8 Fakta Menarik Wacana Monas Yang Jarang Diketahui Oleh Warga Jakarta

Monumen Nasional atau kerap disebut Monas icon yang berada di sentra kota Jakarta, yang dibangun sekitar tahun 1959-1961 oleh arsitek Indonesia, yakni Soedarsono, Frederich Silaban serta Ir. Rooseno pada masa kepemiminan Presiden Soekarno.

 Rooseno pada masa kepemiminan Presiden Soekarno 8 Fakta Menarik perihal Monas yang Jarang diketahui oleh Warga Jakarta
8 Fakta Menarik Monas Jarang Diketahui Orang Indonesia/ Foto: instagram.com/gani_prastowo
Ternyata bangunan yang mempunyai tinggi sepanjang 132 meter dan ketika ini sedang dirayakan oleh Google doodle itu, menyimpan fakta dan diam-diam tersembunyi yang luput dari pandangan publik pada umumnya.


Berikut ini 8 Fakta Menarik perihal Monas yang Jarang diketahui oleh Warga Jakarta dan Seluruh Masyarakat Indonesia tentunya.

1. Ukuran Tinggi dan Bahan Melapisi Monas
Monas mempunyai tinggi 132 meter, yang mempunyai bentuk lingga yoni dan semua bangunannya dilapisi marmer.

2. Lidah Api di Puncak
Di puncak ada sebuah cawan yang di atasnya terdapat pengecap api dari perunggu yang tingginya 17 meter dan diameter 6 meter dengan berat 14,5 ton. Lidah api ini dilapisi emas seberat 45 kg. Lidah api Monas terdiri atas 77 bab yang disatukan.

3. Pelataran Puncak
Pelataran puncak Monas luasnya 11x11 m, di pelataran itu pengunjung sanggup memandang gedung-gedung pencakar langit di kota Jakarta. Hingga bila udara cerah, pengunjung sanggup melihat Gunung Salak di Jawa Barat serta Laut Jawa dan Kepulauan Seribu.

4. Pelataran Bawah
Pelataran bawah luasnya 45x45 m. Tinggi dari dasar Monas ke pelataran bawah yaitu 17 meter. Di bab ini pengunjung sanggup melihat Taman Monas yang merupakan hutan kota yang indah.

5. Museum Sejarah Perjuangan Nasional
Di bab bawah Monas terdapat ruangan luas
80x80 m yakni Museum Nasional perihal sejarah usaha Bangsa Indonesia. Pada keempat sisi museum terdapat 12 diorama (jendela peragaan) yang menampilkan sejarah Indonesia dari jaman kerajaan-kerajaan nenek moyang Bangsa Indonesia sampai G30S PKI.

6.
Masjid Istiqlal dan Monas selesai  Pasca pemberontakan G 30 S PKI. 
Proyek pembangunan Monumen Nasional ketika kondisi keuangan negara dalam masa kritis hebat. Dimana Sukarno tengah mengerjakan proyek pembangunan Masjid Istiqlal. Namun ternyata Sukarno lebih menentukan menuntaskan proyek Monas. Uniknya, kedua proyek itu malah gres tamat sesudah Presiden Sukarno tak berkuasa pasca pemberontakan G 30 S PKI.

7.
Tugu Monas Ternyata yakni sebuah usikan Tersirat kepada Rumah Tuhan
Tugu Monas di jantung ibukota Indonesia merupakan sebuah usikan tersirat kepada sila pertama Pancasila, yakni Ketuhanan YME. Pasalnya Monas malahan mengejek rumah Tuhan yang mengelilinaya, menyerupai Gereja Imanuel, Gereja Katedral, dan Masjid Istiqlal. “Lihatlah aku, saya lebih tinggi dan lebih megah ketimbang kalian, dan yang niscaya pengikutku lebih banyak dari penghuni kalian, hahahaha..”

8. Tugu Monas Sebenarnya bentuk piramida silang Monas ketika dilihat dari udara.
Setelaha Google Earth ditemukan, ternyata ketika mengarahkan kursor peta Google Earth sempurna di atas Piramida Giza di Kairo, Mesir. Lalu mengalihkan kursor ke kota Jakarta sempurna di atas komplek Tugu Monas. Maka silang Monas yang tampak dari atas tersebut kita anggap sebagai sisi-sisi piramida dan Tugu Monas yang berada sempurna di tengahnya sebagai puncak piramida, sama dengan Piramida Giza di Mesir.


Editor: Heru Setianto
Source: Net
Show comments
Hide comments

0 Response to "8 Fakta Menarik Wacana Monas Yang Jarang Diketahui Oleh Warga Jakarta"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close