Keuntungan Dan Kekurangan Letak Geografis Indonesia Imbas Bagi Negara

Membahas mengenai pengaruh/dampak laba letak geografis dan kekurangan letak geografis Indonesia, Letak Geografis yaitu letak suatu negara yang dilihat dari kenyataan di permukaan bumi. Letak geografis Indonesia menawarkan banyak dampak yang berakibat bagi negara Indonesia. Dampak letak geografis ada yang menguntungkan dan ada yang merugikan bagi Indonesia antara lain sebagai berikut.

Secara geologis, Indonesia sanggup dikategorikan sebagai sebuah Negara yang teretak diantara lempengan bumi dan juga dangkalan laut. Indonesia, secara geologis terletak diantara tiga lempengan bumi, yaitu lempeng pasifik, lempeng Eurasia, dan juga lempeng Australia.Selain itu dari segi peairan, Indonesia terletak diantara dua buah dangkalan, yaitu dangkalan Sahul dan juga dangkalan Sunda. Yang dimaksud dengan dangkalan yaitu sebuah wilayah bahari yang dangkal, yang mana menghubungkan wilayah dantara dua daratan besar.

Dangkalan sunda berada pada wilayah barat Indonesia, yang meliputi pulau Jawa, Pulau Sumatra, Semenanjung Malaysia, Madura dan juga Bali. Sedangkan dangkalan sahul merupakan dangkalan yang berada pada sisi timur Indonesia, yang bekerjasama pribadi dengan daratan benua Australia. Selain itu, menurut letak geologisnya, Indonesia juga merupakan Negara yang dilewati oleh dua buah pegunungan terbesar di dunia, yaitu Pegunungan Mediterania dan juga Pegunungan Sirkum Pasifik.
Berikut yaitu klarifikasi mengenai manfaat letak geologis Indonesia :
  1. Dataran tinggi dan pegunungan. Manfaat dari letak geologis Indonesia yang pertama yaitu banyaknya dataran tinggi dan juga pegunungan di wilayah Indonesia. Ya, lokasi geologis Indonesia yang berada di antara dua rangkaian pegunungna terbesar di dunia ini, yaitu pegunungan Mediterania dan juga pegunungan Sirkum Pasifik, menciptakan Indonesia memilki berbagai wilayah pegunungan dan juga dataran tinggi. Hal ini juga kuat kepada letak geografis dari Indonesia itu sendiri. (baca : perbedaan dataran rendah dan dataran tinggi) Banyaknya pegunungan dan juga dataran tinggi mengakibatkan banyak lokasi dan juga wilayah di Indonesia yang mempunyai pembagian demam isu cuaca dan juga suhu udara yang cenderung sejuk, meskipun berada pada iklim tropis, dan merupakan salah satu lokasi ekowisata dan juga pariwisata yang menjanjikan, terutama bagi turis yang bahagia akan pemandangan dan juga wisata outdoor.
  2. Tanah yang subur akhir banyaknya gunung berapi. Efek berikutnya dari lokasi geologis Indonesia yaitu gunung berapi. Ya, meskipun gunung berapi seringkali dikaitkan dengan tragedi alam, namun demikian ternyata gunung berapi sanggup membawa berkah tersendiri. Dengan adanya gunung berapi, maka tanah-tanah yang berada di sekitar gunung berapi tersebut merupakan salah satu jenis tanah dengan unsur hara yang tinggi, alias tanah yang sangat subur. Hal ini tentu saja akan sangat bermanfaat bagi kebanyakan budaya masyarakat Indonesia yang masih mengandalkan bercocok tanam untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari. Selain itu, kesuburan tanah juga tentu saja sangat membantu meningkatkan pergerakan roda ekonomi nasional, maupun internasional, sebab banyak hasil pertanian yang diekspor maupun dimanfaatkan sebagai materi konsumsi di dalam negeri. (baca : cara menyuburkan tanah tandus dan kering)
  3. Keanekaragaman tanaman dan juga fauna. Kedua lempeng yang mengapit Indonesia ini juga memilki manfaat bagi kehidupan tanaman dan juga faunanya. Lempeng Eurasia, merupakan lempeng yang berada pada kepingan barat Indonesia, yang merupakan lempengan Negara-Negara Asia. Hal ini menciptakan lokasi dan wilayah Indonesia yang berada pada lempeng Eurasia memilki kesamaan dengan wilayah Asia dalam hal tanaman dan juga Faunanya. Sebaliknya, kepingan timur Indonesia mempunyai kesamaan tanaman dan juga fauna menyerupai pada benua Australia, sebab berada pada lempeng Australia. Sedangkan pada wilayah Indonesia kepingan tengah, mempunyai beberapa binatang endemic, alias khas yang tidak ada pada wilayah Asia maupun Australia. Dengan banyaknya tanaman dan fauna ini, tentu saja Indonesia diuntungkan oleh letak geologisnya, yang memilki bermacam-macam tanaman dan fauna yang dilindungi yang mungkin tidak dimiliki oleh Negara lain di dunia.
  4. Keberagaman hasil sumber daya mineral. Tidak hanya tanaman dan juga fauna, kondisi dan juga letak geologis dari Indonesia itu sendiri juga sangat bermanfaat bagi para penambang dan juga pelaku industry mineral. Bagaimana tidak, kondisi lempeng dan juga geologis Indonesia sangat mendukung banyaknya sumber daya mineral menyerupai batu-batuan, dan juga jenis jenis sumber daya alam menyerupai minyak dan juga gas bumi. Dengan demikian, Indonesia sangat diuntungkan dengan adanya sumber daya alam yang sangat melimpah.
  5. Keanekaragaman bahari yang melimpah. Selain flora, fauna dan juga keberagaman sumber daya alam, Indonesia pun junga dilengkapi dengan sumberdaya bahari yang sangat melimpah. Hal ini juga dipengauhi oleh lokasi geologis Indonesia yang mana lautnya terdiri dari beberapa dangkalan, dan memiliiki banyak keanekaragaman laut, mulai dari hasil dan sumberdaya laut, menyerupai ikan dan makanan laut, sampai wisata di bawah laut, menyerupai diving dan juga snorkeling.
Letak geologis dari sebuah lokasi tentu saja akan menawarkan laba dan juga manfaat tersendiri bagi lokasi tersebut. Lokasi geologis lebih mempengaruhi sumber daya yang sanggup dihasilkan oleh sebuah lokasi, terutama sumber daya alam dan juga sumber daya mineralnya. 

