Perbedaan Spermatogenesis Dan Oogenesis

Pengertian Spermatogenesis dan Oogenesis 
Gametogenesis ialah proses sel kelamin jantan dan betina (gamet) dimana sperma dan ovum terbentuk, yang setiap dalam gonad laki-laki dan perempuan (testis dan ovarium). Gametogenesis terdiri dari dua jenis yaitu Spermatogenesis dan Oogenesis. Berikut pembahasan Spermatogenesis dan Oogenesis.

  1. Spermatogenesis - Spermatogenesis dalam arti luas ialah proses pembentukan dan pematangan sel benih laki-laki atau spermatozoa. Sehingga tujuan utama dari spermatogenesis ialah pembentukan sel benih yang jumlahnya 4 sperma fungsional.  Pembentukan Spermatogenesis dimulai dari tubulus seminiferus, yang sesuai dari jenis mereka yang bentuknya seolah-olah dengan mie kecil, lurus atau bengkok pada testis. Di bab dalam tubuhlus seminiferus dlapisi dengan sel Sertoli dan Spermatogonia. Sel-sel Sertoli disebut dengan "sel perawat" alasannya ialah mereka membantu dalam pengembangan sperma dengan memakan materi limbah dari spermatogenesis dan mengalahkan sel-sel melalui kanal-kanal tubulus. 
  2. Oogenesis - Pada dasarnya, Oogenesis ialah proses pembentukan ovum atau sel telur yang terjadi pada tubuh wanita. Tujuan utama dari Oogenesis ialah membentuk ovum dalam proses pembuahan atau reproduksi. Proses yang berlangsung di organ reproduksi wanita, yakni ovarium, dengan fungsi utama menghasilkan sel telur atau ovum. Pada prosesnya menghasilkan 1 ovum fungsional. Oogenesis terjadi pada spesies dengan reproduksi seksual, dan keseluruhan tahap belum matang sel telur. Untuk matang, sel telur melewati lima tahap pada mamalia. Oogonium, Oosit primer, Oosit sekunder, Ootid, dan Ovum
Umumnya spesies yang mengalami reproduksi seksual, sel telur mengandung setengah materi genetik dari individu dewasa. Reproduksi yang terjadi disaat sel telur dibuahi oleh gamet jantan, atau sperma. Sperma berisi setengah materi genetik dari individu yang matang, sehingga embrio yang dibuat oleh fertilisasi berisi set lengkap materi genenik, setengah sel telur dan setengah dari sperma.

 Pengertian Spermatogenesis dan Oogenesis Perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis

Perbedaan Spermatogenesis dan Oogenesis

  • Spermatogenesis ialah produksi sel sperma laki-laki, sedangkan Oogenesis ialah produksi ovum wanita
  • Pada vertebrata, Spermatogenesis terjadi di testis pria, sedangkan Oogenesis terjadi pada ovarium perempuan. 
  • Spermatogenesis dimulai di spermatosit primer, sedangkan Oogenesis dimulai dari Oosit Primer
  • Spermatogenesis menghasilkan empat spermatozoa fungsional dari spermatosit primer. Sedangkan Oogenesis menghasilkan ovum tunggal dari 3 tubuh polar Oosit primer. 
  • Pada Spermatogenesis, hasil sitokinesis dalam dua sel berukuran sama, sedangkan, pada Oogenesis, menghasilkan dua sel yang sangat tidak setara. 
  • Sel sperma tidak mengandung makanan, contohnya ovum (sel telur)
  • Sel-sel sperma jauh lebih kecil dari sel telur
  • Sel-sel sperma yang motil, sedangkan pada ovum ialah immotile
  • Spermatogenesis final sementara di testis. Sedangkan devisi pematangan sekunder Oogenesis terjadi di luar Ovarium atau saluran telur. 
  • Spermatogenesis dimulai di masa pubertas, sedangkan pada Oogenesis dimulai dari sebelum kelahiran, pada tahap perkembangan embrio
  • Spermatogenesis menghasilkan sel spermapada satu waktu, sedangkan pada hasil Oogenesis hanya satu ovum per bulan. 
  • Spermatogenesis melibatkan fase pertumbuhan pendek, sedangkan Oogenesis melibatkan fase yang panjang. 
  • Spermatogenesis terjadi secara terus menerus sesudah pubertas, sedangkan pada Oogenesis terjadi dalam rujukan siklik 
Demikian artikel singkat mengenai perbedaan spermatogenesis dan oogenesis. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.
Show comments
Hide comments

0 Response to "Perbedaan Spermatogenesis Dan Oogenesis"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close