Pengertian Kelangkaan Secara Umum

Secara Umum dalam pengertian kelangkaan berdasarkan definisi para mahir atau pakar ekonomi menyampaikan bahwa pengertian kelangkaan yakni keterbatasan alat pemenuhan kebutuhan yang dihadapkan dengan kebutuhan yang tidak terbatas.
Kelangkaan yakni keaadaan di mana kita tidak memiliki cukup sumber daya untuk memuaskan semua kebutuhan kita. Dengan singkat kata kelangkaan terjadi sebab jumlah kebutuhan lebih banyak dari jumlah barang dan jasa yang tersedia. Kelangkaan bukan berarti segalanya sulit diperoleh atau ditemukan. Kelangkaan juga sanggup diartikan alat yang dipakai untuk memuaskan kebutuhan jumlahnya tidak seimbang dengan kebutuhan yang harus dipenuhi.
Dalam terjadinya kelangkaan ada banyak faktor-faktor penyebab yang mengaruhi terjadinya kelangkaan tersebut. Faktor-faktor terjadinya kelangkaan tersebut sanggup kita antisipasi dengan aksi-aksi konkret yang kita lakukan dalam kelangkaan tersebut. Kita tahu bahwa Kebutuhan insan tidak terbatas artinya kebutuhan yang satu terpenuhi muncul kebutuhan yang lain. Terbatasnya alat pemenuhan kebutuhan itulah yang menimbulkan terjadinya kelangkaan atau ketidakseimbangan antara sumber ala dan kebutuhan. 

Contoh-Contoh Kelangkaan 

  1. Tanah sebagai sumber kekayaan alam (sumber daya alam) jumlahnya terbatas. Manusia mustahil menambah luas tanah, lagi pula bila tanah itu ditanamai terus-menerus akan berkurang kesuburannya. 
  2. Laut sebagai sumber kekayaan alam (sumber daya alam) jumlahnya terbatas pula. Tidak mungkin luas maritim bertambah. Kekayaan yang terkandung di dalamnya pun jadinya sanggup habis pula. 
  3. Bahan galian atau tambang juga merupakan submer kekayaan alam (sumber daya alam) yang terbatas. Jika terus-menerus digali dan tanpa pemeliharaan, materi galian itu akan habis. 
  4. Hutan sebagai penghasil kayu dan hasil hutan lainnya sangat diharapkan manusia, terbatas juga kemampuannya. Penebangan hutan tanpa perhitungan akan berakibat rusaknya hutan itu sendiri, bahkan sanggup menjadikan bencana. 
  5. Alat-alat produksi, menyerupai pabrik, mesin, dan gedung jumlahnya terbatas sekali. 
Sekian artikel sederhana tentang Pengertian Kelangkaan, agar bermanfaat bagi kita semua.


Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Kelangkaan Secara Umum"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close