Keuntungan dan Kerugian Letak Geografis Indonesia 

Seperti yang kita ketahui bahwa, letak geografis Indonesia diapit dari dua benua dan dua samudra yakni benua asia dan benua australia, samudra hindia dan samudra pasifik. Letak geografis Indonesia banyak pendapat yang menyampaikan letak geografis Indonesia mempunyai laba dan kerugian antara lain sebagai berikut.. 

Keuntungan Letak Geografis Indonesia 

Keuntungan Letak Geografis Indonesia dalam Bidang Sosial Budaya
  • Memiliki keanekaragaman budaya baik dengan budaya lokal dan budaya asing
  • Dapat dengan gampang membuatkan budaya Indonesia 
  • Pakaian indonesia semakin modern 
  • Adanya akulturasi budaya lokal dan budaya asing
Keuntungan Letak Geografis Indonesia dalam Bidang Ekonomi 
  • Sebagai jalur perdagangan Internasional 
  • Penambah devisa negara
  • Sebagai destinasi pariwisata utama 
  • Perkembangan pariwisata yang pesat
  • Sebagai sentra perekonomian diantara dua benua dan dua samudra
Keuntungan Letak Geografis Indonesia dalam Bidang Komunikasi 
  • Dituntut untuk sanggup berbahasa Inggris sebab merupakan jalur Internasional 
  • Indonesia sanggup menguasai bahasa abnormal secara tidak langsung
  • Kaya akan bermacam-macam bahasa
Keuntungan Letak Geografis Indonesia dalam Bidang Transportasi
  • Percepatan infrastruktur pada daerah-daerah 
  • Peningkatan fasilitas angkutan massal
  • Peningkatan bandara yang bertaraf Internasional
  • Peningkatan transportasi bahari yang secara maksimal 
  • Peningkatan transportasi untuk tujuan wisata (bus pariwisata)

Kerugian Letak Geografis Indonesia

Kerugian Letak Geografis Indonesia dalam Bidang Sosial Budaya
  • Banyak budaya yang masuk menciptakan budaya lokal sanggup terpinggirkan 
  • Banyaknyak perilaku-perilak yang tidak sesuai dengan etika istiadat Indonesia atau norma-norma Indonesia sebab mengikuti dari negara luar 
  • Banyaknya sikap dari turis abnormal yang membawa imbas jelek bagi bangsa Indonesia
  • Lahan subur dengan meningkatnya kejahatan Internasional sebab Indonesia merupakan jalur perdagangan Internasional dan jalur penghubung dua benua dan dua samudra. Kejahatan internasional berupa narkotika, obat-obatan terlarang dan teroris.
Kerugian Letak Geografis Indonesia dalam Bidang Ekonomi 
  • Persaingan global 
  • Eksplorasi besar-besaran
  • Adanya pasar gelap (pasar ilegal)
Kerugian Letak Geografis Indonesia dalam Bidang Transportasi
  • Semakin padatnya kemudian lintas sebab jumlah imigran 
  • Semakin bersifat konsumtif terhadap kendaraan luar negeri 
  • Tersingkirnya alat transportasi tradisional
Kerugian Letak Geografis Indonesia dalam Bidang Komunikasi
  • Sulitnya memakai bahasa Asing
  • Menguasai bahasa Asing sanggup menimbulkan budaya lokal tersingkir atau tidak lagi menjadi prioritas

Demikianlah artikel singkat perihal Keuntungan dan Kekurangan Letak Geografis Negara Indonesia. Semoga sanggup bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Keuntungan Dan Kekurangan Letak Geografis Indonesia Imbas Bagi Negara"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close