Dampak Nyata Dan Negatif Tenaga Eksogen

Pengertian tenaga eksogen yaitu tenaga-tenaga yang berasal dari luar bumi dan bersifat mengubah atau merusak permukaan bumi.
Tenaga pengubah bentuk permukaan bumi yang berasal dari luar permukaan bumi dinamakan tenaga eksogen. Tenaga eksogen biasanya membentuk permukaan bumi dengan perusakan, contohnya melalui pelapukan, erosi, dan abrasi.
Tenaga Eksogen mempunyai dampak, baik yang sifatnya konkret dan negatif atau menguntungkan dan merugikan bagi kehidupan manusia. Tenaga eksogen diakibatkan oleh insan sendiri sehingga perlu cara-cara penanggulangan terjadinya tenaga eksogen, karna tenaga eksogen juga sanggup menelan korban jiwa dan Tenaga eksogen juga sanggup berfungsi dengan baik jikalau kita memanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Tenaga eksogen yang berasal dari permukaan bumi ibarat pelapukan, erosi, dan sedimentasi berdampak banyak terhadap kehidupan manusia. Dampaknya selain bersifat positif, ada pula yang bersifat negatif. 

a. Dampak Positif Tenaga Eksogen
Dampak konkret tenaga eksogen antaralain.
  1. Memunculkan habitat. Dengan adanya pelapukan terhadap batuan, terbentuklah tanah sehingga memungkinkan tumbuh- flora hidup di atas tanah tersebut. Dengan adanya kehidupan tumbuh-tumbuhan di atas tanah, telah menjadikan adanya kehidupan binatang dan manusia. Manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan merupakan mata rantai kehidupan yang satu sama lainnya saling mempunyai ketergantungan.
  2. Memperluas daratan di bumi. Erosi yang terjadi di tempat pegunungan materialnya akan dibawa ke maritim dan mengendap di dasar laut. Peristiwa ibarat ini telah berlangsung jutaan tahun lamanya sehingga endapan yang terbentuk semakin usang semakin tebal dan luas dan akhirnya membentuk daratan. Banyak dataran-dataran yang terbentuk dari hasil erosi dan pengendapan ibarat pantai timur Sumatera, pantai Utara Jawa, dan lain-lain. Dataran yang terbentuk dan hasil pengendapan ini disebut dataran aluvial dan tanahnya disebut tanah aluvial.
  3. Memperdekat barang-barang tambang ke permukaan bumi. Dengan adanya erosi dalam waktu yang sangat usang (jutaan tahun) terhadap pegunungan yang mengandung barang- barang tambang dan mineral makin usang makin rendah sehingga barang tambang yang ada di dalamnya makin erat ke permukaan bumi, dan akhirnya berada di permukaan bumi.
b. Dampak Negatif Tenaga Eksogen
Dampak negatif tenaga eksogen antaralain.
  1. Kesuburan tanah semakin berkurang alasannya yaitu tanah yang subur di permukaan bumi terus menerus mengalami erosi setiap hujan turun.
  2. Hasil-hasil erosi yang diendapkan (sedimentasi) di muara-muara sungai menjadikan pendangkalan di muara sungai, risikonya sungai menjadi gampang mengalami banjir dikala demam isu hujan. Hal ini terjadi alasannya yaitu arus sungai yang mengalir mengalami kendala di muara sungai. 
  3. Abrasi (pengikisan air laut) di pantai-pantai menjadikan daratan erat garis pantai hilang dihantam ombak. Rumah-rumah di pinggir pantai banyak yang hancur oleh abrasi.
 

Demikianlah Artikel sederhana tentang Dampak Positif dan Negatif Tenaga Eksogen. agar bermanfaat bagi kita semua. sekian dan terima kasih.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Dampak Nyata Dan Negatif Tenaga Eksogen"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close