Pengertian Umum Perihal Individu, Populasi, Komunitas Dan Ekosistem

Artikel ini menjelaskan wacana Pengertian Individu, Populasi, Komunitas dan Pengertian Ekosistem. Berikut kali ini mengenai pengertian dan klarifikasi dari individu, populasi, komunitas, dan ekosistem. Langsung saja, dari pengertian individu.
  1. Pengertian Individu ialah organisme tunggal contohnya, untuk seekor tikus, seorang manusia, sebatang pohong jambu, dan sebatang pohon kelapa.  
  2. Pengertian Populasi ialah kumpulan individu yang sejenis dan hidup di suatu kawasan dengan waktu tertentu. Contoh suatu populasi ialah sebuah kola terdama ikan, teratai, dll. Populasi pohon kepala dikelurahan tegakan di tahun 1989 berjumlah 2552 batang.  Ukuran populasi berubah setiap waktu. Perubahan ukuran populasi dinamakan dinamika populasi. Perubahan yang dihitung memakai rumus perubahan jumlah dibagi waktu. Hasilnya ialah kecepatan perubahan dalam populasi. Contohnya di tahun 1980 populasi pinus di tawangmangu ada 700 batang. Kemudian di tahun 1990 dihitung lagi ada 500 batang pohon Pinus. Faktanya, selama 10 tahun terjadi pengurangan pohon Pinus sebanyak 200 batang pohon. Untuk mengetahui kecepatan perubahan maka kita membagi jumlah batang pohon yang berkurang dengan lamanya waktu perubahan terjadi. 
  3. Pengertian Komunitas ialah kumpulan aneka macam populasi yang hidup di suatu waktu dan kawasan tertentu yang saling berinteraksi dan memengaruhi satu sama lain. Dalam derajat keterpaduan komunitas, lebih kompleks jikalau dibandingkan dengan individu dan populasi. Semua organisasi merupakan bab dari komunitas dan dari komponennya saling terhubung dengan keragaman interaksinya. Contoh yang termasuk komunitas ialah populasi ganggang, populasi ikan, dan populasi binatang di sekitarnya yang membetuk suatu komunitas terumbu karang. 
  4. Pengertian Ekosistem ialah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik tak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Antara komunitas dan lingkungannya saling berinteraksi yang membuat kesatuan ekologi yang disebut dengan ekosistem. Komponen penyusun dari ekosistem ialah produsen (tumbuhan hijau), konsumen (herbivora, karnivora, dan omnivora) dan dekomposer/pengurangi (mikroorganisme).
Demikianlah artikel sederhana dari aku mengenai Pengertian Individu, Populasi, Komunitas dan pengertian Ekosistem. Semoga teman sekalain sanggup mendapatkan dan memahami juga artikel ini bermanfaat bagi kita semua baik. Sekian dan terima kasih. 

Referensi: 
Aryulina D, et al. 2004. Biologi Sekolah Menengan Atas untuk kelas X. Jakarta: Esis.Hlm. 211-215
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Umum Perihal Individu, Populasi, Komunitas Dan Ekosistem"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close