus sehingga dpt tersambung dan dpt berfungsi dengan normal.

Cara penyolderan kabel jumper :
Kabel jumper dikikis memakai pisau atau silet semoga kulit kabel terkelupas, erosi hanya pada ujung - ujung kabelnya saja. Beri sedikit timah pada ujung kabel jumper & sedikit pasta pada ujung kabel utk memudahkan penyolderan. Gunakan mata solder yg lancip ujungnya.

Cara -cara melaksanakan dan memakai solder uap sebagai berikut :
-pengaturan temperatur panas dan hembusan udara pada solder uap harus benar
-perhatikan tabel penggunaan solder
-settingan blower (solder uap) heater (panas) 300-400'c
Air (udara) 2,5 -3

-Cara memegang solder harus besar lengan berkuasa dan tegak lurus pada komponen atau ic yg akan dikerjakan.
-Jarak mata solder diubahsuaikan dgn komponen yg akan diblower, jaraknya antara 0,5 -1,5 cm dgn komponen.
-Gunakan cairan pasta flux atau songka cair, maksudnya utk mempercepat cairnya timah dan mencegah kerusakan komponen IC. cairan ini diletakkan diatas IC.
-Lama proses blower menurut pada jenis komponennya, jikalau pada IC biasanya 3-7 detik sedangkan pada komponen plastik 10-20 detik dgn temperatur panas yg dikurangi. Saat proses blower/pemanasan jgn terfokus terus ditengah IC saja, harus merata, caranya dgn memutar mutar blower diatas IC dan harus tegak lurus hingga IC bergerak atau terasa goyang, kemudian angkat secara pelan pelan hingga terlepas sendiri.

Cara -cara melepas komponen plastik.


Komponen yg terbuat dari plastik yakni komponen yg gampang terbakar atau meleleh jikalau terkena panas. Penggunaan solder uap yg terlalu panas akan mengakibatkan komponen plastik ini gampang rusak. Cara memakai solder uapnya harus diatur panas dan hembusan udaranya kira kira disekitar 200-210'c temperatur panasnya dgn hembusan udara 4-8 air compressor. Pengaturan itu tdk mengakibatkan komponen plastik meleleh, tetapi memakan waktu lebih lama. Arahkan mata blower pada bab komponen yg terdapat timah dan sewaktu timah meleleh segera angkat komponen plastik tsb dari pcb ponsel.

Sumber http://www.bidaricell.com/ Refrensi : SEID.xyz
Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Mensolder Lcd Handphone"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close