Mengenal Hyperloop Dan Cara Kerjanya

hyperloop yakni transportasi berkecepatan tinggi Mengenal Hyperloop dan Cara Kerjanya

Perkembangan teknologi pada masa sekarang begitu cepat. Banyak para pakar dan para hebat yang terus bekerja untuk membuatkan tenologi supaya mempermudah manusia. Salah satu referensi teknologi yang sanggup mempermudahkan insan yakni teknologi transportasi. Teknologi transportasi akan terus dikembangkan dengan tujuan supaya jarak yang jauh menjadi akrab dan bisa ditempuh dalam waktu yang singkat.

Memang tidak bisa dipungkiri kalau teknologi transportasi telah menjadi suatu kebutuhan pokok bagi insan pada ketika ini. Teknologi transportasi pada masa ini masih didominasi oleh pesawat, kapal dan kereta. Karena teknologi transportasi tersebut relatif gampang dan terjangkau. Walaupun secanggih apapun transportasi tersebut masih saja mempunyai kekurangan. Seperti misalnya pesawat yang masih mempunyai harga yang realtif mahal dan sangat tergantung dengan cuaca.

Seperti yang kita tahu Jepang merupakan negara maju yang terus membuatkan teknologi transportasi. Di sana terdapat kereta yang sangat cepat telah beropersi. Bahkan ketika ini juga telah dikembangkan teknologi transportasi berupa kereta super cepat yang diberi nama hyperloop yang diajukan oleh wiraswasta Elon Musk.

Apa itu Hyperloop?

hyperloop yakni transportasi berkecepatan tinggi Mengenal Hyperloop dan Cara Kerjanya

Bagi masyarakat Indonesia niscaya sangat absurd dengan hyperloop. Sebenarnya hyperloop sendiri yakni konsep teknologi transportasi yang sangat jauh berbeda dari yang lainnya. Hyperloop merupakan jenis teknologi transportasi dengan jalur khusus berupa pipa raksasa dan penggeraknya yang menyerupai kompresor.

Hyperloop merupakan penemuan teknologi transportasi yang akan mengatasi semua duduk masalah transportasi berupa biaya, waktu perjalanan dan cuaca. Digadang – gadang hyperloop akan mempunyai kecepatan 1000 km per jam. Bisa dibayangkan berapa cepat hyperloop yang bisa menempuh jarak Surabaya – Jakarta hanya dalam hitungan menit.

Prinsip Kerja Hyperloop

Hyperloop merupakan sistem transportasi dengan desain yang futuristik dengan kecepatan super cepat dengan memakai kereta dalam pipa yang mempunyai tekanan udara yang rendah. Hyperloop akan mempunyai kecepatan setara dengan kecepatan bunyi atau bahkan bisa melebihi kecepatan suara.

Jalur khusus hyperloop yang berupa pipa mempunyai penampang yang berbentuk bundar penuh dan terbuat dari baja. Udara di dalam pipa raksasa ini akan dibentuk hampir tidak ada. Ketiadaan udara inilah yang akan memperkecil ukiran antara kapsul dengan udara di dalam pipa tersebut. Kondisi inilah yang akan menyebabkan hyperloop melaju dengan sangat kencang.

hyperloop yakni transportasi berkecepatan tinggi Mengenal Hyperloop dan Cara Kerjanya

Kapsul di dalam pipa dipakai sebagai bab yang bergerak. Kapsul ini terdiri dari beberapa bab penting yaitu di bab bawah dan samping terdapat nozzle, di depan terdapat kompresor dan di bab belakang dan bawah akan terdapat baterai. Serta di bab tengah yang merupakan daerah penumpang.

Cara kerjanya, kompresor akan akan menghisap udara tipis di depan kapsul dan akan dikeluarkan di beberapa bab dari kapsul sehingga akan membuat tekanan udara dan jarak kapsul dengan pipa akan berjarak antara 0,5 mm sampai 1,3 mm. Di samping itu tekanan udara juga akan dipakai sebagai daya dorong kapsul. Dengan prinsip kerja menyerupai itu maka hyperloop akan mempunyai kecepatan yang super cepat.
Sumber https://www.teknosee.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Mengenal Hyperloop Dan Cara Kerjanya"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close