Prinsip Dan Asas Penyusunan Apbn

Kata anggaran secara etimologi berasal dari kata anggar atau kira-kira atau perhitungan,sehingga Anggaran Pendapatan Belanja Negara diartikan sebagai perkiraan/perhitungan jumlah pendapatan dan pengeluaran/belanja yang akan dikeluarkan olh negara.Anggaran dalam bahasa inggris disebut budget yang berasal dari bahasa prancis bouge/bougette yang berarti tas.Pengertian anggaran(budget) secara umum yaitu suatu daftar/pernyataan yang terang mengenai penerimaan dan pengeluaran Negara yang diharapkan dalam jangka waktu tertentu(satu tahun).

Fungsi Anggaran Pendapatan Belanja Negara

  • Fungsi Alokasi - APBN memuat pengalokasian dana dari seluruh pendapatan Negara kepada pos-pos pembelanjaan baik untuk pembiayaan pembangunan maupun yang lainnya,sehingga penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara menjadi lancar dan terkendali.Contohnya biaya pendidikan,memajukan pertanian,dan kesehatan.
  • Fungsi Distribusi - Penerimaan Negara dalam APBN selain dipakai untuk kepentingan umum yaitu untuk pembangunan dan kegiatan penyelenggaraan pemerintahan,juga disalurkan kembali kepada masyarakat dalam bentuk subsidi,bea siswa,dan dana pensiun yang merupakan bentuk dari transfer payment.Transfer payment ialah pengalihan pembiayaan dari bsatu sector kesektor lainnya.
  • Fungsi Stabilitas - APBN merupakan salah satu instrumen bagi pengendalian stabilitas perekonomian Negara dibidang fiscal.Contoh dalam kondisi inflasi pemerintah mengambil kebijakan anggaran surplus.Kebijakan anggaran surplus berarti pos penerimaan lebih besar daripada pos pengeluaran.

3.Cara Penyusunan,Pelaksanaan,Pengawasan,dan Pertanggungjawaban APBN
a.Asas penyusunan dibagi 3,yatu:

  • Kemandirian artinya pembelanjaan oleh Negara bertumpu pada kemamapuan Negara,apabila penerimaan dalam negeri meningkat maka pertolongan luar negeri hanya sebagai pelengkap.
  • Penghematan atau peningkatan efisiensi dan produktivitas.
  • Penajaman prioritas pembangunan artinya pembelanjaan dalam APBN harus mengutamakan pembangunana disektor-sektor yang lebih bermanfaat.

APBN mempunyai prinsip-prinsip dalam penyusunannnya yang sesuai dengan asas-asas penyusunan APBN. Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang kita tahu dalam penyusunannya sangat ribet dan sulit, dalam pembuatan APBN ini diharapkan namanya prinsip dalam pembuatan yang tak lepas dari asas-asas penyusunan APBN biar proses pembuatan APBN ini berjalan dengan baik berdasarkan kedua hal tersebut. Sebelumnya telah dibahas seputar APBN menyerupai pengertian, tujuan, dan fungsi APBN dan Cara penyusunan APBN, dan kali ini kita akan membahas ihwal Prinsip dan Asas penyusunan APBN menyerupai yang ada dibawah ini.


Prinsip dan Asas Pennyusunan APBN

1. Prinsip-Prinsip Penyusunan APBN
Penyusunan APBN didasarkan pada prinsip umum yang mencakup aneka macam aspek-aspek, antara lain sebagai berikut..
a. Prinsip penyusunan berdasarkan aspek pendapatan 
  • Mengindetifikasikan penerimaan sektor anggaran dalam jumlah dan ketepatan penyetoran.
  • Mengintensifkan penagihan dan pemungutan piutang negara, misalkan sewa penggunaan barang-barang milik negara, sewa pelabuhan dan bandara.
  • Mengintensifkan tuntutan ganti rugi yang diderita oleh negara dan denda yang dijanjikan. 

b. Prinsip penyusunan APBN berdasarkan aspek pengeluaran
  • Efektif dan efisien serta sesuai dengan kebutuhan teknis yang ada.
  • Terarah dan terkendali sesuai dengan anggaran dan kegiatan kegiatan.
  • Menggunakan semaksimal mungkin produk-produk dalam negeri dengan memperhatikan kemampuan yang dimiliki
2. Asas Penyusunan APBN
Dalam menyusunan APBN didasarkan pada tiga asas yang harus dilakukan diketahui pemerintah yang dijadikan sebagai dasar penyusunan APBN, sebagai berikut.
a. Kemandirian, artinya pembiayaan oleh negara didasarkan atas kemampuan negara, pertolongan luar negeri hanyalah sebagai pelengkap.
b. Penghematan atau peningkatan efisiensi dan produktivitas
c. Penajaman prioritas pembangunan, maksud dari penajaman perioritas pembagunan ialah APBN harus mendahulukan pembiayaan yang lebih bermanfaat

Sekian artikel ihwal pembahasan Prinsip dan Asas Pennyusunan APBN. sekian 
Show comments
Hide comments

0 Response to "Prinsip Dan Asas Penyusunan Apbn"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close