Pengertian Umum Skala Peta Adalah

Skala peta, sanggup diartikan sebagai perbandingan (rasio) antara jarak dua titik pada peta dan jarak sesungguhnya kedua titik tersebut di permukaan bumi atau di lapangan, dan pada satuan yang sama. Skala peta yaitu isu yang mutlak harus dicantumkan biar pemakai sanggup mengukur jarak sesungguhnya pada peta. Misalnya peta skala 1:250.000 artinya jarak 1 cm di peta sama dengan jarak 250.000 cm di lapangan (jarak horizontal). Skala pada peta sanggup ditulis dengan dua cara yaitu dengan cara menulis skala angka atau skala garis, wacana macam-macam skala peta ini akan dibahas terpisah pada postingan yang lain.
Skala yaitu angka yang mengatakan perbandingan jarak di peta dengan jarak sebenarnya. 
Sedangkan Peta yaitu citra permukaan bumi pada bidang datar dengan skala tertentu melalui suatu sistem proyeksi. Peta sanggup disajikan dalam banyak sekali cara yang berbeda, mulai dari peta konvensional yang tercetak sampai peta digital yang tampil di layar komputer. Istilah peta berasal dari bahasa Yunani mappa yang berarti taplak atau kain epilog meja. Namun secara umum pengertian peta yaitu lembaran seluruh atau sebagian permukaan bumi pada bidang datar yang diperkecil dengan memakai skala tertentu. Sebuah peta yaitu representasi dua dimensi dari suatu ruang tiga dimensi. Ilmu yang mempelajari pembuatan peta disebut kartografi. Banyak peta memiliki skala, yang memilih seberapa besar objek pada peta dalam keadaan yang sebenarnya. Kumpulan dari beberapa peta disebut atlas.
Secara Umum Pengertian Skala Peta yaitu angka dengan perbandingan jarak peta dengan jarak yang sebenarnya. Skala Peta tidak hanya mengatakan perbandingan jarak di peta dengan jarak yang ada di lapangan. Seperti untuk mengukur jarak di lapangan atau menghitung luas suatu areal, tetapi dengan mengatakan ketelitian geometris dan detail dari unsur dan isu yang disajikan. Semakin besar suatu skala peta, maka semakin teliti dan detair unsur isu yang disajikan, begitu pun sebaliknya.  

Rumus Skala Peta
Rumus skala peta dipakai untuk memilih atau menghitung besar skala dari suatu peta. Rumus ini sangatlah sederhana, hanya memuat perhitungan biasa. Kami yakin semuanya sanggup memakai rumus skala peta ini dengan baik. Seperti apa rumusnya? Berikut ini yaitu rumus mencari besar skala dari suatu peta:

Rumus Mencari Skala

Skala = Jarak pada peta : Jarak sesungguhnya.
Mari kita coba rumus skala peta di atas melalui teladan soal berikut ini:
Diketahui jarak kota A dan kota B dalam peta yaitu 20 cm. Sedangkan jarak sesungguhnya saat diukur di lapangan yaitu 200.000 cm. Berapakah besar skalanya?
Jawab: Skala Peta = Jarak pada peta / jarak sesungguhnya = 20 cm : 200.000 cm = 1 : 2000.
Jadi, besar skala peta tersebut yaitu 1 : 2000.

Jenis-Jenis Skala Peta 
  • Skala Angka: Skala angka yaitu skala yang mengatakan perbandingan antara jaka di peta dan jarak yang bekerjsama dengan angk. teladan 1:500.000 dibaca setiap 1 cm pada peta mewakili 500.000 cm di lapangan
  • Skala Garis: Skala garis/grafis yaitu skala yang ditunjukkan dengan garis lurus yang dibagi dalam beberapa ruas, dan setiap ruas mengatakan dalam satuan panjang yang sama.
    contoh 0_2_4_6_8_10 km
               0_1_2_3_4_5 cm
    dibaca setiap 1 cm pada peta mewakili 2km di lapangan
    Penyebut kilometer yang terakhir (10km) dibagi penyebut centimeter yang terakhir (5cm)
    Jadi, 10 : 5
    •  = 2 km
  • Skala Verbal: Skala lisan yaitu skala yang dinyatakan dengan kalimat atau secara verbal. Skala yang sering ada di peta-peta tidak memakai satuan pengukuran matrik, contohnya peta-peta di Inggris. teladan 1 inchi = 5 mil
    skala lisan biasanya dipakai oleh orang-orang Amerika dan Eropa
Jenis Peta Berdasarkan Skala 
  • Peta Kadaster, peta yang berskala besar dengan skala 1:100-1:5000 Contoh: Peta Badan Pertanahan Nasional, Peta Sertifikat Tanah, Peta Perencanaan Pembangunan/Proyek, Peta Wilayah RT dan RW.
  • Peta Skala Besar, peta yang berskala 1:5000 - 1:250.000 Contoh: Peta Desa, Peta Kelurahan, Peta Kecamatan dan Peta Kotamadya.
  • Peta Skala Menengah, peta yang berskala 1:250.000 - 1:500.000 Contoh: Peta Kabupaten dan Peta Propinsi.
  • Peta Skala Kecil, peta yang berskala 1:500.000 - 1:1.000.000  Contoh: Peta Pulau Kalimantan dan Peta Negara
  • Peta Geografi, peta yang berskala >1:1.000.000  = skala sangat kecil. Contoh: Peta Regional Asia Timur, dan Peta Dunia.
Demikianlah artikel sederhana mengenai Pengertian umum Skala Peta Semoga bermanfaat bagi kita semua  Sekian dan terima kasih. 
Referensi
Lestari, Eny Wiji.(2011).Geografi 3 Untuk SMA/MA Kelas XII.CV Wilian
Gunawan, Totok. 2007. Fakta dan Konsep Geografi. Jakarta: Inter Plus.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Umum Skala Peta Adalah"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close