Pengertian Ekonomi Secara Umum

Dalam kehidupan sehari-hari, ekonomi sangat dibutuhkan dalam memenuhi kebutuhan, oleh jadinya ekonomi merupakan salah satu ilmu yang sangat penting dalam kehidupan manusia. Selain itu, ekonomi sebagai alat untuk mengukur tingkat kemajuan dalam suatu negara, apakah keadaan ekonomi yang baik atau semakin memburuk.
Secara umum, sanggup dikatakan bahwa Pengertian Ekonomi ialah sebuah bidang kajian ilmu yang berafiliasi perihal pengurusan sumber daya material individu, masyarakat, dan negara untuk meningkatkan kesejahteraan kehidupan manusia. Karena itulah, ekonomi merupakan salah satu ilmu yang berkaitan perihal tindakan dan sikap insan dalam memenuhi kebutuhan hidupnya yang berkembang dengan sumber daya yang ada melalui acara konsumsi, produksi dan distribusi.
Dalam ekonomi dikenal juga dengan ilmu ekonomi, Menurut Ensiklopedia Indonesia, ilmu ekonomi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha insan untuk mencapai kemakmuran serta gejala-gejala dan hubungan yang timbul dari perjuangan tersebut. jadi secara singkat sanggup dikatakan bahwa pengertian ilmu ekonomi ialah ilmu pengetahuan yang mempelajari usaha-usaha insan untuk mencapai kemakmuran. Dalam kehidupan sehari-hari insan senantiasa sibuk atau ulet bekerja. Petani sibuk mengerjakan sawa atau ladangnya. Pedagang sibuk mengurusi barang dagangannya. Pegawai kantor sibuk bekerja mengerjakan pekerjaan kantornya. Dokter sibuk melayani dan merawat pasiennya. 

Berikut ini ialah pengertian dan definisi ekonomi berdasarkan beberapa ahli:

  • ADAM SMITH. Ekonomi ialah penyelidikan perihal keadaan dan lantaran adanya kekayaan negara
  • MILL J. S. Ekonomi ialah sains praktikal perihal pengeluaran dan penagihan
  • ABRAHAM MASLOW. Ekonomi ialah salah satu bidang pengkajian yang mencoba menuntaskan duduk perkara keperluan asas kehidupan insan melalui penggemblengan segala sumber ekonomi yang ada dengan berasaskan prinsip serta teori tertentu dalam suatu sistem ekonomi yang dianggap efektif dan efisien
  • HERMAWAN KARTAJAYA. Ekonomi ialah platform dimana sektor industri menempel diatasnya
  • PAUL A. SAMUELSON. Ekonomi merupakan cara-cara yang dilakukan oleh insan dan kelompoknya untuk memanfaatkan sumber-sumber yang terbatas untuk memperoleh aneka macam komoditi dan mendistribusikannya untuk dikonsumsi oleh masyarakat

Bila membicarakan perihal ekonomi, secara otomatis kita juga akan membicarakan mengenai ilmu ekonomi dimana ilmu ekonomi merupakan sebuah ilmu kajian yang membahsa dan memperlajari perihal ekonomi itu sendiri. Secara umum, ilmu ekonomi dibagi menjadi 2. yaitu ilmu ekonomi makro dan ilmu ekonomi mikro.


Ilmu ekonomi makro mempelajari sikap ekonom sebagai keseluruhan perihal kehidupan ekonomi dan ilmu ekonomi mikro lebih memfokuskan pada keputusan-keputusan individu baik sektor rumah tangga maupun perusahaan dalam mengalokasina sumber daya untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Pada dasarnya, duduk perkara ekonomi yang selalu dihadapi oleh insan sebagai makhluk sosial dan makhluk ekonomi ialah jumlah kebutuhan insan tidak terbatas sedangkan jumlah alat pemuas kebutuhan insan terbatas. Terdapat beberapa faktor yang menghipnotis jumlah kebutuhan seseorang berbeda dengan jumlah kebutuhan orang lain, yaitu antara lain :

  • Faktor fisik
  • Faktor moral
  • Faktor pendidikan
  • Faktor ekonomi
  • Faktor sosial budaya

Sekian artikel perihal Pengertian dan Definisi : Pengertian Ekonomi agar bermanfaat 
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Ekonomi Secara Umum"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close