Belajar Mengenal Apa Itu Bahasa Pemrograman Di Komputer

Saat kita membeli sebuah PC(Komputer) atau Laptop , dan juga Aplikasi yang ada di perangkat Smartphone , kita niscaya menggunakanya untuk banyak sekali keperluan , baik itu untuk pekerjaan , bisnis , kiprah sekolah atau kuliah , atau juga sekedar untuk hiburan semata, dan lain sebagainya.

Saat kita mulai menggunakanya , beberapa di antara kalian atau khususnya untuk pengguna awam , mungkin tidak sadar. Jika kalian bekerjsama , telah menjalankan sistem operasi ,aplikasi atau software di Komputer  , yang di dalamnya ditulis dengan bahasa pemrogramanan. 
 dan juga Aplikasi yang ada di perangkat Smartphone  Belajar Mengenal Apa itu Bahasa Pemrograman di Komputer

Karena intinya , komputer atau smartphone , yang kita beli dan miliki , telah diprogram atau diberikan aba-aba sebelumnya. Agar sanggup dijalankan dan dipakai dengan baik, oleh user atau pengguna. Sebelum kita mengenal lebih jauh lagi , ihwal apa itu bahasa pemrograman. Kita mungkin akan sedikit flashback sebentar,  ihwal bagaimana komputer itu di ciptakan. 




1. Kapan kata Komputer pertama kali dipakai ?


Kata "komputer" sendiri ,  pertama kali dipakai pada tahun 1613 ,yang awalnya untuk menggambarkan seseorang yang bisa melaksanakan kalkulasi atau komputasi (baca: perhitungan). Definisi dari kata komputer ini , masih terus dipakai hingga pada simpulan era ke-19. Ketika munculnya revolusi industri  ,yang mempunyai tujuan utama ,bahwa mesin dipakai untuk perhitungan.

2. Siapa yang menemukan komputer pertama kali ?


Sekilas ihwal sejarah sebuah komputer itu sanggup di program, di gagas oleh mekanikal pertama yang berjulukan Charles Babbage. Pada tahun 1822 , Charles Babbage mulai menyebarkan suatu konsep Difference Engine, atau bisa juga disebut Mesin Penghitung.  Sayangnya , mesin yang dikembangkan itu tidak hingga selesai. Lalu pada tahun 1991 ,mesinnya mulai dikembangkan lagi. Dimana  secara fisik , komputer pada jaman dahulu ,tidak menyerupai yang biasa kita gunakan pada jaman sekarang. Jika kita definisikan arti yang sebenarnya, komputer dulunya yaitu alat penghitung menyerupai halnya kalkulator.

 dan juga Aplikasi yang ada di perangkat Smartphone  Belajar Mengenal Apa itu Bahasa Pemrograman di Komputer
Difference Engine (source : britanica)


Jika Charles Babbage , yaitu orang yang menggagas konsep mesinnya pertama kali. Berlanjut pada tahun berikutnya,  sekitar tahun 1900an. Seorang peneliti komputer modern digital pertama , yang berjulukan Alan Turing,  berpikir bahwa komputer ,dapat dipakai untuk banyak sekali keperluan , sanggup menjalankan program. Serta, komputer juga sanggup menjalankan sekumpulan perintah , yang dulu dinamakan sebagai Mesin Turing


 dan juga Aplikasi yang ada di perangkat Smartphone  Belajar Mengenal Apa itu Bahasa Pemrograman di Komputer
Charles Babbage dan Alan Turing (source 1 and 2)

  • Siapakah programmer komputer pertama di dunia ?

Beberapa di antara kalian mungkin , ada yang belum tahu siapa programmer komputer pertama di dunia. Faktanya beliau yaitu seorang wanita ,yang bernama Ada Lovelace.  Ada Lovelace bekerja sama dengan Charles Babbage , dengan membantu menulis aktivitas komputer pertama , pada mesin yang merupakan pengembangan dari Difference Engine , yaitu Analytical Engine. Serta Ada Lovelace juga  , berperan menjelaskan pengenalan ihwal komputer dan perangkat lunak (software).

 dan juga Aplikasi yang ada di perangkat Smartphone  Belajar Mengenal Apa itu Bahasa Pemrograman di Komputer
Ada Lovelace (source)

Mungkin itu saja ,sedikit yang bisa saya jelaskan , ihwal sejarah komputer itu ditemukan dan diciptakan. Selebihnya , kalian bisa mengoreksi lebih dalam lagi.


