Belajar Mengenal Perbedaan == Dan .Equals() Di Kegiatan Java

Sebagian dari kalian ,pasti sering memakai method .equals() , dan operator (==) , untuk membandingkan kesamaan  nilai pada  kedua variable. Keduanya memang mempunyai fungsi yang sama ,tapi terdapat beberapa perbedaan ,jika kita pelajari lebih dalam lagi. 

Salah satu perbedaan , yang paling utama dari keduanya, yaitu  kalau (==) yaitu salah satu jenis operator relasi , yang dipakai untuk , perbandingan referensi (perbandingan alamat lokasi memori) ,yang intinya untuk tipe data primitif ibarat int , long , double ,dan lain sebagainya. 

Sedangkan method .equals() , yaitu salah satu method ,yang dipakai untuk membandingkan nilai objek sebenarnya(perbandingan konten) , yang berasal dari class Object (java.lang.Object) , yang merupakan induk dari semua class di java. 


 Keduanya memang mempunyai fungsi yang sama  Belajar Mengenal Perbedaan == dan .equals() di Program Java


Pada artikel berguru java kali ini , kita akan mencoba mengenal perbedaan referensi penggunaan operator  == dan  method .equals() , memakai bahasa pemrograman java. Selengkapnya ,berikut mari kita simak lebih lanjut :



1. Pertama buka IntelliJ IDEA ,atau Software IDE lain yang kalian gunakan , di Komputer atau Laptop kalian.



2.  Kalian sanggup perhatikan Contoh code ,beserta penjelasanya di bawah:



Contoh Code :


 Keduanya memang mempunyai fungsi yang sama  Belajar Mengenal Perbedaan == dan .equals() di Program Java
Contoh Code



Output :

 Keduanya memang mempunyai fungsi yang sama  Belajar Mengenal Perbedaan == dan .equals() di Program Java
Output Hasil


Penjelasan :


Contoh perbedaan penggunaan operator  == dan  method .equals() dari referensi code aktivitas di atas , kalian sanggup perhatikan pada gambar di bawah:



 Keduanya memang mempunyai fungsi yang sama  Belajar Mengenal Perbedaan == dan .equals() di Program Java
Contoh Perbandingan Penggunaan Operator == ,dengan method equals()


Pada referensi code aktivitas di atas ,kita menginisialisasi nilai "okedroid" , pada variable kata1 ,kata2, dan kata3 , dengan tipe data String.


Selanjutnya , dengan memakai operator ==,  pada perbandingan baris code  System.out.println(kata1 == kata2); , akan menghasilkan nilai false ,dikarenakan kata1  mempunyai lokasi memori yang berbeda , dengan kata2. Meskipun kedua variable , mempunyai nilai atau value yang sama.  Serta nilai objek ini , disimpan ke string pool

Pada baris code selanjutnya , yaitu System.out.println(kata3 == kata4); , akan menghasilkan nilai true. Dikarenakan pada baris code  String kata4 = kata3; ,kita telah mereferensikan lokasi memori yang sama pada variable kata3 ke kata4. Serta nilai objek ini juga , disimpan ke string pool.


Selanjutnya , dengan memakai method equals() , pada baris code  System.out.println(kata1.equals(kata2)); , dan  System.out.println(kata1.equals(kata3)); ,akan menghasilkan nilai true. Dikarenakan kata1 , kata2 ,dan kata3 , mempunyai nilai value yang sama, meskipun lokasi memorinya berbeda. Serta nilai objek ini , disimpan ke memori heap.

Baca juga  : Belajar Mengenal Perbedaan Alokasi Memori Stack vs Heap di Java

Point :

  • Operator (==) : Pada dasarnya ,digunakan untuk tipe data primitif , membandingkan lokasi memori , pada objek. 
  • Method equals() : Pada dasarnya , dipakai untuk tipe data referensi , ibarat class String, membandingkan nilai kasatmata pada objek.


Baca juga :   Contoh Penggunaan Method hashCode() dan equals() di Program Java

Show comments
Hide comments

0 Response to "Belajar Mengenal Perbedaan == Dan .Equals() Di Kegiatan Java"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close