Pengenalan Unix Dan Sejarah Unix Untuk Kalangan Pelajar Atau Umum


Apa itu UNIX ?

UNIX adalah sistem operasi komputer yang bersifat multi user,multi tasking dan multi platform.
Multi user berarti UNIX sanggup menangani beberapa user atau pemakai pada dikala yang bersamaan,multi tasking berarti UNIX sanggup menangani beberapa proses yang berbeda pada dikala yang bersamaan. Sedangkan multi platform berarti UNIX tersedia di hampir seluruh platform hardware mulai dari intel-based single processor hingga supercomputer Cray multi processor. UNIX ialah sistem interactive times-sharing yang pada awalnya dibentuk oleh programmer untuk programmer untuk digunakan dalam proyek software development. Keungggulan-keungggulan yang ditawarkan oleh sistem operasi UNIX di antaranya adalah:


adalah sistem operasi komputer yang bersifat multi user Pengenalan UNIX dan Sejarah UNIX untuk kalangan pelajar atau umum
Unix Kernel



  • Stable
  •  Tidak gampang crash
  • Secure
  • Memiliki kemampuan mengamankan resource
  • Portable 
  • Aplikasi gampang dipindahkan antar platform
  • Consistency 
  • Penggunaaan yang konsisten antar platform


Meskipun pada mulanya UNIX hanya digunakan untuk keperluan pendidikan dan penelitan di lingkungan kampus dan pemerintahan ,saat ini UNIX sudah banyak digunakan untuk aplikasi perbankan,science engineering,internet,grafik ,ataupun aplikasi-aplikasi mission-critical lainya.

Sejarah UNIX

UNIX berasal dari kata UNICS(Uniplexed Information and Computig Services).
UNICS ialah implementasi dari sistem time-sharing buatan MIT dan Dartmouth College.
Time-sharing ialah sistem di mana sebuah resource komputer yang besar dan mahal diguanakan bersama-sama, di mana pengguna hanya memerlukan sebuah terminal  kerja yang berharga relatif murah.

Setelah time-sharing ditemukan,MIT bergabung dengan AT&T Bell Labs dan General Electric dalam proyek sistem MULTICS(Multiplexed Information and Computer Service).Namun proyek ini gagal.Penyebab kegagalan proyek ini diantaranya ialah alasannya digunakanya bahasa pemrograman PL/1 yang pada waktu itu compiler-nya tidak stabil. Akhirnya ,proyek sistem MULTICS dibekukan,tapi tidak untuk Ken Thompson,seseorang ilmuwan Bell Labs,Ken Thompson menulis ulang MULTICS dalam bahasa pemrograman Assembler di sebuah komputer mini PDP-7. Ternyata,sistem ini berjalan dengan baik, meskipun berjalan di komputer dengan resource minim. Sistem ini lalu diberi nama UNICS oleh Brian Kernighan. UNICS lalu di-trendy-kan menjadi UNIX.

Hasil kerja Ken Thompson ini mengejutkan rekan-rekanya sesama ilmuwan di Bell Labs. Orang pertama yang bergabung dengan proyek Ken Thompson ini ialah Dennis Ritchie. Kali ini ,dengan memakai komputer mini PDP-11 ,Ken penerus dari bahasa pemrograman BCPL. Tetapi alasannya bahasa pemrograman B tdak begitu baik , Dennis Ritchie membuat sebuah bahasa pemrograman lain yang lebih baik dari B yang diberi nama C berikut compiler-nya. C lalu menjadi bahasa yang umum untuk keperluan system programming, hingga dikala ini.

Pada tahun 1974, Thompson dan Ritchie mempublikasikan paper mengenai UNIX, dan mendapat penghargaan paling bergengsi di dunia ilmu komputer ACM Turing Award,karena karya mereka tersebut. Akibatnya, banyak universitas yang berminat terhadap UNIX. Pada tahun ini pula AT&T mulai melisensikan UNIX ke banyak universitas untuk kegunaan pendidikan dan juga sebagai produk komersil.