3. Kaprikornus Apa itu Komputer ?


Dengan kemajuan teknologi yang kian cepat remaja ini. Pastinya,  komputer sekarang, berbeda dengan komputer jaman dahulu. Baik itu dari segi kemampuan , dari segi bentuk atau fisiknya, dan lain sebagainya. Kaprikornus kita bisa artikan bahwa:

Komputer adalah sebuah perangkat elektronik yang memanipulasi informasi atau data. Serta juga mempunyai kemampuan untuk menyimpan , mengambil dan memproses suatu data. Serta dengan berkembangnya kemampuan dari hardware di jaman kini , komputer sanggup berfungsi untuk menjalankan banyak sekali proses , dari suatu software aplikasi .  Seperti membuat suatu dokumen , mengirim email, browsing di Internet, bermain games, dan masih banyak lagi fungsi dari sebuah komputer, yang bisa kalian lakukan.


 dan juga Aplikasi yang ada di perangkat Smartphone  Belajar Mengenal Apa itu Bahasa Pemrograman di Komputer
Contoh gambaran komputer

4. Pengertian atau definisi apa itu komputer,  berdasarkan para ahli  , yaitu sebagai berikut :



1. Robert H Blissmer menyatakan bahwa komputer, yaitu suatu alat elektronik yang bisa melaksanakan beberapa tugas,  antara lain mendapatkan input, memproses input tadi sesuai dengan programnya, menyimpan perintah-perintah dan hasil dari pengolahan,  dan menyediakan output dalam bentuk informasi.
  
2. Fouri beropini bahwa komputer , yaitu suatu alat pemroses data yang bisa melaksanakan perhitungan dengan jumlah besar dengan cepat,termasuk operasi logika dan aritmatika,tanpa insan ikut campur.
  
3. Jhon J. Longkutoy, beropini bahwa komputer , yaitu pemecah duduk kasus atau pengolah data yang sanggup menghasilkan informasi yang diperlukan.

4. Donald H.Sanders , menyatakan bahwa komputer,  yaitu sistem elektronik untuk memanipulasi data yang cepat ,dan sempurna ,  serta dirancang dan diorganisasikan supaya secara otomatis mendapatkan dan menyimpan data input, memprosesnya dan menghasilkan output,  dibawah pengawasan suatu langkah-langkah instruksi-instruksi,  aktivitas yang tersimpan di memori.

5. V.C. Hamacher, Z.G. Vranesic. S.G. Zaky , menyatakan bahwa  komputer , yaitu mesin penghitung elektronik yang cepat , sanggup mendapatkan informasi input digital, memprosesnya sesuai dengan suatu aktivitas yang tersimpan,  di memorinya dan menghasilkan output informasi.

6. Gordon B. Davis Komputer yaitu tipe khusus alat penghitung , yang mempunyai sifat tertentu yang pasti.
  
7. William M.Fouri Komputer yaitu suatu pemroses data (data processor) , yang sanggup melaksanakan perhitungan besar dan cepat, termasuk perhitungan aritmatika yang besar atau operasi logika, tanpa campur tangan dari insan mengoperasikan selama pemrosesan.

8. Elias M Awad menyatakan bahwa komputer yaitu alat hitung,  yang memproses data yang disajikan dalam bentuk data diskret (digital),  dan data kontinyu (analog).

9. LarryLong & Nancy Long komputer yaitu alat hitung elektronik , yang bisa menginterpretasikan dan melaksanakan,  perintah-perintah terprogram untuk input, output, perhitungan , dan operasi-operasi logik.

10. June Parsons beropini bahwa komputer,  yaitu perangkat serba guna yg mendapatkan input, proses data, penyimpanan data, dan menghasilkan output, semua berdasarkan serangkaian aba-aba di simpan.


11. Garry b. Shelly & Randolph E. Gunter menyatakan bahwa komputer , merupakan perangkat elektronik, beroperasi di bawah kendali aba-aba di simpan dalam memori, yang sanggup mendapatkan data, mengelolah data sesuai dengan hukum yang ditetapkan, memproduksi hasil.

