Teknik Pembuatan Alat-Alat Perunggu

Teknik Pembuatan Alat-Alat Perunggu, terbagi dua macam atau jenis teknik menyerupai teknik cetakan lilin (A Cire Perdue) dan Teknik Cetakan Setangkup (Brivalve), dari dua teknik atau cara tersebut dalam proses pembuatan alat-alat perunggu berbeda satu sama lain. Teknik pembuatan alat-alat perunggu terdapat pada zaman perunggu dimana zaman tersebut terdapat banyak sekali macam peninggalan berupa alat-alat dari perunggu, artinya pada zaman perunggu telah mengenal tembaga yang bertujuan untuk menghasilkan perunggu, perunggu merupakan gabungan antara tembaga dan timah. Untuk mengetahui teknik dalam pembuatan alat-alat perunggu, sanggup dilihat dibawah ini. 

Teknik-Teknik Pembuatan Alat-Alat Perunggu

1. Teknik Cetakan Setangkup (Bivalve)
Teknik setangkup (bivalve) memakai dua cetakan yang sanggup ditangkupkan (dirapatkan). Cetakan tersebut diberi lubang pada bab atasnya. Dari lubang itu dituangkan logam cair. Bila perunggu sudah hirau taacuh maka cetakan dibuka. Bila menciptakan benda berongga maka digunakan tanah liat sebagai pada dasarnya yang akan membentuk rongga sesudah tanah liat itu dibuang. Cetakan ini sanggup digunakan berkali-kali. Teknik cetakan setangkup biasanya untuk benda-benda yang pejal atau tidak berongga.

2. Teknik Cetakan Lilin (A Cire Perdue) 
Teknik a Cire Perdue yakni teknik mengolah logam dengan menciptakan model benda dari lilin. Lilin ini lalu dibungkus dengan tanah liat yang di atasnya diberi lubang. Tanah liat yang diberi lilin ini lalu dibakar sehingga lilin akan mencair dan keluar dari lobang yang telah dibuat. Bentuk rongga itu sama dengan bentuk lilin yang dibuat. Jadilah tanah yang berongga itu menjadi cetakan yang ke dalam di masukkan logam yang sudah mencair. Setelah hirau taacuh dan kental, tanah liat pembungkus itu dihancurkan dan diperoleh benda yang dikehendaki dari logam tersebut sesuai dengan cetakakannya. Cetakan demikian hanya sanggup digunakan sekali dan hanya untuk benda-benda kecil, menyerupai arca kecil, dan nekara. 

Sekian artikel tentang Teknik Pembuatan Alat-Alat Perunggu biar bermanfaat

Show comments
Hide comments

0 Response to "Teknik Pembuatan Alat-Alat Perunggu"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close