Rilis UNIX dari AT&T Bell Labs yang signifikan adalah UNIX Time-Sharing System, Sixth Edition , yang dikenal sebagai V6, yang di-port untuk banyak sekali macam platform hardware ibarat interdata. Dengan diperkenalkan hardware 32-bit ibarat VAX 11/780 memungkinkan UNIX untuk meningkatkan kemampuanya ibarat virtual memory dan networking. Rilis UNIX pertama yang mempunyai tujuan portability ialah UNIX Time-Sharing System,Seventh Edition ,atau V7 ,yang diperkenalkan sekitar tahun 1978.

Setelah distribusi Seventh Edition,distribusi dilakukan oleh UNIX Support Group(USG).Distribusi berikutnya ialah UNIX System III pada tahun 1982 , dan UNIX System V pada tahun 1983. USG lalu menjelma UNIX System Development Laboratory(USDL) yang meluncurkan UNIX System V Release 2 pada tahun 1984. USDL lalu menjelma AT&T Information Systems (ATTIS) yang meluncurkan UNIX System V Release 3 pada tahun 1987.

Pada tahun 1988, Sun Microsystems dan AT&T bergabung untuk menciptakan System V Release 4 (SVR4). Sistem ini lalu dikembangkan menjadi Novell UnixWARE dan Solaris 2.

ATTIS lalu menjadi UNIX System Laboratories. (USL). yang peada karenanya dijual ke Novell pada tahun 1993. Novell melepaskan trademark UNIX ke konsorsium X/OPEN yang digunakan untuk standar sertifikasi.

Setiap produk yang ingin disebut UNIX harus memenuhi persyaratan-persyaratan X/OPEN,yang mana banyak mengadopsi akomodasi standar IEEE POSIX. POSIX. 1 ialah ISO International Standard yang diberi nama SC22 WG15. Pada tahun 1995, Novell menjual UNIX ke The Santa Cruz Operation (SCO). Kabar terakhir ialah SCO telah bergabung dengan Caldera dengan bendera SCO Group.

Salah satu universitas di Amerika yang mempunyai andil besar dalam perkembangan UNIX ialah University of Clifornia- Berkeley Computer System Resarch Group (CSRG) dengan Berkeley Software Distribution (BSD)-nya. Saat itu Berkeley memperkenalkan fitur-fitur gres ibarat BSD network protocol dan TCP/IP networking (dengan proteksi dari US Defense Avanced Resarch Project Agency dan Stanford University). Selain TCP/IP , Berkeley juga memperkenalkan editor teks handling compiler Lisp, dan Pascal. Tidak heran kalau Berkeley UNIX sangat terkenal pada masa itu . Sun Microsystems pada mulanya membasiskan sistem operasi workstation SPARC-nya pada SunOS 4 pada BSD hingga sistem operasi Solaris. Rilis sistem operasi dari Sun Microsystems. sehabis Solaris, yaitu Solaris 2, telah berbasis System V, begitupun dengan versi lanjutanya.

Rilis terakhir dari CSRG ialah 4.4BSD-Lite Release 2,yang didistribusikan pada bulan Juni 1995. Meskipun sat ini CSRG hanya tinggal kenangan, perkembangan 4.4BSD terus berlanjut dengan free UNIX yang dibentuk oleh grup FreeBSD dan NetBSD. Group Free BSD berkonsentrasi menciptakan distribusi untuk platform hardware Intel, sedangkan grup NetBSD berkonsentrasi menciptakan distribusi sebanyak mungkin platform hardware. Keduanya berbasis 4.4BSD-Lite. Sebuah sebanyak mungkin platform hardware. Keduanya brbasis 4.4BSD-Lite. Sebuah grup,Berkeley Software Deisgn,Inc. (BSD) membuat distribusi BSD komersil yang disebut BSD/OS berbasis 4.4BSD-Lite. Saat ini, FreeBSD dan BSDI telah bergabung.

Kesimpulan

Setelah mengalami banyak perkembangan dari tahun ke tahun UNIX menjadi inti operasi di semua sistem operasi. Dan juga menelurkan beberapa macam os hingga Linux dan Mac OS dan juga Android yang memakai Sistem Operasi berbasis Linux.



Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengenalan Unix Dan Sejarah Unix Untuk Kalangan Pelajar Atau Umum"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close