(source : reference)


5. Sekilas ihwal perintah atau instruksi


Salah satu fungsi dari sebuah komputer , selain yang sudah saya sebutkan diatas , yaitu komputer sanggup membuat dan menyebarkan suatu program. Nah , untuk membuat suatu aktivitas , dibutuhkan adanya perintah atau instruksi. Kita bisa contohkan perintah atau instruksi,  di dalam kehidupan  menyerupai :


  • Kalian disuruh oleh orang bau tanah kalian , beli sesuatu di pasar atau di warung.
  • Kalian mengerjakan kiprah , yang diberikan oleh guru atau dosen kalian.
  • Kalian diberi tugas, oleh bos atau atasan kalian , di dalam suatu pekerjaan.


 dan juga Aplikasi yang ada di perangkat Smartphone  Belajar Mengenal Apa itu Bahasa Pemrograman di Komputer
Contoh gambaran perintah atau instruksi


Dari ketiga teladan perintah atau aba-aba diatas ,kita bisa simpulkan bahwa , kita wajib atau harus melaksanakan perintah tersebut, dengan catatan itu wajib dan baik untuk kalian. Karena kalau tidak  , niscaya ada konsekuensinya. Itu saja,  mungkin sedikit citra ihwal contoh,  dari suatu perintah atau instruksi. Sekarang kita coba masukan kata jika dan maka, pada  ketiga teladan perintah atau aba-aba diatas. Menjadi menyerupai ini :



  • Jika orang bau tanah kalian memerintahkan untuk membeli sesuatu ,maka kalian akan segera melaksanakanya.
  • Jika guru atau dosen kalian memberi tugas, maka kalian akan segera mengerjakanya.
  • Jika bos atau atasan kalian memberi kiprah ,maka kalian akan segera menyelesaikanya.

Ketiga kalimat diatas ,adalah teladan bentuk respon secara logika , terhadap suatu perintah atau aba-aba ,yang ditujukan kepada kalian. 


6. Apa hubunganya dengan membuat suatu aktivitas ? 

Jika kita ingin berkomunikasi  dengan orang luar negeri , menyerupai orang jepang , kita harus bisa berbahasa jepang , atau juga berbahasa inggris sebagai bahasa international. Seperti yang kita tahu , komputer tidak sanggup mengerti bahasa manusia. Sebuah komputer , hanya sanggup mengerti bahasa mesin , atau bisa juga dibilang hanya bisa membaca bilangan biner(kombinasi 0 dan 1). Nah , semoga komputer sanggup mengerti dan memahami bahasa insan , perlu adanya suatu perintah atau instruksi, yang sanggup menghubungkan , antara user atau kita sebagai insan ,dengan komputer. Caranya yaitu dengan memakai bahasa ,yang dipakai untuk media komunikasi ,antara user dengan komputer. Inilah yang biasa kita kenal sebagai bahasa pemrograman.


Apa itu bahasa pemrograman ?

Bahasa pemrograman yaitu sekumpulan aba-aba atau perintah standar yang dipakai oleh programer atau user ,untuk komunikasi kepada sebuah mesin,  yang berjulukan komputer , untuk menjalankan dan menyebarkan suatu aktivitas aplikasi atau software.

 dan juga Aplikasi yang ada di perangkat Smartphone  Belajar Mengenal Apa itu Bahasa Pemrograman di Komputer
Aktivitas menulis baris code bahasa pemrograman atau disebut juga coding


Kaprikornus lewat bahasa pemrograman , kita sanggup memerintahkan komputer , untuk melaksanakan sesuatu berdasarkan apa yang kita perintahkan , kemudian menjalankan dan menciptakan  suatu aktivitas , menyerupai apa yang kita inginkan. 

Karena komputer ,ditemukan dan diciptakan berdasarkan alur logika atau ilmu niscaya , maka saat kita memerintahkan sesuatu ke komputer , maka komputer hanya akan memproses berdasarkan apa yang kita perintahkan. 

Seperti pada teladan kalimat ,yang memakai kata kalau dan maka tadi. Jika kita ketik A , maka komputer akan menampilkan A. Jika kita menjalankan B , maka komputer akan menjalankan B. Beda halnya , kalau terjadi kesalahan sistem  dari banyak faktor , yang menimbulkan komputer ,tidak sanggup melaksanakan atau menampilkan , berdasarkan apa yang kita perintahkan. Itu  pembahasaanya akan berbeda lagi.

Intinya yaitu memberi tahu komputer ,tentang apa yang ingin dilakukan.



