10+ Tips Cara Merawat Pc Dan Laptop Biar Baka Dan Tahan Lama

PC atau Komputer dan Laptop, di jaman modern dikala ini, bukan menjadi barang glamor atau canggih ,sebab kini hampir semua orang memilikinya ,sering kita gunakan untuk aktivitas sehari-hari ,entah itu untuk pekerjaan ,belajar ,hoby ,dan lain-lain. Namun ,kita cenderung lupa atau lalai untuk merawat Komputer atau Laptop kita ,dengan seringnya kita menggunakanya setiap hari.

Bagi user atau pengguna ,yang memahami  tentang dunia IT ,mungkin sudah paham dan mengerti ,tentang bagaimana merawat Komputer dan Laptop dengan baik dan benar. Beda halnya ,jika user atau pengguna orang awam ,yang tidak memahami wacana dunia IT ,dan hanya sekedar menggunakanya ,tanpa peduli wacana perawatan Komputer atau Laptop biar berumur panjang. 

 bukan menjadi barang glamor atau canggih  10+ Tips Cara Merawat PC dan Laptop Agar Awet dan Tahan Lama
Pada dasarnya sih ,Komputer dan Laptop merupakan perangkat elektronik ,yang dimana infinit dan tidaknya itu tergantung situasi dan kondisi ,dari segi penggunaan ,atau daya tahan perangkat elektronik itu sendiri. Makara tidak ada jaminan ,kita membeli perangkat elektronik bermerk, yang sudah punya nama besar,perangkat elektronik itu dapat awet. Karena infinit dan tahan usang itu tergantung dari banyak faktor.








Akan tetapi dengan mengikuti beberapa tips perawatan kali ini ,setidaknya kita dapat mengurangi resiko terjadinya kerusakan, baik dari segi Komponen Hardware  di dalam Komputer atau Laptop , atau di Sistem Operasi (Software), Agar Komputer dan Laptop kita Awet dan juga tahan lama. Selengkapnya ,berikut mari kita simak lebih lanjut :





1.  Membersihkan debu di dalam Komponen PC dan Laptop

Untuk PC atau Komputer ,kalian dapat membersihkan debu atau kotoran,  yang melekat pada Komponen Hardware  di dalam casing, dengan memakai kuas dan tisu. Kebanyakan debu banyak bersarang di dalam HSF (Heatsink Fan) ,dan Motherboard. Bersihkan secara terpola ,seperti seminggu 1x ,atau 1 bulan 1x, tergantung penggunaan,yang niscaya harus rutin membersihkanya. Untuk Laptop juga sama saja, hanya mungkin kita dapat membersihkanya sedikit lebih ringan, dapat lewat sela-sela keyboard ,layar ,dan debu-debu kecil ,yang melekat di dalam Laptop kita.


2. Disarankan memakai Casing Gaming untuk PC atau Komputer

Untuk yang mempunyai PC atau Komputer ,sebenarnya ini sifatnya opsional ,namun kalau kita membandingkan Casing Gaming dengan Casing biasa ,fitur dan keunggulanya sangat berbeda sekali. Dengan memakai Casing Gaming ,kita dapat menjaga airflow , biar suhu Komponen Hardware di dalam Casing ,bisa terjaga dengan baik. Cable Management ,dengan fitur ini ,kabel-kabel yang terpasang dapat tertata rapi, di balik casing.  Side Panel ,jadi kita dapat melihat Komponen Hardware kita dari luar ,dengan kaca akrilik.


3. Menggunakan 2 Buah  Fan Casing

Lanjutan dari tips no 2 ,setelah kita memakai Casing Gaming ,untuk PC atau Komputer kita biar airflow terjaga ,kita dapat membeli dan memasang 2 buah Fan Case ,di dalam Casing Gaming kita. 1 Fan Case untuk exhaust ,yang dimana untuk mengeluarkan udara panas ,dari dalam casing ke luar ,kebanyakan di pasang di pecahan belakang dan atap Casing. 1 Fan case untuk intake ,untuk mengalirkan udara ke dalam casing ,kebanyakan di pasang di pecahan depan. Kalian juga dapat membeli dan memakai lebih dari 2 buah Fan Casing ,sesuaikan saja dengan kebutuhan kalian. Ini juga mempunyai kegunaan kalau kalian tidak memakai AC, di ruangan kalian.



4. Menggunakan Cooler Fan Laptop

Untuk Laptop ,kalian dapat memakai Cooler Fan ,untuk menjaga suhu ,dan mencegah terjadinya overheat(panas yang berlebihan)  ,pada Laptop kalian. Harganya relatif murah ,dari harga 20 ribuan hingga 100 ribuan ,pastinya sesuaikan saja dengan kebutuhan kalian.


