Google Play Store Tidak Berfungsi? Inilah Solusi Cara Mengatasinya!

Semua pengguna perangkat berbasis android niscaya mengenal aplikasi penting PlayStore, toko belanja daerah download  aneka macam aplikasi dan game gratis maupun berbayar tersebut. Namun terkadang  tak sedikit pengguna yang mengalami problem dengan Google Play Store, baik itu berupa pesan yang menyatakan kesalahan ketika mendownload, sayangnya Play Store berhenti atau bahkan tidak mau membuka sama sekali.


Semua pengguna perangkat berbasis android niscaya mengenal aplikasi penting  Google Play Store Tidak Berfungsi? Inilah Solusi Cara Mengatasinya!
Google Play Store  Tidak Berfungsi? Inilah Solusi Cara Mengatasinya!/ Foto: Capture dan Editor Pribaadi
Sebelumnya terdapat beberapa faktor yang mengakibatkan kegagalan dalam membuka Play Store, maka penulis akan sedikit menawarkan solusi pemecahan problem dengan solusi sederhana yang penulis sanggup dari aneka macam sumber.  Berikut ini beberapa tips dan trik yang sanggup kita lakukan jikalau mengalami gangguan dalam menjalankan aplikasi Play Store di perangkat kita:

1. Memeriksa Sambungan Koneksi Internet Perangkat Kita
 

Mungkin ini yaitu hal yang paling sederhana dan gampang praktis untuk diperiksa, ibarat yang kita ketahui bahwa Playstore membutuhkan sambungan koneksi internet untuk berjalan. Jika sambungan layanan data seluler sudah tersambung namun masih belum bisa, maka beralih  ke  Wi-Fi dari data seluler.

2. Melakukan Restart Ulang Perangkat Kita
 

Hal pertama yang harus kita pastikan terelbih dahulu yaitu memastikan apakah problem penyebab Play Store tidak berfungsi dengan normal. Jika itu masalhnya bukan berasal  dari server pihak Google yang down  maka sudah terang itu bermasalah dari pengguna android, solusinya yaitu dengan cara melaksanakan restart atau  menghidupkan ulang perangkat kita.

3. Memperbaharui Aplikasi Google Play Versi Terbaru
 

Tahap yang kedua kita harus memastikan kalau aplikasi  Google Play selalu diperbarui dengan memasang versi terbaru. Meskipun hal tersebut yaitu hal yang  biasa dan lumrah , pasalnya terkadang pembaruan Google Play dibeberapa perangkat secara otomatis. Masuk ke aplikasi pembaruan otomatis dan pastikan bahwa pembaruan otomatis aplikasi melalui Wi-Fi ataupun jaringan data.

Maka anda sanggup ke Play Store untuk memperbaharu secara manual dengan mengkli perbaharui aplikasi, jikalau tidak sanggup maka sanggup mengundul file Playstore  berekstensi APK di situs ketiga yang terpercaya dan bebas dari virus. Keuntungan menginstal versi terbaru layanan Google play teraru di perangkat lunak kita memungkinan aplikasi tersebut sanggup berjalan dengan stabil.

4. Membersihkan Cache dan Data Memori
 

Seperti yang kta ketahui bahwa Google Play Store yaitu layanan Google Play yang proses latar belakangnya tersembunyi dan  memungkinkan menyinkronkan serta mengirim notifikasi push dengan aplikasi diperngkat kita.

Tahap membersihkan cache pada Google Play Store ini dilakukan, dengan cara masuk ke pengaturan – Manajer Aplikasi – Play Store-  bersihkan cache dan data. Namun jikalau gagal pada tahap ini, kita bisa  kembali ke halamsebelumnya dan tekan Manage space (Manage storage) kemudian tekan Clear all data. 


Dengan catatan kita harus hafal dengan email dan  kata sandi akun google diperangkat kita supaya sanggup log in kembali, Ingat, ketika Anda melaksanakan ini, file, pengaturan, akun, database dan warta lainnya akan dihapus.
 

5. Meriksa Aplikasi Pihak Ketiga yang Terpasang
 

Memastikan apakah problem tersebut bukan dari Play Store sendiri, namun dari aplikasi pihak ketiga Maka untuk memastikan hal tersebut,  periksalah beberapa aplikasi seperti  aplikasi VPN  ataupun aplikasi sejenis yang sanggup mematasi susukan internet sebuah apilkasi. Selanjutnya kita harus menonaktifkan aplikasi tersebut, jikalau berhasi maka berarti susukan internet PlayStore anda dibatasi oleh aplikasi tersebut.
 

Berikut ini cara  menonaktifkan VPN di perangkat Android, pertama  buka Pengaturan - More or More networks (Jaringan Lainnya atau Lainnya) - Tekan VPN - matikan.

6. Memeriksa Pengaturan Tanggal dan Waktu Perangkat
 

Google selalu mengusut tanggal dan waktu perangkat Android kita untuk Play Store, dimana serever google selalu  mensinkronisasikan waktu di perangkat agara Play Store sanggup berjala dengan normal. Solusi untuk problem ini yaitu dengan masuk ke Setelan -  Tanggal dan Waktu-  tanggal dan waktu otomatis yang disediakan oleh jaringan. Namu jikalau tidak bisa, kita sanggup memilih tanggal dan waktu secara manual dengan memasukkan dengan benar sesuai tanggal dan waktu ketika itu juga.

7. Melakukan Setel Ulang Akun Google di Perangkat
 

Mungkin ini solusi hampr paling terakhir yang penulis sarankan apabila aplikasi Play Store masih belum  berfungsi denga normal. Yaitu dengan cara menyegarkan akun Google di perangkat Android. atau disetel ulang dan. Perlu diketahui pada tahap ini kita tidak hanya melaksanakan stel ulang pada Playstore saja, tetapi pada akun Google milik kita. Maka kita harus siap kehilangan semua pengaturan dan data diperangkat kita, maka harus berhati-hati jikalau melaksanakan tahap ini.

Berikut cara melakukannya, ketuk akun Google yang ingin kita hapus, kemudian ketuk ikon sajian (tiga titik di kanan atas) - Remove account. Selanjutnya lakukan ini pada semua  akun Google yang ada diperangkat kita.

Setelah itu kita  memasukkan kembali akun Google , dengan masuk  ke Setelan dan ketuk Add Account untuk menambahkan akun Anda kembali.

8. Melakukan Reset Data Pabrik Pada Ponsel

Mungkin ini menjadi saran terkhir dan sangat tidak dianjurkan menururt penulis, yaitu dengan cara melaksanakan reset pabrik atau pengaturan kembali ke settingan pabrik. Dan salah satu konsekuensinya adalah  semua data kita diperngkat akan hilang semua, maka disarkan sebelum melaksanakan tahap ini harus  melaksanakan backup semua data terlebih dahulu ke daerah penyimpanan data yang aman.

Berikut cara melaksanakan backup, pertama buka Setelan - Backup & reset. Tahap selanjutnya melaksanakan resest data dengan membuka sajian Cadangan & setel ulang -  reset Data Pabrik.
Dengan catatan kita harus hafal dengan email dan  kata sandi akun google diperangkat kita supaya sanggup log in kembali, sehingga kita sanggup membuka saya google mapun playstore lagi.


Editor: Heru Setianto
Source: Net
Show comments
Hide comments

0 Response to "Google Play Store Tidak Berfungsi? Inilah Solusi Cara Mengatasinya!"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close