7. Tingkatan Bahasa Pemrograman

Dari sekian banyak , bahasa yang tersedia. Terdapat 2 Tingkatan dasar bahasa pemrograman ,yang perlu kalian ketahui. 2 Tingkatan dasar itu ,  terdiri dari bahasa tingkat rendah dan dan bahasa tingkat tinggi :

 dan juga Aplikasi yang ada di perangkat Smartphone  Belajar Mengenal Apa itu Bahasa Pemrograman di Komputer
Perbandingan Bahasa tingkat tinggi dengan Bahasa tingkat rendah. (source: slideshare)

  • Bahasa Tingkat Rendah (Low Level Language)
Bahasa Tingkat Rendah yaitu sekumpulan kode instruksi  , yang berasal dari produsen komputer  ,yang mempunyai bentuk bilangan biner ,dengan kombinasi angka 0 dan 1 ,  dalam sebuah sistem komputer digital. Serta dirancang untuk menangani atau mengoperasikan ,semua perangkat keras (hardware) , yang mengelola arsitektur komputer. Kaprikornus fungsi utama dari bahasa tingkat rendah,  yaitu untuk mengoperasikan , mengatur dan menjalankan perangkat keras (hardware) , pada  komponen sistem , di dalam komputer, semoga sanggup dipakai oleh user atau pengguna. Terdapat dua bahasa  , yang termasuk ke dalam bahasa tingkat rendah,   yaitu bahasa mesin dan bahasa assembly.


  • Bahas Tingkat Tinggi (High Level Language)
Bahasa Tingkat Tinggi yaitu bahasa pemrograman yang kita kenal kini , dan juga yang biasa kita gunakan, untuk membantu kita sebagai insan ,dalam membaca ,menulis atau merawat. Ini juga termasuk bahasa generasi ketiga ,yang dipakai dan di jalankan hingga kini , oleh banyak programmer. Contoh bahasa pemrograman , yang termasuk ke dalam bahasa tingkat tinggi , pada jaman dahulu , menyerupai : FORTRAN ,C, dan PASCAL. Dari situlah muncul , banyak bahasa pemrograman gres ,yang kita kenal dan gunakan hingga sekarang.




8. Macam-Macam Contoh Penggunaan Bahasa Pemrograman 

Terdapat banyak sekali ,macam-macam bahasa pemrograman ,yang sanggup kita pelajari. Diantaranya ,pastinya ada beberapa yang kita kenal dan gunakan. Seperti macam-macam teladan penggunaan bahasa pemrograman berikut :


 dan juga Aplikasi yang ada di perangkat Smartphone  Belajar Mengenal Apa itu Bahasa Pemrograman di Komputer
Macam-macam bahasa pemrograman ,yang telah dipakai di sekitar kita.

  • Windows  OS
Sistem Operasi terpopuler 1 juta umat ,yang biasa kita gunakan ini,  ditulis memakai bahasa pemrograman adonan menyerupai : C, C++, and C#.

  • Linux  OS
Sistem Operasi ,yang termasuk ke dalam open source , atau bebas di kembangkan dan gratis ini ,  memang hanya beberapa kalangan tertentu saja yang menggunakanya. OS ini juga ditulis memakai bahasa pemrograman adonan menyerupai : C and C++ .

  • Mac OS
Sistem Operasi .yang biasa dipakai oleh kalangan atas ,seperti programmer atau designer ini, ditulis memakai bahasa pemrograman utama Objective-C.

  • Aplikasi Android
Sistem Operasi untuk mobile ,yang terkenal oleh jutaaan user atau pengguna ini. Pada tiap Aplikasi nya   secara native , ditulis dan dikembangkan memakai bahasa pemrograman Java dan Kotlin.

  • Aplikasi iPhone
Sistem Operasi untuk mobile ,yang terkenal alasannya logo corak apple di belakang perangkatnya ini . Pada tiap Aplikasinya  secara native,   ditulis dan dikembangkan memakai bahasa pemrograman  Objective-C dan Swift.

Selengkapnya , kalau kalian ingin melihat list atau daftar bahasa pemrograman,  bisa kunjungi halaman disini.




Everybody in this country should learn to aktivitas a computer, because it teaches you how to think
-Steve Jobs





Baca juga : 7 Bahasa Pemrograman Terpopuler yang Banyak dibutuhkan di 2018



Sumber https://www.okedroid.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Belajar Mengenal Apa Itu Bahasa Pemrograman Di Komputer"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close