5 . Menggunakan Thermal Pasta 

Untuk PC atau Komputer ,untuk mencegah Processor kalian overheat ,kalian dapat memakai Thermal Pasta ,yang berkualitas dan tahan lama. Penggunaan Thermal Pasta yang berkualitas ,umumya dapat tahan usang dari rentang waktu 6 bulan hingga 1 tahun. Tapi ,balik lagi tergantung penggunaan. Pastikan kalian mengeceknya tiap beberapa bulan sekali , apakah thermal pasta kalian sudah kering atau tidak. Jika sudah kering ,kalian dapat membersihkanya dengan tisu ,lalu menggantinya dengan Thermal Pasta yang baru. Kalian juga dapat menerapkanya di Laptop ,jika Laptop kalian gampang untuk di buka dan dibongkar ,dalemanya.



6. Mengecek Suhu Temperature dengan Software

Untuk Komputer dan Laptop ,kalian dapat mengecek suhu Temperature, dengan memakai Software. Kalian dapat menggunakanya untuk mengecek ,Apakah Komputer atau Laptop kalian overheat atau tidak. Sebenarnya aneka macam software untuk cek Suhu Komputer dan Laptop ,kalian dapat menggunakan, Speccy , RealTemp, HwMonitor, dan masih banyak lagi. Umumnya , untuk Komputer berprocessor Intel ,jika suhu temperature, lebih dari 90 derajat , berarti Processor tersebut mengalami overheat.



7. Menggunakan Software Utility di Komputer dan Laptop

Software Utility yakni perangkat lunak untuk utilitas ,yang multi fungsi dan ditujukan untuk perawatan ,memperbaiki ,dan meningkatkan kinerja dari performa Komputer dan Laptop. Salah satu Software Utility yang recomended , yaitu Advanced System Care dari IObit, kalian dapat memakai  versi gratisnya. Software ini , dilihat dari segi fitur dan keunggulanya ,sangat lengkap ,dibandingkan dengan Software Utility lainya.



8. Menggunakan Stabilizer dan UPS yang bagus

Ini mungkin salah satu hal , yang mungkin disepelekan bagi banyak orang. Dengan memakai stabilizer, kita dapat menstabilkan tegangan arus listrik ,yang berasal dari PLN. Menurut rujukan dan pengalaman ,banyak orang yang tidak memakai Stabilizer, lantaran arus yang tidak stabil , karenanya  salah satu Komponen Hardware Komputer menjadi korbanya. Dengan memakai UPS ,kita dapat menyimpan daya sementara ,ketika mati listrik (mati lampu) ,jadi kita dapat mematikan (shutdown) Komputer kita dengan normal. Menggunakan UPS ,harus menyesuaikan kebutuhan daya pada Komputer kita.


9. Menggunakan Baterai ketika di Charge pada Laptop

Saat kita ,menggunakan Laptop ,mungkin masih banyak sebagian orang  , yang melepas baterainya ,saat di Charge. Sebenarnya ini sangat tidak dianjurkan ,ada banyak faktor kenapa kita harus, memakai Baterai meskipun Laptop kita sedang di Charge. 


10. Menggunakan Komputer sesuai dengan Kebutuhan

Pastikan kalian memakai Komputer ,sesuai dengan kebutuhan kalian ,jika tidak sedang dipakai ,apalagi kalau kalian ingin pergi. Sebaiknya ,kalian matikan saja Komputer kalian ,lalu cabut kabel dari Stop Kontak Listrik. Ini untuk mencegah ,hal-hal yang tidak diinginkan.


11. Mematikan Komputer dan Jaringan Internet dikala Hujan Besar

Untuk mencegah tersambarnya petir ,disarankan untuk Mematikan Komputer dan Jaringan Internet dikala terjadinya Hujan Besar ,beserta Petir dan Kilat. Apalagi ,jika di tempat rumah kalian rawan terjadinya petir dan kilat.


12. Memilih PSU yang Pure dan bersertifikat 80+

Untuk PC atau Komputer ,agar Komponen Hardware kita infinit dan berumur panjang ,pastikan kalian membeli dan menentukan PSU (Power Supply) yang pure dayanya ,serta mempunyai akta 80+. PSU  yang abal-abal atau kaleng, cenderung menyuplai daya yang tidak sesuai ,dan merusak Komponen Hardware pada Komputer kita. Untuk melihat Merk PSU mana yang sudah mendapat akta 80 +, kalian dapat mengunjungi Situs 80 plus List . Untuk sementara, kalau kalian memakai PSU bawaan casing ,itu tidak problem ,tapi alangkah baiknya ,jika sudah punya budget , kalian sebaiknya berpindah ke PSU yang pure dan 80+. Ini juga diharapkan untuk kebutuhan Upgrade, Komputer kalian nantinya.


Sekian ,kurang lebih itu saja , beberapa Tips untuk perawatan Komputer dan Laptop. Balik lagi ,umur perangkat elektronik itu, tidak ada yang tahu ,tapi setidaknya, dengan tips diatas ,kita dapat mengurangi terjadinya kerusakan pada Komputer dan Laptop kita ,Agar Awet dan Tahan Lama
Show comments
Hide comments

0 Response to "10+ Tips Cara Merawat Pc Dan Laptop Biar Baka Dan Tahan Lama"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close