Belajar Mengenal Codingan Layout Android Xml

Mungkin kebanyakan atau hampir semua newbie (pemula) ,belum memahami ,penulisan atau codingan Layout XML , ketika kita menciptakan dan berbagi Aplikasi Android. Seperti yang kalian ketahui, untuk membangun User Interface pada Aplikasi Android. Kita sanggup melaksanakan dengan dua cara, pertama membangun secara dinamis .dengan bahasa pemrograman (programatically ex= Java ) dan kedua membangun dengan cara layouting , atau dengan cara statis(XML). 

Nah pada tutorial berguru android kali ini ,kita akan mencoba Mengenal Contoh Codingan Layout Android XML,  beserta penerapanya. Oke , pertama-tama mari kita kenalan dengan yang namanya XML terlebih dahulu atau kepanjangan dari Extensible Markup Language .  


 Mungkin kebanyakan atau hampir semua newbie  Belajar Mengenal Codingan Layout Android XML



Apa sih XML itu ?

XML termasuk bahasa markup ,yang diprakarsai oleh W3C ,selaku Konsorsium World Wide Web, yang dimana XML , merupakan versi lanjutan dari HTML(Hypertext Markup Language).  Jika HTML ,hanya menampilkan  informasi ,XML memproses dan mengolah informasi. Informasi ini sanggup kita sebut sebagai element.  Setiap awalan element ,akan di awali dengan tag pembuka menyerupai <  dan harus di akhiri dengan tag epilog />. Setiap element memiliki detail-detail informasi ,yang biasa di sebut atribut. Masing-masing atribut , memiliki nama dan value atau nilai. Sebagai tumpuan ,penerapan XML pada Aplikasi Android, untuk lebih jelasnya sanggup dilihat,  contoh gambar di bawah:









 Mungkin kebanyakan atau hampir semua newbie  Belajar Mengenal Codingan Layout Android XML
Contoh element XML di TextView


Seperti yang kalian lihat pada tumpuan gambar di atas , untuk menerapkan element TextView , yang berfungsi untuk menampilkan text pada layar perangkat Android. Kita sanggup mengawalinya dengan tag pembuka <TextView , kemudian sanggup kita isi dengan nama atribut , menyerupai pada tumpuan diatas yang termasuk atribut :


  • android:id ,(Fungsi : untuk referensi di coding java) 
  • android:text , (Fungsi : isi konten text )
  • android:layout_width (Fungsi : jenis atau ukuran lebar TextView) 
  • android:layout_height ( Fungsi : jenis atau ukuran tinggi TextView)


Yang termasuk nilai atau value :

  • "@+id/textView1"(Fungsi : value untuk referensi di coding java) 
  • "Hello okedroid" (Fungsi : value isi konten text )
  • "match_parent" (Fungsi : value jenis atau ukuran lebar TextView) 
  • "wrap_content"  ( Fungsi : value jenis atau ukuran tinggi TextView)


Nah setiap awalan niscaya harus ada akhiran , pada element TextView  diatas , kita harus menutupnya dengan tag penutup /> . Agar tidak ada terjadinya compile time erorr ,yang akan memberitahu kita ,bahwa tag tidak ditutup.  Setelah itu element tersebut ,nantinya akan di referensikan atau diconvert ke dalam codingan java.



Penggunaan Namespace XML

Namespace XML ,digunakan untuk nama unik dari element dan atribut ,didalam sebuah dokumen XML . Pada pengembangan Aplikasi Android ,setiap kita ingin menerapkan RelativeLayout atau LinearLayout sebagai RootView pada Layout , kita wajib mendefinisikan namespace XML ,yang dimana ,kita menggunakan xmlns:android  sebagai atribut , dan nilai atau value "http://schemas.android.com/apk/res/android".  Karna ini merupakan unique identifier, sama halnya pada penggunaan di bahasa pemrograman PHP ,atau C++. 


 Mungkin kebanyakan atau hampir semua newbie  Belajar Mengenal Codingan Layout Android XML
Penggunaaan Namespace XML Android


Di beberapa masalah ,saat kita berbagi Aplikasi Android ,menggunakan Library milik orang lain ,misalnya. Kita sanggup memakai namespace xmlns:app="http://schemas.android.com/apk/res-auto" untuk keperluan custom atribut. Namun ini tidak wajib ,tergantung kebutuhan kita. Serta kita juga sanggup memakai namespace  xmlns:tools="http://schemas.android.com/tools". Selengkapnya sanggup baca disini.

Antar Muka Layout

Semua element antarmuka pada Aplikasi Android, di berdiri memakai View dan ViewGroup. View ialah suatu object ,yang di tampilkan di layar ,untuk menangani interaksi user (pengguna). Contohnya seperti TextView ,EditText,Button dan lain sebagainya. ViewGroup ialah objek yang menangani beberapa View dan View Group, yang dimana dipakai untuk mendefinisikan tata letak antar muka.Contohnya menyerupai : RelativeLayout, LinearLayout, dan lain-lain. Kita sanggup membangun antar muka pada Layout XML ,dengan cara nested(bersarang). Seperti pada tumpuan gambar dibawah:


 Mungkin kebanyakan atau hampir semua newbie  Belajar Mengenal Codingan Layout Android XML
Hirarki antar muka layout (source: developer.android.com)

ViewGroup sanggup kita sebut juga sebagai ParentView ,dan View sanggup kita sebut juga sebagai Child View


Nah kurang lebih itu ,saja penjelasanya mengenai Codingan Layout Android XML. Jika ada penambahan atau kesalahan akan saya update nanti.  Selengkapnya perihal layout ,kalian juga sanggup membaca artikel okedroid.com  sebelumnya disini.

Baca juga selanjutnya : Belajar Mengenal Codingan MainActivity Android Java

Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Belajar Mengenal Codingan Layout Android Xml"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close