Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018 / 1439 H

JADWAL IMSAKIYAH  RAMADHAN 2018
Marhaban Ya Ramadhan 2018 / 1439 H. Sebelum membahas jadwal imsak atau imsakiyah puasa Ramadhan 2018, berikut ini disajikan sekelumit pengertian imsak dan imsakiyah.

Pengertian imsak atau Istilah Imsak atau IMSAKIYAH diambil dari bahasa Arab yaitu amsaka yumsiku imsak yang berarti menahan. Jadi, dari pengertian menahan, berarti waktu imsak yakni waktu dimulainya untuk menahan segala hal yang membatalkan puasa. Tetapi, di dikala imsak masih diperbolehkan untuk makan dan minum, selama belum memasuki waktu subuh. Sayangnya, secara istilah yang umum dipahami mengenai pengertian imsak yakni dikala seseorang harus memulai untuk berhenti makan sahur biar tidak terlewat hingga masuk subuh. Pengertian tersebut kuranglah tepat.



Imsak (Imsakiyah) sebenarnya memiliki arti menahan diri dari hal-hal yang membatalkan puasa dari waktu Subuh hingga waktu Maghrib. Dengan kata lain sebelum waktu adzan Subuh dikumandangkan, umat muslim masih diperbolehkan untuk makan dan minum. Tapi dilarang lewat dari waktu Subuh.

JADWAL IMSAKIYAH  PUASA RAMADHAN 2018 / 1439 H

Jadi, ketika Anda berdiri untuk makan sahur tapi waktu sudah sangat erat dengan waktu adzan subuh, dan radio, masjid, serta televisi sudah menyatakan imsak, tidak usah khawatir. Karena bahwasanya Anda masih punya waktu 10 menit lagi untuk makan sahur. Manfaatkanlah waktu itu dengan makan dan minum.

Pergunakanlah 10 menit itu untuk makan sahur biar puasa di siang hari Anda tidak akan terasa berat. Sabda Rasulullah SAW, “Senantiasalah umatku berada dalam kebaikan (Puasa) selama mereka menyegerakan berbuka dan melambatkan sahur.” (HR. Imam Ahmad dari Abu Zarr ra)

Diriwayatkan oleh Ahmad dalam musnadnya, bahwasannya Nabi saw. bersabda, “Ummatku senantiasa dalam kebaikan selama mereka menyegerakan berbuka dan melambatkan sahur,” (H.R. Imam Ahmad dari Abu Zarr r.a.).

JADWAL IMSAKIYAH  PUASA RAMADHAN 1439 H (2018)



Ketentuan waktu imsak sebagai ihtiyath (kehati-hatian) ini didasarkan hadis Rasul yang diriwayatkan dari Sayyidina Anas: Sayyidina Zaid bin Tsabit r.a. berkata, “Kami telah makan sahur gotong royong Junjungan Nabi Saw., lalu baginda berdiri mengerjakan salat. Sayyidina Anas bertanya kepada Sayyidina Zaid, ‘Berapa lamanya antara azan (Subuh) dengan waktu makan sahur itu?’ Dia menjawab, ‘Sepadan dengan waktu yang diharapkan untuk  membaca 50 ayat.’”
Hadis ini mengatakan bahwa jarak atau interval waktu antara bersahurnya Rasul saw. dan azan Subuh yakni kira-kira 50 ayat. Itu artinya Rasul saw. tidak lagi makan sahur hingga berkumandangnya azan subuh. Pada redaksional hadis disebutkan secara terang bahwa Rasul saw. bersahur dan berhenti kira-kira waktu yang diharapkan untuk membaca 50 ayat Quran sebelum masuk waktu subuh. Inilah yang dipahami oleh para ulama kita, sehingga menetapkan sunnah berimsak sekitar waktu yang diharapkan untuk pembaca 50 ayat Quran tersebut yang diperkirakan setara dengan 10–15 menit.

