Belajar Mengenal Dasar Algoritma Dan Struktur Data

Algoritma ialah kumpulan langkah-langkah, yang dinyatakan dengan terperinci dan tidak ambigu, dalam mencapai tujuan atau memecahkan problem ,dalam rentang waktu tertentu. Algoritma di dunia ini bisa meliputi bahasa apapun ,seperti teladan aktivitas kita sehari-hari.

Seperti saat kita ingin pergi sekolah ,kuliah atau kerja, dimulai dari berdiri tidur , terus mandi , terus sarapan , kemudian pergi dengan kendaraan , dalam perjalanan ,setelah itu hingga tujuan. Begitu juga mirip kita menciptakan teh atau kopi ,dimulai dari masak air, masukan serbuk kopi atau teh ke dalam gelas, air sudah matang, kemudian tuangkan ke gelas ,setelah itu kopi atau teh siap dinikmati. Dan masih banyak lagi teladan lainya ,yang bisa kalian bayangkan sendiri.
 yang dinyatakan dengan terperinci dan tidak ambigu Belajar Mengenal Dasar Algoritma dan Struktur Data
Oleh lantaran itu ini merupakan salah satu kemampuan awal dasar ,bagi seorang developer atau programer ,khususnya untuk developer Android ,dalam merumuskan algoritma ke dalam bahasa pemrograman yang digunakan. Tidak mungkin dong ,kalian berdiri tidur , tiba-tiba udah nyampe kantor, sekolah atau kuliah. Kan gak masuk kebijaksanaan , makanya itu di perlukan cara berpikir logika yang baik ,ada sebab-akibat ,untuk mulai menciptakan sebuah jadwal atau Aplikasi yang baik dan benar.

Baca sebelumnya : Belajar Mengenal Apa itu Bahasa Pemrograman di Komputer



Misal terdapat suatu problem di dalam perjalanan ,yang tidak kita duga ,entah ban motor bocor ,atau berhadapan dengan kemacetan , teladan solusi yang bisa kita ambil ,seperti ban motor bocor ,kita bisa mendorong motor kita ke bengkel terdekat ,dan bila kita berhadapan dengan kemacetan ,kita bisa menyalip sana-sani atau juga bisa memakai jalan tikus (jalan pintas). Dan masih banyak teladan problem dan solusinya yang bisa kita bayangkan.


Maka algoritma  yang elok ialah algoritma yang memiliki dua sifat yaitu correctness(cara yang benar) dan efficiency(daya guna). Karena misal di tengah pengembangan Aplikasi ,kita menemui bug atau error ,kita bisa mendeteksi dengan cara melihat flowchart atau pseudocode ,yang telah kita rancang, dengan Algoritma kita.


Apapun bahasa pemrogramannya yang kalian gunakan ,ujung-ujungnya ya kalian harus berguru ,Algoritma terlebih dahulu,karena bila sudah paham dan mengerti ,kesananya lebih gampang menyesuaikanya. Karena intinya teknologi itu mirip dan memalsukan pola pikir insan ,(Baca : Kecerdasan Buatan ) mirip halnya teknologi robot ,teknologi yang bisa mengenal perintah bunyi insan ,teknologi yang bisa bekerja otomatis ,dan masih banyak lagi.


Untuk lebih jelasnya kalian bisa menonton video dari KhanAcademy.org berikut :



Stuktur Data 


Stukur data ialah suatu cara dengan bahasa pemrograman (programatically), untuk menyimpan dan mengorganisasi data ,agar sanggup dipakai secara efesien.   Contoh dari tipe data untuk bahasa pemrograman java .Kita memiliki data ,salah satu  teman kita yang berjulukan "Andi" berumur 25 tahun. Disini Nama Andi tergolong ke dalam tipe data String ,lalu umur 25 ini ke dalam tipe data integer.Kita bisa mengorganisasi data sahabat tersebut dan lainya , ke dalam suatu file atau database sebagai struktur data. 


Nah tipe-tipe data tersebut ,seperti integer ,float ,booelan .char ,dan lain-lain. Termasuk ke dalam golongan tipe data primitif. Untuk mengolahnya dan menghubungkanya dengan data yang lebih besar ,kalian bisa memakai stuktur data yang lebih complex lagi ,dengan memakai struktur data abstrak. 

Contohnya mirip :

  • Linked List
  • Tree
  • Graph
  • Stack, Queue dan lain-lain.


Contoh gambar :


 yang dinyatakan dengan terperinci dan tidak ambigu Belajar Mengenal Dasar Algoritma dan Struktur Data
Contoh Pengenalan Stukur  Data(source : studytonight)

Selesai ,yang niscaya artikel pembahasan ini ,masih sekedar pengenalan saja perihal ,dari sekian  banyak pertanyaan  yang mungkin muncul ,Apa sih itu Algoritma , Apa itu Struktur Data ,sehingga kalian setidaknya bisa membayangkan sendiri ,tentang pemahamanan dasarnya. Jika ada kesalahan atau penambahan ,akan saya update post ini. Terima Kasih


Baca juga : Belajar Algoritma dan Struktur Data lewat Animasi Agar Praktis Paham


Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Belajar Mengenal Dasar Algoritma Dan Struktur Data"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close