Jadwal Bazar Serayu Banjarnegara (Fsb) 2015, Serta Kongres Sungai Indonesia Pertama Digelar 26-29 Agustus

Kongres Sungai Indonesia (KSI) I resmi akan digelar pertama kalinya di Indonesia, dimana kongres KSI sendiri merupakan sebuah bab dari program Festival Serayu (FSB) II 2015 di BanjarnegaraHelatan akbar KSI dijadwalkan akan diselenggarakan pada 26-30 Agustus 2015 di Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah sebagai tuan rumahnya.

sendiri merupakan sebuah bab dari program  Jadwal Festival Serayu Banjarnegara (FSB) 2015, Serta Kongres Sungai Indonesia Pertama Digelar 26-29 Agustus
 Kongres Sungai Indonesia 2015 Pertama Digelar, Bagian Festival Serayu Banjarnegara (FSB)/ Foto: Capture dan Edit Pribadi

"Merawat Serayu Merawat Peradaban" yaitu tema yang diangkat pada event KSI I tahun 2015. Sementara tujuan dari KSI yaitu untuk menegaskan eksistensi negara Indonesia sebagai negara laut, negeri nusantara sebagai negeri air, insan Indonesia sebagai insan air, serta bangsa Indonesia sebagai bangsa maritim.

Kenudian Isu utama yang diangkat yaitu sungai sebagai sentra peradaban bagi kelangsungan hidup dan kesejahtraan bersama. Kongres Sungai Indonesia bakal melibatkan empat kabupaten sekaligus, menyerupai Kabupaten Cilacap, Banyumas, Purbalingga dan Banjarnegara sendiri tentunya.

Menurut Bupati Banjarnegara, Sutedjo Slamet Utomo mengungkapkan salah satu dasar pertimbangan terpilihnya Banjarnegara menjadi tempat pertama kongres tersebut yakni, Banjarnegara telah mengikuti hukum wacana DAS (daerah aliran sungai). Bahkan hanya Banjarnegara
satu-satunya kabupaten di Indonesia yang mempunyai peraturan wacana sungai.

Sementara
Wakil Bupati Banjarnegara, Hadi Supeno mengharapkan digelarnya kongres ini sanggup melahirkan konsep regulasi tata kelola air secara nasional, sehingga akan keluar maklumat sungai yaitu "one river one mangemen".

Pada awalnya keluar sebuah regulasi perda no 4 tahun 2014 menciptakan pemerintah tempat melaksanakan reboisasi di sepanjang aliran sungai, meminta pihak swasta untuk menunjukkan dana CSR minmal 30 persen untuk penghijauan di sepanjang aliran sungai, melaksanakan sosialisai ke masyarakat melakui kegiatan-kegiatan yang melibatkan masyarakat Banjarnegara.

Event KSI I sendiri akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo bertempat di Balai Budaya Selamanik dan Hotel Surya Yudha,
Banjarnegara pada Jumat, 28 Agustus 2015. Presiden diagendakan akan mengunjungi stand pameran ekspo sungai dan gelar budaya 'Ekspresi Sungai', pidato wacana restorasi sungai dan obrolan dengan komunitas sungai.

Tak hanya itu jajaran Menteri Kabinet Kerja dijadwalkan akan megikuti program Kongres Sungai Indonesia 2015, menyerupai Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya, serta Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Sofyan Djalil.

Berikut Ini Jadwal Lengkap Event dan Lokasi Festival Serayu Banjarnegara (FSB) II 2015, yang berlangsung selam tanggal 15 sampai 30 Agustus 2015:
 

1. Gelar Seni (15-21 Agustus 2015) - di  Balai Budaya Banjarnegara
2. Kongres Sungai Indonesia (26-29 Agustus 2015) - di Balai Budaya Banjarnegara
3. Serayu Expo (26-29 Agustus 2015) - di Stadion Kolopaking Banjarnegara
4. Lomba Fotografi (26-29 Agustus 2015) - bebas mengambil moment di seluruh kegiatan 
5. Banjar Banjir Dawet (26 Agustus 2015) - di Stadion Kolopaking Banjarnegara
6. Jambore Akik Nusantara (23-27 Agustus 2015) - di Surya Yudha Park Banjarnegara
7. Parade Budaya (29 Agustus 2015) - di Alun-alun Banjarnegara
8. Banjarnegara Bershalawat (29 Agustus 2015) - di Alun-alun Banjarnegara
9. Mancing Mania (29 Agustus 2015) - di Waduk Mrica (Jend. Soedirman) Banjarnegara

10. Parak Iwak (30 Agustus 2015) - di Jembatan Serayu Singomerto (The Pikas Artventure Resort)

Sementara
'Pesta Parak Iwak' merupakan puncak dari seluruh event Festival Serayu Banjarnegara (FSB) 2015 di Kabupaten Banjarnegara. Pesta Parak Iwak yaitu program menangkap ikan di Sungai Serayu oleh ribuan masyarakat. Dimana sebelumnya diawali dengan rangkaian proses pengambilan air dan ikan dari tujuh telaga di Dataran Tinggi Dieng yang sudah dikirab terlebih dahulu.


Editor: Heru Setianto
Source:
Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Banjarnegara

Tags: Berita Terbaru Kongres Sungai Indonesia I (KSI) 2015, Foto dan Video Event Festival Serayu Banjarnegara (FSB) 2015, Lokasi dan Tempat Acara, Website resmi, Nomor telepone, Facebook, Twitter, Instagram, Youtube FSB.

Show comments
Hide comments

0 Response to "Jadwal Bazar Serayu Banjarnegara (Fsb) 2015, Serta Kongres Sungai Indonesia Pertama Digelar 26-29 Agustus"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close