7 Tips Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis

Logika berpikir adalah salah satu kemampuan yang mendasar (mendasar) , sangat penting bagi segala macam profesi , khususnya mirip developer atau programmer, dan juga profesi-profesi di bidang IT lainya. Begitu juga di dalam setiap aspek kehidupan  sehari-hari kita ,menuntut  untuk berpikir logis ,pada setiap duduk kasus yang selalu kita hadapi. Berpikir logis juga penting ,saat kita ingin mencapai suatu tujuan. Merancang langkah demi langkah , kemudian mengeksekusinya secara berurutan satu persatu. 


adalah salah satu kemampuan yang mendasar  7 Tips Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis



Beda halnya dengan berpikir imajinatif ,yang akan mengarahkan kita kemana saja ,dengan mengelilingi dalam dunia imajinasi pikiran kita. Ibarat sebuah huruf aksara ,jika imajinatif mengarahkan kita dari A ke B , bisa ke C ,D ,sampai Z (tak beraturan). Jika berpikir logis mengarahkan kita dari A ke B, dan dari B ke C, mustahil dari A eksklusif ke C , begitu seterusnya. (beraturan). Namun ,pada dasarnya di dunia faktual , kedua softskill (imajinatif and logic) ini perlu ,untuk banyak sekali macam profesi apapun ,yang ingin kalian tekuni. Kombinasi yang tergantung ,bagaimana kita menggunakanya.

Karena kalau imajinatif ,lebih bicara kepada ,ide ,khayalan, konsep atau gagasan, dan juga solusi dari segala macam arah ,untuk menyelesaikanya. Jika kita berpikir logis ,lebih bicara kepada sanksi ,mewujudkan ,dan merealisasikan suatu hal (ide) menjadi produk yang nyata.

Pada artikel tips kali ini , saya akan membahas wacana bagaimana , cara mengasah dan meningkatkan kemampuan berpikir logis . Berikut mari kita simak selengkapnya:



1. Memahami konsep 

Untuk mengasah kemampuan berpikir logis ,pertama-tama ,kita harus tahu  konsep dari berpikir logis mirip 2 pola konsep berikut:

  • Pernyataan kondisi :konsep ini dipakai ketika kita di hadapi  suatu duduk kasus , pada suatu kondisi mirip , dikala terjadi turun hujan . Contoh : Jika tidak hujan ,berarti tidak perlu payung ataupun mantel. Sebaliknya kalau hujan maka kita perlu payung ,dan mantel.
  • Pernyataan kebalikan : konsep ini dipakai pada kebalikan pada kondisi yang berlaku sama mirip hal lainya. Contoh : Jika ada minuman panas ,berarti ada minuman dingin. Begitu juga ketika ada suka ,berarti ada duka.

Memahami konsep ,juga berarti memahami maksud atau kegunaan suatu hal. Kita bisa temukan banyak sekali hal,  di lingkungan sekitar kita untuk contohnya. Seperti sampah dari barang-barang yang sudah tidak terpakai. Di satu sisi ,mungkin ketika kita sudah pakai ,barang tersebut tidak mempunyai nilai lagi. Padahal ,bisa jadi barang tersebut bisa kita olah kembali,  menjadi suatu produk gres , yang mempunyai nilai lebih ,di banding sebelum kita memakainya.



2. Belajar bahasa pemrograman


Mempelajari suatu bahasa pemrograman  yang kita sukai , juga akan mengajarkan kita wacana cara berpikir logis. Apapun bahasa pemrograman yang kalian pilih , kita menulis baris code atau coding menurut algoritma  secara berurutan , hingga menjadi suatu jadwal aplikasi ,yang sanggup digunakan. Salah satu pola bahasa pemrograman ,yang bisa kalian pelajari yaitu bahasa pemrograman Java.



3. Memainkan game asah otak

Salah satu kegiatan ,yang mungkin disukai banyak orang ,yaitu dengan bermain game. Namun ,disini kita sekaligus mengasah,  otak kita untuk berpikir logis. Kaprikornus menyerupai sambil menyelam minum air.  Kalian bisa bermain game yang terinstall di perangkat Smartphone kalian. Contoh gamenya ,seperti game catur(chess), game puzzle, game teka-teki silang,game sudoku , dan masih banyak lagi.


4. Mengerjakan soal matematika

Meskipun tidak semua orang menyukai matematika (saya pun juga hehe) , namun  dengan latihan mengerjakan dan menjawab soal-soal matematika ,dapat mengasah otak kita berpikir logis. Mungkin tidak semua ilmu wacana matematika kalian pelajari sekaligus , akan tetapi setidaknya kalian bisa berguru wacana operasi aritmatika mirip penjumlahan ,perkalian dan lain sebagainya.


5.  Belajar kursus online

Di jaman kini ,yang perkembangan teknologinya  begitu sangat cepat. Berbanding lurus dengan banyaknya resource atau acuan di Internet , untuk mempelajari suatu hal. Kita bisa mengasah kemampuan berpikir logis kita , dengan berguru lewat kursus online di Internet. Salah satu misalnya ,kalian bisa berguru lewat Khan Academy ,dengan bahan kursusnya ,yang bisa di kanal secara gratis.


6. Minum air putih secukupnya

Karena badan kita didominasi oleh cairan. Minum air secukupnya dalam sehari , akan baik  bagi kesehatan jangka panjang kalian ,terlepas apapun kegiatan yang kalian lakukan. Begitu juga pada otak kalian , kehilangan cairan tubuh yang menimbulkan kurangnya cairan dalam badan ,akan kuat terhadap kemampuan kita berkonsentrasi dan mengingat suatu hal. Contohnya mirip minum 8 gelas sehari.



7. Melakukan kegiatan olahraga

Sama mirip kita minum air putih, secara rutin secukupnya. Olahraga mempunyai peranan penting , untuk kebugaran badan ,dan juga memaksimalkan kinerja fungsi otak kita, yang akan berdampak pada kesehatan jangka panjang . Salah satu olahraga yang paling murah , bisa berjogging ria ,  di area komplek lingkungan sekitar ,tempat kalian tinggal.



Demikan artikel wacana ,  7 Tips Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis.  Bagaimanapun juga untuk berpikir logis ,pastinya harus kita lakukan terus-menerus,  yang akan menimbulkan sebuah kebiasaan. Ibarat mirip pisau yang tumpul ,yang harus terus di asah ,agar sanggup digunakan.




Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "7 Tips Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir Logis"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close