Pengertian Umum Kebutuhan Dan Macam-Macam Kebutuhan Beserta Contoh-Contohnya

Pengertian kebutuhan, mempunyai arti luas dengan macam-macam kebutuhan serta tumpuan masing-masing. Begitulah kita, manusia. Manusia berjuang mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhannya, kebutuhan sanggup berupa kuliner menyerupai beras, dan lauk pauk, sanggup pula berupa pakaian menyerupai baju, celana dan kaos kaki, dan juga berupa jasa menyerupai nonton ke bioskop, naik bus dan pemberian dokter serta pemberian aturan menyerupai pengacara. Kebutuhan berdasarkan beberapa para mahir menyampaikan bahwa Pengertian Kebutuhan yaitu segala sesuatu yang muncul secara naluriah dan sangat diharapkan oleh insan untuk mempertahankan hidupnya. Beragamnya barang dan jasa yang dibutuhkan insan menunjukan bahwa kebutuhan insan bermacam-macam juga. Pengertian Kebutuhan Secara umum yaitu hasrat yang timbul dalam diri insan yang kalau tidak terpenuhi sanggup memengaruhi kelangsungan hidupnya. Dalam ilmu ekonomi, pengertian kebutuhan yaitu segala sesuatuyang diharapkan insan untuk kelangsungan hidupunya dalam rangka mencapai kemakmuran.
Dengan kemampuan kita dalam memenuhi kebutuhan kelangsungan hidup insan terus berlanjut, dan dengan terpenuhinya semua yang  kebutuhan manusia, akan mengakibatkan kelangsungan hidup insan yang sejahtera. Dari uraian diatas sanggup disimbulkan bahwa kebutuhan mencerminkan adanya perasaan kekurangan dalam diri insan yang ingin dipuaskan. Orang membutuhkan sesuatu lantaran tanpa sesuatu itu ia merasa dirinya mempunyai kekurangan. Yang lapar ingin makan. Yang haus ingin minum dan yang sakit ingin sembuh serta yang kurang arif ingin menjadi pintar. Kebutuhan mencerminkan adanya perasaan kekurangan yang ingin dipenuhi dalam diri manusia. 
Kebutuhan timbul lantaran adanya tuntutan fisik dan psikis biar sanggup hidup layak sebagai manusia, sehingga kebutuhan insan menjadi sangat beraneka ragam dan sering tidak sanggup dipuaskan. Hal ini mengakibatkan kebutuhan insan menjadi tidak terbatas.


Faktor yang menghipnotis kebutuhan
Kebutuhan insan terus meningkat dan berubah lantaran disebabkan oleh beberapa faktor berikut:

  1. Sifat Alami Manusia.
  2. Tingkat pendapatan.
  3. Tingkat pendidikan.
  4. Kemajuan Teknologi Informas.i
  5. Agama dan Kepercayaan.
  6. Jumlah Penduduk.
  7. Iklan atau promosi produk.

Macam-macam Kebutuhan:
Menurut Intensitasnya atau kepentingannya:

  1. Kebutuhan Primer
  2. Kebutuhan Sekunder
  3. Kebutuhan Mewah/ Tersier

Menurut Waktu Pemenuhannya:

  1. Kebutuhan sekarang
  2. Kebutuhan Masa Depan
  3. Kebutuhan yang tidak tentu waktunya/ tidak terduga
  4. Kebutuhan sepanjang waktu

Menurut Sifatnya:

  1. Kebutuhan Jasmani
  2. Kebutuhan Rohani

Menurut Subjeknya:

  1. Kebutuhan Pribadi
  2. Kebutuhan Sosial
Macam-Macam Kebutuhan Manusia dan Contohnya 
Beragamnya kebutuhan insan sanggup di klasifikasikan berdasarkan tolak ukur tertentu. Oleh karnanya kebutuhan terbagi atas beberapa kelompok antara lain sebagai berikut.

Macam-Macam Kebutuhan Berdasarkan Intensitas Kegunaan
  • Kebutuhan Primer : Kebutuhan primer yaitu kebutuhan utama untuk dipenuhi yakni makanan, pakaian dan perumahan.  Contohnya : Baju , Makanan, kawasan tinggal atau rumah. 
  • Kebutuhan Sekunder : Kebutuhan sekunder yaitu kebutuhan sesudah kebutuhan primer terpenuhi. Kebutuhan sekunder merupakan kebutuhan biar kehidupan insan sanggup berjalan baik. Contohnya : peralatan rumah tangga menyerupai kawasan tidur, meja, kursi, radio, buku alat tulis dan komputer serta masih banyak lagi 
  • Kebutuhan Tersier: Kebutuhan tersier yaitu kebutuhan yang bertuju kepada kebutuhan mewah. Kebutuhan sanggup terjadi kalau kebutuhan primer dan kebutuhan sekunder terpenuhi. Contohnya : Mobil ferrari, berwisata ke luar negeri, kapal pesiar, apartemen, pesawat pribadi, pulau pribadi, helikopter pribadi. 
Macam-Macam Kebutuhan Berdasarkan Sifatnya 
  • Kebutuhan Jasmani : Kebutuhan jasmani yaitu kebutuhan yang diharapkan insan dalam memelihara raga/fisik. Contohnya : Istirahat, olahraga, makanan, minuman, dan pakaian.
  • Kebutuhan Rohani : Kebutuhan rohani yaitu kebutuhan yang diharapkan dalam pemenuhan jiwa atau batin. Contohnya : beribadah, hiburan, kesenian, rekreasi, dan membaca buku, serta berkumpul dengan orang tua. 
Macam-Macam Kebutuhan Berdasarkan Waktunya
  • Kebutuhan Sekarang : Kebutuhan kini yaitu kebutuhan yang pemenuhannya harus kini atau tidak sanggup ditunda-tunda. Contohnya : obat, operasi. 
  • Kebutuhan Yang Akan Datang/Masa Depan :Kebutuhan masa depan yaitu kebutuhan yang pemenuhannya sanggup di tunda, tetapi harus dipersiapkan dari sekarang. Contohnya : tabungan, Perlengkapan bayi bagi perempuan hamil, Orang bau tanah mempersiapkan pemenuhan anaknya yang akan masuk kedunia pendidikan, Asuransi. 
  • Kebutuhan Tidak Terduga : Kebutuhan tidak terduga yaitu pemenuhan kebutuhan yang tiba secara tiba-tiba. Contohnya : konsultasi kesehatan. 
Macam-Macam Kebutuhan Berdasarkan Subyek yang ditubuhkan
  • Kebutuhan Individual : Kebutuhan individual yaitu kebutuhan yang diperuntukkan bagi perorangan(individu). Contohnya : kebutuhan cleaning service  dengan kebutuhan tentara, kebutuhan presiden dengan kebutuhan pelayan. 
  • Kebutuhan Kolektif/Kelompok : Kebutuhan kelompok yaitu kebutuhan yang diperuntukkan untuk kepentingan masyarakat secara bersama-sama. Contohnya : Pasar, jalan, rumah sakit, jembatan, angkutan umum, dan sekolah. 
Demikianlah artikel ihwal pembahasan tentang Pengertian dan Macam-Macam Kebutuhan serta Contohnya, semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. sekian dan terimakasih.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Umum Kebutuhan Dan Macam-Macam Kebutuhan Beserta Contoh-Contohnya"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close