Pengertian Umum Pramuka Serta Sejarah Pramuka Di Indonesia Dan Dunia

Sebelum mengetahui Sejarah Sejarah Pramuka di Indonesia dan dunia ada baiknya mengetahui pengertian pramuka. Secara umum Pengertian Pramuka ialah abreviasi para muda karana yang berarti orang-orang berjiwa muda dan suka berkarya. Kata berjiwa muda merupaka ukuran dari semangat untuk maju. Kepramukaan ialah nama acara yang terdapat dalam pramuka contohnya kegiatna menarik dan berpendidikan. Sedangkan Pengertian Gerakan Pramuka ialah wadah atau organisasi tempa dimana pramuka berkumpul dan menuntaskan problem secara bersama, tingkatan organisasi menyerupai gerakan pramuka kwartir daerah, gugus depan dan lain-lainnya. 
Dalam dunia internasional, Pramuka disebut dengan "kepanduan" (Boy Scout). Gerakan Pramuka mempunyai Kode Kehormatan Pramuka, yang terdapat dalam Anggaran Dasar Pramuka yang terdiri dari akad yang disebut Satya dan ketentuan susila yang disebut dengan Darma Kode Kehormatan Pramuka yang diubahsuaikan berdasarkan dari golongan usia dan perkembangan rohani dan jasmani yaitu.. 

Kode Kehormatan Pramuka Siaga terdiri dari Dwisatya dan Dwidarma 
Kode Kehormatan Pramuka Penggalang terdiri dari Trisatya Pramuka Penggalang dan Dasadarma 
Kode Kehormatan Pramuka Penegak dan Pendega yang terdiri dari Trisatya Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega dan Dasadarma. 
Kode Kehormatan Pramuka Dewasa terdiri dari Trsatya Anggota Dewasa dan Dasadarma 

Sejarah Pramuka Indonesia
Sedangkan di Indonesia, Sejarah Pramuka lahir di tahun 1961 berdasarkan Keputusan Presiden RI No. 112 Tahun 1961 tanggal 5 April 1961 mengenai Panitia Pembantu Pelaksana Pembentukan Gerakan Pramuka yang dipertegas lagi dengan Keputusan Presiden RI No. 238 Tahun 1961. Secara resmi Gerakan Pramuka diperkenalkan kepada umum di tanggal 14 Agustus 1961 disaat Presiden RI memperlihatkan anugrah Panji Gerakan Pramuka melalui Keputusan Presiden RI No. 448 Tahun 1961. Sejak dikala itu, tanggal Hari Ulang Tahun Gerakan Pramuka Indonesia diperingati setiap tahunnya pada tanggal 14 Agustus.

Sejarah Pramuka Dunia
Sejarah pramuka dunia pertama kali dipelopori oleh Lord Baden Powel atau dengan nama lengkapnya Robert Sthepenson Smyth Baden Powel of Giwell, seorang warga negara Inggris yang pernah menjadi tentara. Sejak kecil Baden Powel dikenal sebagai anak yang menyayangi acara luar ruangan (outdor). Baden Powell selalu bermain di hutan kecil yang berada di samping sekolahnya. Kemah pertama yang dilakukan oleh Lord Baden Powel yang dipimpinnya terjadi di tanggal 1 Agustus 1907 yang bertempat di Brwonsea Island, Inggris. Sehingga pada tanggal 1 Agustus ditetapkan sebagai hari peringatan Hari Kepanduan Dunia. 


Demikianlah artikel mengenai Pengertian umum Pramuka beserta Sejarah Pramuka Dunia dan Indonesia. Semoga teman sekalian sanggup mendapatkan manfaat dari pengertian pramuka dan sejarah pramuka dunia dan sejarah pramuka di indonesia. Sekian dan terima kasih. 

Referensi
Anggaran Dasar Gerakan Pramuka (Hasil Munaslub 2012 ed.). Kwartir Nasional, Jakarta.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Umum Pramuka Serta Sejarah Pramuka Di Indonesia Dan Dunia"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close