Rian Mantasa Salve Prastica Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Peraih Ipk 4,0

Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, yang sukses meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) sempurna, yakni 4,00 dengan nilai A untuk seluruh mata kuliah termasuk skripsi yang berjudul "Analisis Angkutan Sedimen pada Sungai Bahbolon, Kabupaten Simalungun, Sumatra Utara".

Fakultas Teknik Program Studi Teknik Sipil  Rian Mantasa Salve Prastica Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Peraih IPK 4,0
Rian Mantasa Salve Prastica Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Peraih IPK 4,0/ Foto: Capture Fb

Rian Mantasa merupakan anak sulung dari dua bersaudara, dimana Ayahnya berprofesi kerja sebagai seorang pemborong bangunan. Sementara Ibunya yaitu kepala desa di tempat Sukolilo, Pati. Bahkan beliau mengaku semenjak kecil harus mencar ilmu selepas Salat Isya hingga pukul 21.00 WIB, dan mencar ilmu lagi selepas Salat Subuh hingga jelang berangkat sekolah.

Selama dibangku sekolah dasar (SD) Mantas panggilan akrabnya, mengaku selalu meraih rangking I di kelasnya. Sementara ketika dibangku Sekolah Menengah Pertama 3 Pati tercatat Masta peraih nilai terbaik se-Provinsi Jawa Tengah 2008, dimana nilai Matematika yaitu 10.


Prestasi Mantas tak berhenti hingga disitu, ketika beliau masuk ke sekolah tinggi tinggi Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Bahkan beliau mendapat julukan sebagai “The King of Asdos” (Raja Asisten Dosen), lantaran Mantas menjadi ajudan dosen hampir di semua mata kuliah. 

Tak hanya itu "Sang Professor" juga salah satu julukan yang disematkan kepadanya oleh mahasiawa lainnya, pasalanya beliau memecahkan rekor sebagai mahasiswa pertama di UNS peraih IPK 4,00. Dimana sebelumnya beliau mengaku telah memperbaikai IPK nya di semester enam, dari yang sebelumnya 3,98 menjadi 4.00.

“Ada empat mata kuliah yang sebelumnya menerima nilai B, yaitu Gambar Bangunan, Kalkulus, Mekanika Bahan, dan Irigasi dan Bangunan Air. Lalu saya melaksanakan remidi sehingga semua menerima A. Untuk menunggu nilai remidi itu butuh waktu 4 bulan. Jika tidak menunggu bergotong-royong saya sanggup lulus 3 tahun 8 bulan,” kata Rian Mantas yang penulis (2/9/15).

Berikut ini Biodata dan Profil Lengkap Rian Mantasa Salve Prastica Mahasiswa Universitas Sebelas Maret (UNS)  Peraih Sempurna IPK 4,0:
Nama Lengkap: Rian Mantasa Salve Prastica
Nama Panggilan: Rian, Mantas
Tempat Tanggal Lahir: Pati, 17 Mei 1993
Akun Facebook: https://www.facebook.com/rianmantasa.sp.1
Akun Googlr Plus: Rian Mantasa Salve Prastica
Akun Twitter: -
Websitw Pribadi: -
Hobi: Membaca
Prestasi: NIM tertinggi se-Jawa Tengah (2008)
 - Juara 3 LKTI Nasional Desain Kawasan Navigasi Sungai di Universitas Hasanuddin, Makassar (2014)
  - Runner-up Mahasiswa Berprestasi Fakultas Teknik UNS (2014)
  - Penerima manfaat Beasiswa Aktivis Nusantara dari UNS
  - Beasiswa Aktivis Nusantara dari Dompet Dhuafa.
 Jabatan: 
- Kepala DPPAK Biro AAI UNS 2015
- Ketua BIRO AAI Fakultas Teknik (2014)
- Kepala Bidang Administrasi dan Keuangan SKI FT UNS (2014)
- Dirjen Riset dan IPTEK BEM FT UNS (2014)
- Sekjen Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) komisariat UNS
- Anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Teknik.
-Anggota Gerakan Solo Mengajar
- Organisasi Kerohanian Islam (Rohis)  

Asisten dosen: Fisika Dasar (2012-2014), Fisika Terapan (2012-2014), Statika (2013), Mekanika Fluida dan Jaringan Perpipaan (2013-2015), Mekanika Bahan (2013), Hidrolika dan Saluran Terbuka (2013-2015), Geometri Jalan Raya (2014), Analisis Struktur dengan Metode Matriks (2014), Struktur Kayu (2014-2015), Struktur Beton (2014), dan Struktur Baja (2015) 


Rian mengaku buka tipe mahasiswa yang selalu membawa buku, namun beliau memiliki taktik khusus dalam belajar. Salah satu kuncinya yaitu ketika hari pertama masuk kuliah dan membaca silabus materi perkuliahan yang akan dipelajari dalam satu semester ke depan yang dijelaskan oleh Dosen.

"Materi ujian tamat semester niscaya sesuai dengan silabus itu," kata Rian Mantasa (2/9/15)
  
Dengan taktik ibarat itu maka akan menciptakan tetap fokus dalam belajar, sehingga ketika menjelang ujian tamat semester tak perlu khawatir. "Tidak perlu mempelajari semua cuilan dalam buku," tambah Rian.


Editor: Heru Setianto
Source: Net

Show comments
Hide comments

0 Response to "Rian Mantasa Salve Prastica Mahasiswa Universitas Sebelas Maret Peraih Ipk 4,0"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close