Tes Potensi Akademik Uhamka (Soal Tes Masuk Uhamka)

TES POTENSI AKADEMIK UHAMKA (SOAL TES MASUK UHAMKA)

Soal Tes Masuk UHAMKA (Soal USM UHAMKA). Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA merupakan salah satu perguruan Tinggi Swasta yang cukup tinggi peminatnya. Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA (selanjutnya disebut UHAMKA) merupakan salah satu perguruan tinggi swasta milik Persyarikatan Muhammadiyah yang berkedudukan di Jakarta. Sebagai salah satu amal perjuangan Muhammadiyah, UHAMKA yakni perguruan tinggi berakidah Islam yang bersumber pada Al Alquran dan As-Sunah serta berasaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 yang melakukan kiprah caturdharma Perguruan Tinggi Muhammadiyah, yaitu menyelenggarakan pelatihan ketakwaan dan keimanan kepada Allah Swt. pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan dedikasi pada masyarakat berdasarkan tuntunan Islam.

UHAMKA yakni perubahan bentuk dari Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Muhammadiyah Jakarta dengan nama awal Perguruan Tinggi Pendidikan Guru (PTPG). PTPG ini diresmikan pada tanggal 25 Rabiul Awal 1377 H/18 November 1957 M, dengan para pendiri di antaranya yakni Arso Sosroatmodjo (Ketua) dan HS Prodjokusumo (Sekretaris). Sejalan dengan kebijakan pemerintah, pada tahun 1958 PTPG bermetamorfosis Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang menginduk kepada Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ). Pada tahun itu juga, FKIP dipercaya oleh Jawatan Pendidikan Agama, Kementerian Agama, untuk mendidik pegawainya semoga menjadi guru PGA yang bermutu. Pada tahun 1965, FKIP UMJ bangun sendiri dengan nama IKIP Muhammadiyah Jakarta (IKIP-MJ) dan pada tahun 1979 hingga dengan tahun 1990 menerima kepercayaan dari pemerintah untuk mengelola Program Diploma Proyek Pendidikan Tenaga Kependidikan. Selanjutnya tahun 1990 hingga tahun 1997 IKIP-MJ menerima kepercayaan untuk mengelola Program Pendidikan Guru SD (PGSD). Program D2 PGSD kemudian berlanjut hingga tahun 2007, bahkan pada tahun 2007 UHAMKA diberi kepercayaan untuk menyelenggarakan Program PGSD S1 Reguler maupun Program Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ), selain itu UHAMKA juga diberikan kepercayaan untuk melakukan Program Sertifikasi Guru dan Pendidikan Profesi Guru, kepercayaan ini sangat mengesankan dan membesarkan hati alasannya hanya diberikan kepada sedikit perguruan tinggi swasta di Indonesia yang jumlahnya sangat banyak. Para pengelola IKIP-MJ melihat bahwa IKIP Muhammadiyah Jakarta perlu ditingkatkan terus peranannya untuk turut serta menyediakan SDM yang berkualitas, baik di bidang kependidikan maupun non-kependidikan, Upaya yang ditempuh yakni mengkonversi IKIP Muhammadiyah Jakarta menjadi Universitas. Untuk itu dibuat Tim Konversi Universitas, yang diketuai oleh Prof. Drs. H. Sudarno Sinduwiryo, M.Ed. Setelah melalui aneka macam proses, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui Dirjen DIKTI Depdikbud menetapkan dan menetapkan perubahan bentuk IKIP-MJ menjadi Universitas Muhammadiyah Prof. DR. HAMKA dengan Keputusan Dirjen Dikti Depdikbud No. 138/DIKTI/Kep/1997, tanggal 30 Mei 1997.

Ada tiga jalur Penerimaan Mahasiswa Baru UHAMKA, yakni melalui Jalur Tes, Jalur Tanpa Tes dan Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK). Untuk Calon mahasiswa gres yang mengikuti penerimaaan mahasiswa melalui Jalur tes, perlu diketahui bahwa Materi Ujian Tes Masuk UHAMKA terdiri dari Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris.

Sebagaimana diketahui pelaksanaan Ujian atau seleksi masuk UHAMKA Jalur tes dilaksanakan dengan model Computer Based Test, sehingga naskah soal tidak ada naskah tulis/cetak. Bagi Adik-adik yang akan mengikuti seleksi masuk UHAMKA silahkan pelajari aneka macam model tes potensi akademik yang bisa diambil dari buku, dari try out UHAMKA, dari soal-soal Ujian Masuk Perguruan Tingi lainnya termasuk soal-soal SBMPTN khusus untuk materi TPA. Materi Uji TPA hampir sama dengan materi Uji TKPA pada naskah Ujian SBMPTN.


Latihan Soal Seleksi Mahasiswa Baru UHAMKA


Untuk adik-adik yang membutuhkan Soal Tes Masuk UHAMKA (Soal USM UHAMKA) atau Soal Latihan Tes Potensi Akademik UHAMKA, berikut ini admin bagikan teladan soal Tes Akademik dan Contoh Soal Bahasa Inggi yang dipakai pada seleksi masuk Perguruan Tinggi.

Download Contoh Soal Tes Potensi Akademik dan Pembahasan (disini)
Download Contoh Soal Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris (disini)
Download Contoh Soal Tes Potensi Akademik dan Bahasa Inggris (disini)

Demikian isu ihwal Soal Tes Masuk UHAMKA,  Soal Latihan Tes Potensi Akademik UHAMKA, Soal Latihan Baha Inggris UHAMKA, Soal Seleksi Mahasiswa Baru UHAMKA semoga bermanfaat. Selamat belajar, semoga sukses.





= Baca Juga =



Show comments
Hide comments

0 Response to "Tes Potensi Akademik Uhamka (Soal Tes Masuk Uhamka)"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close