China Blokir Whatsapp Sepenuhnya!

 layanan WhatsApp di China diketahui mengalami gangguan yang menciptakan pengguna tidak bisa m China Blokir WhatsApp Sepenuhnya!

Selama beberapa bulan terakhir, layanan WhatsApp di China diketahui mengalami gangguan yang menciptakan pengguna tidak bisa mengirimkan file foto dan video. Namun, setelahnya pengguna WhatsApp dikeluhkan juga mengalami gangguan ketika mengirimkan pesan teks.

Baca juga: Brian Acton Memutuskan hengkang dari WhatsApp

Hal ini dungkapkan oleh Nadim Kobeissi yang merupakan praktisi kriptografi di Simbolic Software. "Mulanya China melaksanakan penyensoran terhadap kemampuan berkirim foto dan video di WhatsApp, dan kini sudah menjelma pemblokiran pesan teks".

Menurut Kobeissi, China mungkin sudah meningkatkan firewall-nya untuk memblokir protokol NoiseSocket yang dipakai WhatsApp untuk mengirimkan teks. Sebelumnya China juga berhasil memblokir protokol HTTPS/TLS yang dipakai WhatsApp untuk mengirimkan foto dan video.

Penyensoran ini bertepatan dengan Kongres Nasional Partai Komunis ke-19 di China. WhatsApp dijadikan incaran alasannya ialah menerapkan sistem enkripsi end-to-end di aplikasinya. End-to-end sendiri ialah fitur enkripsi semoga pesan tidak sanggup dilihat pihak lain. Berbeda dengan WeChat, mereka mau memperlihatkan data eksklusif penggunanya ke pemerintah China.

Pihak Facebook pun belum memperlihatkan komentar apapun terkait hal ini. Dengan diblokirnya WhatsApp di China, Facebook semakin ketar-ketir atas usahanya di negeri tirai bambu tersebut mengingat layanan media umum Facebook juga telah diblokir semenjak 2009 lalu.

Baca juga: Cara Chatting di WhatsApp Tanpa Menyimpan Nomor Telepon

Sebaliknya, WeChat semakin diuntungkan alasannya ialah hal ini. Diketahui WeChat sudah mengantongi 963 juta pengguna aktif di seluruh dunia hingga ketika ini.

Dengan China blokir WhatsApp, satu-satunya pertaruhan Facebook di negara tersebut kini hanyalah aplikasi Colorful Baloons yang diluncurkan rahasia bulan lalu.
Sumber https://www.teknosee.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "China Blokir Whatsapp Sepenuhnya!"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close