Pengertian Penemuan Dan Kreatif Secara Umum

Pengertian penemuan dan pengertian kreatif berbeda, namun mempunyai kesamaan. Secara umum, Pengertian Inovasi adalah melakukan proses pembaharuan/pemanfaatan/pengembangan dengan membuat hal gres yang berbeda dengan sebelumnya. Sedangkan Secara umum, Pengertian Kreatif adalah kemampuan mengembangkan/menciptakan inspirasi dan cara gres yang berbeda dari sebelumnya. Jika dilihat pengertian keduanya sama saja, namun jikalau diamati terdapat perbedaan diantaranya. Berikut pembahasan mengenai penemuan dan kreatif.

A. Kajian Inovasi

1. Pengertian Inovasi
Inovasi yaitu proses pembaharuan/pemanfaatan/pengembangan dengan membuat hal gres yang berbeda dengan sebelumnya. Inovasi juga sanggup diartikan penemuan gres dalam teknologi atau kemampuan dalam memperkenalkan temuan gres yang berbeda dari yang telah ada sebelumnya. Orang yang melaksanakan penemuan disebut dengan inovator. Inovasi harus lah bermanfaat bagi sang inovator atau orang lain. Inovasi dibedakan menjadi dua macam antara lain sebagai berikut...
  • Inovasi yang terjadi alasannya yaitu sengaja (invention) : Inovasi invention yaitu proses munculnya suatu hal gres dari kombinasi hal-hal usang yang telah ada. 
  • Inovasi yang terjadi tanpa sengaja  (discovery) : Inovasi discovery yaitu penemuan hal baru, baik berupa alat ataupun gagasan. Discovery sanggup menjadi invention, saat masyarakat mengakui dan sanggup memanfaatkan hasil penemuan tersebut. 
2. Syarat-Syarat Inovasi
Dari pengertian penemuan yang terdapat diatas, sesuatu yang sanggup dikatakan inovatif saat memenuhi beberapa syarat, antara lain sebagai berikut,... 
  • Baru 
  • Berbeda dari sebelumnya atau yang telah ada
  • Memberikan manfaat bagi inovator dan orang lain
3. Ciri-Ciri Inovasi
Terdapat 4 ciri-ciri penemuan antara lain sebagai berikut..
  • Memiliki ciri khusus
  • Memiliki unsur pembaharuan
  • Program penemuan melalui aktivitas yang terencana 
  • Memiliki tujuan
4. Pengertian Inovasi Menurut Definisi Para Ahli
Dalam pengertian inovasi, terdapat beberapa jago yang mendefinisikan pengertian penemuan antara lain sebagai berikut...
  • Everet M. Rogers : Menurut Everet M. Rogers, pengertian penemuan yaitu gagasan, ide, rencana, praktek atau benda yang diterima dan disadari sebagai hal yang gres dari seseorang atau kelompok untuk di implementasikan atau diadopsi. 
  • Stephen Robbins : Menurut Stephen Robbins, pengertian penemuan yaitu gagasan atau inspirasi gres yang diterapkan untuk memperbaiki suatu produk atau jasa 

B. Kajian Kreatif

1. Pengertian Kreatif
Kreatif adalah kemampuan mengembangkan/menciptakan inspirasi dan cara gres yang berbeda dari sebelumnya. Sedangkan Pengertian Kreativitas adalah kemampuan seseorang untuk membuat hal baru, barik berupa gagasan, karya nyata, dalam bentuk aptitude atau non aptitude, kombinasi dari hal yang telah ada atau relatif berbeda dari yang telah ada sebelumnya. Kreativitas merupakan naluri yang ada semenjak lahir namun, kreativitas tidak sanggup berkembang dengan sendirinya, tetapi membutuhkan rangsangan dari lingkungannya.

