Pengertian Perubahan Evolusi Dan Revolusi

Perubahan Evolusi dan Revolusi
Perubahan sosial budaya sanggup dilihat menurut cepat lambatnya perubahan berlangsung. Berdasarkan pandangan inilah ditemukan dua bentuk perubahan sosial budaya, yaitu perubahan yang berlangsung usang dan perubahan yang berlangsung cepat. Dalam sosiologi dikenal dengan evolusi dan revolusi.

Perubahan Revolusi
Perubahan revolusi merupakan perubahan yang berlangsung secara cepat tanpa adanya kehendak atau perencanaan sebelumnya.
Perubahan-perubahan mengenai sendi-sendi pokok kehidupan masyarakat atau forum kemasyarakatan itu berlangsung secara cepat.
Perubahan revolusi sanggup direncanakan atau tidak direncanakan. Cepat tidaknya laju perubahan revolusi sangatlah relatif.
Suatu revolusi sanggup makan waktu yang lama, contohnya Revolusi Industri yang dimulai di Inggris. Pada ketika itu terjadi perubahan-perubahan dari tahap produksi tanpa mesin menuju tahap produksi dengan memakai mesin.
Perubahan tersebut dianggap revolusi alasannya mengubah sendi-sendi pokok dari kehidupan masyarakat, ibarat sistem kekeluargaan, serta hubungan antara buruh dan majikan.
Terjadinya perubahan revolusi diawali adanya ketegangan atau konflik dalam badan masyarakat
yang bersangkutan. Revolusi tidak sanggup terjadi pada setiap situasi dan kondisi masyarakat.

Perubahan Evolusi
Perubahan evolusi yakni perubahan-perubahan sosial budaya yang terjadi dalam proses lambat, dalam waktu yang usang dan terdapat suatu rentetan perubahan-perubahan kecil yang mengikutinya.
Perubahan evolusi terjadi dengan sendirinya tanpa suatu planning atau kehendak tertentu dari masyarakat yang bersangkutan.
Perubahan evolusi terjadi alasannya adanya dorongan dari perjuangan masyarakat untuk mengikuti keadaan terhadpap kebutuhan-kebutuhan hidup terhadap perkembangan masyarakat pada waktu tertentu.

Contoh, suatu masyarakat pada masa tertentu bentuknya sangat sederhana, tetapi seiring dengan perkembangan zaman masyarakat bermetamorfosis lebih kompleks dan maju.
Tahapan perubahan itu berlangsung secara siklus dan berulangulang. Sebagaimana tampak pada perubahan sosial budaya dari masyarakat berburu meramu menuju masyarakat bertani.

Syarat-syarat perubahan revolusi

Terjadinya revolusi harus memenuhi syarat-syarat tertentu. Berikut ini syarat-syarat terjadinya revolusi.

  • Keinginan umum untuk mengadakan suatu perubahan. Dalam masyarakat harus ada perasaan tidak puas terhadap keadaan dan harus ada harapan untuk mencapai perbaikan serta perubahan keadaan.
  • Adanya pemimpin atau sekelompok orang yang bisa memimpin masyarakat.
  • Pemimpin tersebut sanggup menampung keinginan-keinginan merumuskan serta menegaskan rasa tidak puas dari masyarakat untuk dijadikan jadwal dan arah bagi gerak masyarakat.
  • Pemimpin tersebut harus sanggup menunjukkan suatu tujuan pada masyarakat. Artinya bahwa tujuan tersebut bersifat nyata dan sanggup dilihat oleh masyarakat. Selain itu, diharapkan juga suatu tujuan yang abstrak, contohnya perumusan suatu ideologi.
  • Ada momentum untuk revolusi, yaitu suatu kondisi ketika segala keadaan baik sekali untuk memulai gerakan revolusi. Apabila momentum (pemilihan waktu yang tepat) yang dipilih keliru, maka revolusi sanggup gagal.


Contohnya, insiden terjadinya revolusi industri di Inggris, di mana terjadi pada tahap produksi yang  awalnya tanpa mesin, berubahn menuju tahap produksi memakai mesin.


Pustaka : IPS, Hal : 104-105, Penerbit : Pusat perbukuan departemen Pendidikan Nasional, Penulis :Sutarto
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Perubahan Evolusi Dan Revolusi"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close