Jenis-Jenis Transmigrasi Dan Syarat Transmigrasi

Transmigrasi ialah sistem pengembangan terpadu yang merangkum seperangkat prinsip dan metode untuk pelaksanaan pemukiman dan kehidupan gres bagi kelompok masyarakat. Transmigrasi sebagai salah satu sistem, menunjuk ke banyak sekali kegiatan, perjuangan dan disiplin ilmu yang digabungkan menjadi satu udaha keseluruhan yang terkait dengan pembatalan masyarakat dalam konteks pembangunan nasional
Transmigrasi mempunyai jenis-jenis atau macam macam yang dibedakan dalam tujuan dan fungsinya masing-masing serta dalam melaksanakan transmigrasi harus memenuhi ketentuan-ketentuan atau syarat-syarat transmigrasi dalam berlangsungnya transmigrasi tersebut sehingga perpindahan penduduk transmigrasi sanggup dikatakan sebagai transmigrasi bila telah memenuhi syarat-syarat transmigrasi tersebut. Dalam Jenis-jenis transmigrasi terdapat yakni transmigrasi lokal, transmigrasi swakarya, transmigrasi sektoral, transmigrasi, umum, transmigrasi keluarga, transmigrasi swakarsa/spontan, transmigrasi bedol desa. Untuk mengetahui klarifikasi perihal jenis-jenis transmigrasi dan syarat-syarat transmigrasi mari kita lihat pembahasan dan klarifikasi menyerupai dibawah ini.

A. Jenis-Jenis Transmigrasi
Jenis transmigrasi, antara lain sebagai berikut.

  1. Transmirrasi lokal ialah transmigrasi dari suatu propinsi ke propinsi lain dan biaya ditanggung oleh Departemen Transmigrasi.
  2. Transmigrasi swakarya ialah transmigrasi yang diselenggarakan oleh Departemen Transmigrasi denganjaminan hidup beberapa bulan, selanjutnya diberikan tanah kepada para transmigran untuk
  3. dikerjakan.
  4. Transmigrasi sektoral ialah transmigrasi yang pembiayaannya ditangani bersama-sama.
  5. Transmigrasi umum ialah transmigrasi yang disebabkan tekanan penduduk di tempat asal. Biaya ditanggung oleh pemerintah.
  6. Transmigrasi keluarga ialah transmigrasi yang pembiayaannya ditanggung oleh keluarganya yang telah berada di tempat transmigrasi.
  7. Transmigrasi swakarsa/spontan ialah transmigrasi yang diselenggarakan atas biaya sendiri dengan bimbingan dan kemudahan dari pemerintah. Transmigrasi jenis inilah yang dibutuhkan pemerintah.
  8. Transmigrasi bedol desa ialah transmigrasi seluruh penduduk dari sebuah atau beberapa desa beserta seluruh aparatur pemerintahannya lantaran tempat tersebut terkena rencana proyek pemerintah.
B. Syarat-syarat Transmigrasi
Suatu penyelenggaraan transmigrasi sanggup dikatakan berhasil bila memenuhi syarat sebagai berikut.

  1. Jumlah penduduk yang ditransmigrasikan ke tempat lain, tiap tahun lebih banyak daripada pertambahan penduduk tempat yang ditinggalkan.
  2. Jika di tempat yang ditinggalkan itu tekanan penduduk sudah berangsur-angsur berkurang dan orang-orang yang ditransmigrasikan itu memperoleh tingkat hidup yang lebih baik.
  3. Jika antara pendatang gres (transmigran) dan penduduk yang didatangi sanggup hidup berdampingan, sanggup terjadi perpaduan kebudayaan, sehingga terhindar dan perasaan kesukuan di antara mereka.

Demikian Artikel singkat tentang Jenis-Jenis Transmigrasi dan Syarat Transmigrasi. semoga bermanfaat bagi kita semua. sekian terima kasih.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Jenis-Jenis Transmigrasi Dan Syarat Transmigrasi"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close