2. Ciri-Ciri Kreativitas
Terdapat beberapa ciri-ciri kreativitas antara lain sebagai berikut.
  • Memiliki rasa ingin tahu yang luas dan mendalam
  • Memiliki daya imajinasi yang tinggi
  • Selalu menawarkan gagasan atau anjuran terhadap suatu masalah 
  • Melihat suatu duduk kasus dalam banyak sekali sudut pandang
  • Orisinal dalam ungkapan gagasan dan dalam pemecahan masalah 
3. Alat Ukur Kreativitas
Menurut Utami Munandar (2009:68-70) tes untuk mengukur kreativitas yaitu sebagai berikut...
  • Tes kreativitas lisan : Konstruksi tes kreativitas lisan menurut model struktur intelek dari guilford sebagai kerangka teoritis. Tes terdiri dari enam sib-tes yang semuanya mengukur operasi berfikir divergen
  • Tes kreativitas figuran (TKF) : Tes yang memungkinkan penyelesaian dalam waktu singkat dan sanggup diberikan dalam kelompok. Tes ini mengukur aspek kelancaran, kelenturan, orisinalitas, dan klarifikasi terperinci dari kemampuan berfikir kreatif. 
  • Skala perilaku kreatif : skala perilaku kreatif terdiri dari 32 butir pertanyaan yang disusun untuk siswa SD, dan Sekolah Menengah Pertama setiap pertanyaan dijawab "ya" atau "tidak". Tes dioperasikan dalam dimensi : keterbukaan dalam pengalaman baru, kelenturan dalam berfikir, kebebasan dalam ungkapan diri, menghargai fantasi, minat terhadap kegiatan kreatif, kepercayaan terhadap gagasan sendiri, dan kemampuan berdikari dalam memberi pertimbangan. 
  • Skala evaluasi anak berbakat oleh guru :  Tes yang terdiri dari 4 sub skala yang mengukur intelektual umum, motivasi, kreativitas, dan kepemimpinan
4. Pengertian Kreativitas Menurut Definisi Para Ahli
Dari pengertian kreativitas diatas, terdapat juga beberapa pendapat para jago yang mendefinisikan pengertian kreativitas antara lain sebagai berikut.
  • Widayatum : Menurut Widayatum, pengertian kreativitas yaitu suatu kemampuan untuk memecahkan masalah, yang menawarkan individu membuat ide-ide asli/adaptif fungsi kegunaan secara penuh untuk berkembang.  
  • Asep : Menurut Asep, pengertian kreativitas yaitu kemampuan seseorang untuk berpikir mencapai produk yang bermacam-macam dan baru, baik dalam bidang keilmuan, seni, sastra, dan bidang lainnya, dimana produk bisa diterima dan disukai oleh masyarakat sebagai sesuatu yang berguna
  • James R. Evans : Menurut James R. Evans, pengertian kreativitas yaitu keterampilan untuk memilih pertalian baru, melihat subjek perspektif baru, dan membentuk kombinasi-kombinasi gres dari dua konsep atau lebih konsep yang telah tercatat dalam pikiran. 
  • Santrock : Menurut Santrock, pengertian kreativitas yaitu kemampuan untuk memikirkan wacana sesuatu dalam cara gres dan tidak biasanya serta untuk mendapat solusi-solusi yang unik. 
  • Yatin Rianto (2012: 233) : Menurut Yatin Rianto, pengertian kreativitas yaitu sesuatu yang gres bagi diri sendiri dan tidak harus merupakan sesuatu yang gres bagi orang lain atau dunia pada umumnya,  
  • Semiawan (1987) : Menurut Semiawan, pengertian kreativitas yaitu kemampuan untuk menawarkan gagasan-gagasan gres dan menetapkannya dalam pemecahan masalah. 
  • Harris : Menurut Harris, pengertian kreativitas yaitu kemampuan, perilaku dan proses menghasilkan ide-ide gres dengan mengombinasikan, mengubah, atau menerapkan kembali ide-ide yang telah ada.   
  • Utami Munandar (1995: 25) : Menurut utami munandar, pengertian kreativitas yaitu suatu kemampuan umum untuk membuat suatu yang baru, sebagai kemampuan untuk menawarkan gagasan-gagasan gres yang sanggup diterapkan dalam pemecahan masalah, atau sebagai kemampuan untuk melihat hubungan-hubungan gres antara unsur-unsur yang sudah ada sebelumnya
  • Imam Musbikin (2006: 6) : Menurut imam musbikin, pengertian kreativitas yaitu kemampuan memulai ide, melihat kekerabatan baru, atau tak diduga sebelumnya, kemampuan memformulasikan konsep yang tak sekedar menghafal, membuat balasan gres untuk soal-soal ada, dan mendapat pertanyaan gres yang perlu di  jawab. 
  • Woolfook (1984) : Menurut Woolfook, pengertian kreativitas yaitu kemampuan individu untuk menghasilkan sesuatu (hasil) yang gres atau orisinil atau pemecahan masalah.  
  • Freedam (1982) : Menurut Freedam, pengertian kreativitas yaitu sebagai kemampuan untuk memahami dunia, menginterpretasi pengalaman dan memecahkan duduk kasus dengan cara yang gres dan asli. 
  • Selo Sumarjan : Menurut Selo Sumarjan, pengertian kreativitas yaitu kemampuan yang efektif dalam membuat sesuatu yang baru, yang berbeda dalam bentuk susunan, gaya, tanpa atau dengan mengubah fungsi pokok dari sesuatu yang dibentuk itu. 

C. Perbedaan Inovasi dan Kreatif

  • Kreativitas yaitu naluri semenjak lahir
  • inovasi sanggup muncul saat diasah dan dikembangkan terus menerus 
  • Kreativitas yaitu proses timbulnya ide-ide baru, sedangkan penemuan yaitu melakukan/mengimplementasikan inspirasi yang terdapat dalam kreativitas. 
  • Inovasi mengakibatkan inspirasi tersebut mendapat nilai komersil. 

D. Persamaan Inovasi dan Kreatif

Persamaan penemuan dan kreatif yaitu mengenai membuat ide-ide baru, gagasan baru, metode baru, cara gres dalam memecahkan duduk kasus dan peluang yang berbeda dari sebelumnya.


Demikian artikel sederhana mengenai pengertian Inovasi dan kreatif secara umum. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.

Pustaka
Riani, Asri Laksmi., dkk. 2005. Dasar-Dasar Kewirausahaan. Surakarta : UPT Penerbitan dan Percetakan UNS (UNS Press)
Sunaryo. 2002. Psikologi Untuk Keperawatan. Jakarta: EGC.
Munandar,Utami. 2004. Pengembangan Emosi dan Kreativitas. Jakarta ; Rineka Cipta
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Penemuan Dan Kreatif Secara Umum"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close