Manfaat Air Bagi Kehidupan Insan

Air merupakan sumber kehidupan manusia, binatang, dan tanaman. Dalam kehidupan manusia, air dipergunakan dalam semua bidang kehidupan. Dalam acara rumah tangga, air dimanfaatkan untuk minum, mencuci, mandi dan kakus. Seseorang di negara maju menghasbiskan 250 liter air setiap hari, sementara di negara berkembang atau miskin, kebutuhan air per hari hanya 150 liter saja. Pada bidang industri, air merupakan materi baku untuk proses pendinginan dan pemeliharaan pabrik. Sedangkan, penderasan sanggup menggerakkan generator untuk pembangkit listrik. Dalam bidang pertanian, air diharapkan untuk irigasi. Tanpa air, tidak akan ada pertanian. Air untuk pertanian dipakai untuk irigasi. 
Air dipergunakan pula sebagai sarana transportasi, terutama bagi daerah-daerah di pedalaman yang mempunyai sungai. Sarana transportasi melalui air termasuk paling mura. Air memperlihatkan kemudahan untuk aneka macam acara rekreasi, ibarat renang, memancing, pelayaran, dan pariwisata.
Air sangat berfungsi dan berperan bagi kehidupan makhluk hidup di bumi ini. Penting bagi kita sebagai insan untuk tetap selalu melestarikan dan menjaga biar air yang kita gunakan tetap terjaga kelestariannya dengan melaksanakan pengelolaan air yang baik ibarat penghematan, tidak membuang sampah dan limbah yang sanggup menciptakan pencemaran air sehingga sanggup menggangu ekosistem yang ada. Air merupakan zat yang paling penting dalam kehidupan sehabis udara. Sekitar tiga per empat penggalan dari badan kita terdiri dari air dan tidak seorangpun sanggup bertahan hidup lebih dari 4-5 hari tanpa minum air. Selain itu, air juga dipergunakan untuk memasak, mencuci, mandi, dan membersihkan kotoran yang ada di sekitar rumah. Air juga dipakai untuk keperluan industri, pertanian, pemadam kebakaran, tempat rekreasi, transportasi, dan lain-lain. Penyakit-penyakit yang menyerang insan sanggup juga ditularkan dan di­sebarkan melalui air. Kondisi tersebut tentunya sanggup menjadikan wabah penyakit dimana-mana.

Manfaat Air bagi Kehidupan Manusia 
Berikut ini air merupakan kebutuhan pokok bagi insan dengan segala macam kegiatannya, antara lain dipakai untuk:

  • Sebagai Pembangkit Listrik dalam air terjun 
  • Air dipergunakan dalam acara rumah tangga. misalnya untuk minum, masak, mandi, basuh dan pekerjaan lainnya,
  • Air dipakai Untuk mandi, mencuci, mandi dan kakus 
  • Air merupakan materi baku dalam pendinginan dan pemeliharaan pabrik. 
  • Air dalam pertanian dipakai untuk irigasi 
  • Air dipakai dipergunakan sebagai sarana transportasi 
  • keperluan umum, contohnya untuk kebersihan jalan dan pasar, pengangkutan air limbah, hiasan kota, tempat rekreasi dan lain-lainnya.
  • keperluan industri, contohnya untuk pabrik dan bangunan pembangkit tenaga listrik.
  • keperluan perdagangan, contohnya untuk hotel, restoran, dll.
  • keperluan peternakan
  • keperluan pelayaran dan lain sebagainya


Manfaat Air bagi Hewan 
Air yaitu komponen penting dan terbesar dalam badan hewan. Air sangat dibutuhkan dalam aneka macam fungsi biologis dan metabolisme badan ibarat pengaturan suhu tubuh, membantu proses pencernaan, pengaturan tekanan osmose darah, transport nutrient, hormone dan zat lain yang di perlukan tubuh, pertumbuhan fetus, produksi susu dsb. Kebutuhan akan air pada binatang ternak bahkan lebih penting dibandingkan dengan kebutuhan makan

Manfaat Air bagi Tanaman :
  1. Penyusun utama protoplasma. Molekul - molekul makro dalam protoplasma ibarat protein, karbohidrat, pektin dan lain - lain membentuk struktur yang unik berasosiasi dengan molekul air dalam bentuk koloid.
  2. Menjadi pelarut bagi zat hara yang diharapkan tumbuhan.
  3. Menjadi alat transpor untuk memindahkan zat hara. Bahan yang diangkut sanggup berupa materi mineral dari dalam tanah, materi - materi organik hasil fotosintesa, dan olahan sel lainya.
  4. Menjadi medium berlangsungnya reaksi-reaksi biokimia. Kita tahu terkadang proses reaksi terjadi dalam bentuk larutan dan air yaitu pelarut yang sangat baik.
  5. Menjadi materi dasar untuk reaksi -reaksi biokimia. Seperti pada fotosintesis, tanpa adanya air yang berperan sebagai donor elektron, fotosintesis tidak sanggup berlangsung.
  6. Sebagai sistem hidrolik. Air sanggup memperlihatkan tekanan hidrolik pada sel sehingga menjadikan turgor pada dinding sel tumbuhan. memperlihatkan kekuatan mekanik pada jaringan-jaringan yang tidak mempunyai sokongan struktur (zat kayu) pada dinding selnya, contohnya pada parenkim. Sistem hidrolik juga sanggup di jumpai pada membuka dan menutupnya stomata.
  7. Stabilisasi dan pemindahan panas. Tingginya panas jenis yang dimiliki air, telah memungkinkan air berperan sebagai penyangga (buffer) dalam pengaturan panas badan tumbuhan. Penyerapan sejumlah besar panas (radiasi) oleh tumbuhan, hanya akan mengubah suhu badan sedikit saja. Sebab sebagian besar panas (radiasi) tersebut dikembalikan lagi ke lingkungannya dengan cara penguapan air dari permukaan tubuhnya.
  8. Sebagai alat gerak contohnya pada pulvinus tangkai daun pada gerak nasti. Air di dalam sel berada dalam bentuk bebas dan terikat. Keterikatan air itu sanggup dengan ion atau molekul polar, terkait dengan ikatan H pada molekul lain, terikat pada koloid atau terikat secara kapiler. Air bebas terdapat pada vacuola sebagai cairan encer. Apabila flora kekurangan air, air bebaslah yang hilang lebih dulu.
Sekian artikel tentang Manfaat Air bagi bagi Penduduk Bumi semoga bermanfaat 
Show comments
Hide comments

0 Response to "Manfaat Air Bagi Kehidupan Insan"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close