Sebelum sebagai pengetahuan berikut ini kriteria dalam cara menentukan Jadwal Sholat serta Jadwal Imsak / Imsakiyah  menurut Kementerian Agama Republik Indonesia, adalah:
1) Imsak 10 menit sebelum waktu Subuh.
2). Subuh  dikala Matahari berada pada sudut -20° di bawah horizon Timur ditambah ihtiyati 2 menit.
3) Syuruq / Terbit  dikala Matahari terbit dikurangi ihtiyati 2 menit.  
4) Dhuha dikala Matahari berada pada sudut 4,5° di atas horizon sehabis terbit ditambah ihtiyati 2 menit.
5) Zuhur  dikala Matahari melintas Meridian (zawal/istiwa/noon) ditambah ihtiyati 2 menit.
6) Ashar  dikala panjang bayangan Matahari = panjang benda + panjang bayangan benda waktu Zuhur ditambah ihtiyati 2 menit.
7) Maghrib  dikala Matahari terbenam ditambah ihtiyati 2 menit.
8) Isya'  dikala Matahari berada pada sudut -18° di bawah horizon Barat ditambah ihtiyati 2 menit

Berikut ini Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018 atau 1439 H untuk Seluruh Kota di Indonesia (Silahkan Anda sesuaikan Lokasi sesuai tempat tinggal Anda dengan menentukan pada tanda Segi Tiga).


Berikut ini Jadwal Imsakiyah dan Sholat Lima Waktu untuk seluruh wilayah kabupaten/kota di Indonesia. (Silahkan Anda sesuaikan Lokasi sesuai tempat tinggal Anda dengan menentukan pada tanda Segi Tiga)




Silahkan bandingkan Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018 M / 1439 H di atas dengan jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan (Jadwal Shalat) versi Republika di bawah ini untuk memastikan ketepatan waktu. (Pilih Kota tempat tinggal Anda pada kotak yang tersedia).



Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan menyerupai halnya Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018 M atau 1439 H memang sering dicari terutama dikala menghadapi pelaksanaan shaum ramadhan. Biasanya Jadwal ini dipakai untuk persiapan sahur dan buka puasa, sebab jadwal buka puasa atau sahur yang sempurna sesungguhnya sering dikumandangkan di mesjid-mesjid atau mushola di tempat kita berada. Selain itu jadwal yang resmi juga terkadang harus menunggu keputusan menteri agama terkait Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018. 


Berikut Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018 M atau 1439 H untuk wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI)






Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018 M atau 1439 H (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Bandung dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI)



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018 M atau 1439 H untuk wilayah Semarang dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI)



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018 M atau 1439 H (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Yogyakarta dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI)



Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018 M atau 1439 H untuk wilayah Surabaya (Jawa Timur) dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI)




Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018 M atau 1439 H (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Serang (Banten) dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI)




Berikut  Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018 M atau 1439 H (Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018) untuk wilayah Pandeglang (Banten) dan sekitarnya (Catatan keputusan Penetapan 1 Ramadhan 1439 H / 2018 masih menunggu keputusan Menteri Agama RI)





Bagi kawasan yang belum tercetak, Silahkan cetak sendiriDimana kita mencetak atau mendapat Jadwal Puasa Ramadhan 2018 / 1439 H yang akurat ? Salah satunya sanggup kita temukan di laman sihat Kementerian Agama yakni https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsyakiyah. Bagaimana CARA MEMBUAT JADWAL IMSAKIYAH  PUASA RAMADHAN 2018 / 1439 H pada laman sihat kemenag ? Jika Jadwal Sudah dirilis berikut ini Cara menciptakan Jadwal Imsakiyah  Puasa Ramadhan 2018 / 1439 H pada laman resmi Kementerian Agama Republik Indonesia.


CARA MEMBUAT JADWAL IMSAKIYAH  PUASA RAMADHAN 2017 / 1438 H

Pertama Anda masuk ke laman https://bimasislam.kemenag.go.id/jadwalimsyakiyah atau DISINI. Kemudian isi Propinsi, Kota dan Tahun menyerupai yang tampak pada gambar di bawah ini. Setelah Anda mengisi Propinsi, Kota dan Tahun lalu Pilih Tampilkan Jadwal Imsakiyah.


Bagi Anda yang ingin memcoba menciptakan Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018 dengan memakai excel, silahkan download APLIKASI JADWAL IMSAKIYAH PUASA RAMADHAN 1438 (2017) UNTUK SELURUH KOTA DI INDONESIA (VERSI EXCEL) DISINI


Demikian informasi jadwal Imsak atau Imsakiyah dan Buka Puasa Ramadhan 2018 1439H  bebera kota di Indonesia. Mudah-mudahan bermanfaat. Amiin.

Jadual / Jadwal imsakiyah Puasa Ramadhan 2017, Jadual / Jadwal imsakiyah Puasa Ramadhan 1438,  Jadwal imsakiyah Puasa Ramadhan 2017. Jadwal imsakiyah Puasa Ramadhan 1438, Jadwal Imsakiyah Ramadhan 2017, 2018, 2019, 2020






= Baca Juga =



Show comments
Hide comments

0 Response to "Jadwal Imsakiyah Puasa Ramadhan 2018 / 1439 H"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close