Mengenal Perbedaan Pasar Uang Dan Pasar Modal

Perbedaan pasar uang dan pasar modal, pertama-tama dikaji dengan point-point menyerupai pengertian pasar uang dan pasar modal, sehabis mengkaji hal tersebut maka kita sanggup mengetahui perbedaan pasar uang dan pasar modal itu dimana ?... dengan menyimpulkan hasil kajian-kajiannya, sehingga pertama-tama yang akan kita kaji ialah pengertian pasar uang dan pasar modal dalam memilih perbedaan pasar uang dan pasar modal. Dengan analisa teman-teman kita sanggup menemukannya hanya dengan melihat pengertian pasar uang dan pengertian pasar modal.
Pasar uang ialah kawasan diperdagngkannya dana-dana atau surat-surat berharga yang mempunyai jangka waktu jatuh tempo kurang dari satu tahun (jangka pendek).

Transaksi dalam pasar uang dilakukan dengan memakai sarana telekomunikasi sehingga pasar uang ini disebut juga dengan pasar aneh alasannya ialah pelaksanaannya tidak dilakukan di kawasan tertentu sebagaimana halnya dengan bursa imbas pada pasar modal. Berkaitan dengan itu pasar uang merupakan pasar yang tidak teroganisasi (Unorganized market).
Pengertian pasar uang dan pasar modal antara lain sebagai berikut.

Persamaan Pasar uang dan pasar modal :

  • Sama-sama bab dari pasar finansial (pasar pendanaan) alasannya ialah pasar uang sendiri, muncul alasannya ialah bank membutuhkan likuiditas, kemudian menjual instrumen pasar uang ke bank lain. Baik bank konvensional atau bank syariah. Sedangkan pasar modal, adanya penjualan saham, obligasi dan lain-lain.
  • Menjalankan funsi yang sama yaitu menjembatani pihak surplus dan defisit yang mempunyai banyak peluang investasi.
  • Produk pasar uang dan produk pasar modal relatif sama berupa surat berharga.

Pengertian Pasar Uang dan Pasar Modal 
Pengertian pasar uang  dan pasar modal antara lain sebagai berikut.
  • Pengertian Pasar Uang (Money Market) ialah kawasan atau aktivitas bertemunya ajakan dan penawaran dana-dana yang berupa surat-surat berharga, yang mempunyai jangka waktu kurang dari setahun, 
  • Pengertian Pasar Modal (Bursa Efek) ialah kawasan dalam bertemunya pihak yang memperlihatkan kepada pihak yang memerlukan dana jangka panjang, yakni dalam bentuk surat bukti hutang obligasi (jangka panjang), dan surat tanda penyertaan modal (saham), serta surat-surat berharga yang lainnya.
Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal
Adapun perbedaannya ialah sebagai berikut:

  1. Jangka waktu. Dari pengertian di atas, kita sanggup mengetahui bahwa perbedaan pasar uang dan pasar modal yang pertama ialah ada pada jangka waktu. Jangka waktu dana-dana dan surat-surat berharga yang diperjualbelikan dalam pasar uang ialah jangka waktu pendek yaitu kurang dari satu tahun. Adapun jangka waktu untuk jual beli dana-dana, obligasi, saham dan surat berharga lain pada pasar modal ialah jangka waktu yang lama, yaitu lebih dari satu tahun.
  2. Tempat. Seperti yang kita tahu bahwa pasar modal mempunyai kawasan yang terperinci yang diketahui oleh masyarakat luas. Di negara kita sendiri, sekarang terdapat dua pasar modal yaitu bursa imbas Jakarta dan Bursa Efek Surabaya. Sedangkan untuk pasar uang tidak mempunyai transaksi khusus dan transaksi yang ada dilakukan dengan memakai alat komunikasi.
  3. Otoritas tertinggi. Untuk pasar uang otoritas tertingginya ialah BI, sedangkan otoritas tertinggi untuk pasar modal yang memegang otoritas tertinggi ialah Departemen keuangan.
  4. Tempat terjadinya. Terjadinya pasar modal ini ada di bursa efek, sedangkan untuk pasar uang terjadi diantara bank.
  5. Risiko. Setiap pasar uang dan pasar modal ini mempunyai risiko masing-masing. Namun untuk pasar uang mempunyai risiko rendah dan dengan return yang rendah, sedangkan untuk pasar modal berlaku untuk sebaliknya yaitu risiko tinggi dengan return yang tinggi juga.

Dari pengertian pasar uang dan pasar modal kita sanggup menyimpulkan perbedaan antara pasar uang dan pasar modal.
  • Perbedaan pasar uang dan pasar modal sanggup kita ketahui bahwa dalam pasar uang, dana-dana dan surat-surat yang berharga diperjualbelikan untuk jangka pendek waktu kurang dari satu tahun. Sedangkan pasar modal memperjualbelikan dana-dana jangka panjang, seperti saham, obligasi dan surat-surat berharga lainnya untuk jangka waktu yang lebih dari satu tahun.  
  • Pasar modal mempunyai kawasan tertentu yang jelas. Di indonesia, terdapat dua pasar modal, yakni bursa imbas jakarta dan bursa imbas surabaya. Sedangkan pasar uang yang tidak mempunyai kawasan transaksi khusus, transaksi pasar uang dilakukan melalui alat komunikasi. 

Demikianlah artikel tentang Mengenal Perbedaan Pasar Uang dan Pasar Modal. biar bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. 
Show comments
Hide comments

0 Response to "Mengenal Perbedaan Pasar Uang Dan Pasar Modal"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close