Upaya Menanggulangi Persoalan Kesehatan

Masalah-masalah kesehatan perlu kita atasi dengan banyak sekali upaya atau cara biar kita sanggup beraktivitas dengan baik karna kalau kita sehat kita sanggup beraktivitas dengan baik. Adapun untuk mempermudah memahami Masalah Kesehatan Masyarakat yang sering terjadi, maka perlu dikelompokan menjadi:

  • Masalah sikap kesehatan, genetik, lingkungan dan pelayanan kesehatan berkesinambungan yang meningkat ke problem kesehatan ibu dan anak.
  • Masalah gizi dan bermacam-macam penyakit menular dan tidak menular. 
  • Masalah Kesehatan bisa terjadi pada masyarakat umum atau kelompok berisiko tinggi (bayi, balita dan ibu), Manula dan para pekerja.

Kesehatan masyarakat ialah ilmu dan seni dengan tujuan mencegah penyakit, memperpanjang hidup, mempromosikan kesehatan dan efisiensi dengan menggerakkan potensi seluruh masyarakat dan tenaga medis. Adapun konsep kesehatan masyarakat berafiliasi dengan perubahan sikap sehat akan lebih terbentuk dan bertahan usang bila dilandasi kesadaran sendiri dari masyarakat dan tenaga medis. Hal ini sejalan dengan konsep upaya sehat dari, oleh dan untuk masyarakat yang sempurna untuk diterapkan.
Cara lain yang sudah ditempuh oleh pemerintah, ialah dengan menyebarkan konsep Desa Siaga dengan memakai pendekatan, pengenalan dan pemecahan problem kesehatan dari, oleh dan untuk masyarakat itu sendiri. Peranan tenaga medis sebagai stimulator ditunjuk untuk memperlihatkan pembinaan penerapan Desa Siaga.
Kegiatan pembinaan Desa Siaga bertujuan untuk mengidentifikasi problem kesehatan masyarakat, dengan mengenalkan problem kesehatan dan penyakit yang banyak terjadi dalam lingkungan mereka, dan dilanjutkan survey mawas diri (SMD) dan upaya mengatasi problem kesehatan yang disepakati masyarakat berupa musyawarah masyarakat desa (MMD). Pembentukan Desa Siaga diharapkan, bisa meningkatkan derajat kesehatan masyarakat sanggup lebih cepat dan tahan lama, sebab masyarakat bisa berusaha sendiri untuk kesehatan dirinya dan keluarga. dan kalau kita sakit maka ada berapa banyak kegiatan kita yang tertunda dan kalau kita tidak kegiatan kita tidak lakukan maka akan berapa banyak uang atau rezeki yang hilang, sehingga sehat sangat penting untuk kita semua,

Oleh karna itu diharapkan cara dalam menjaga kesehatan kita, diharapkan upaya-uapa dalam menanggulangi kesehatan, Untuk mengetahui itu semua mari kita lihat pembahasan dan penjelasannya menyerupai dibawah ini:

  1. Peningkatan Gizi : Hal ini sanggup dilakukan dengan memberi makanan suplemen yang bergizi terutama bagi belum dewasa sanggup dioptimalkan melalui pemberdayaan posyandu dan kegiatan PKK. 
  2. Penambahan Fasilitas Kesehatan : Fasilitas kesehatan harus bisa menampung dan menjangkau masyarakat didaerah-daerah tertinggal. Penambahan kemudahan kesehatan ini meliputi rumah sakit, puskesmas, puskesmas pembantu, polindes (pondok bersalin desa), posyandu. Penambahan kemudahan ini dimaksudkan untuk memperlihatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat, menyerupai imunisasi, KB, pengobatan , dan lain-lain 
  3. Pelaksanaan Imunisasi : Berdasarkan prinsip pencegahan lebih baik dari pengobatan, acara imunisasi bertujuan melindungi tiap anak dari penyakit umum. Hal tersebut sanggup dilaksanakan melalui PIN (Pekan Imunisasi Nasional). 
  4. Penyediaan Pelayanan Kesehatan Gratis : Pemerintah menyediakan pelayanan gratis bagi penduduk miskin dalam bentuk Askeskin ( Asuransi Kesehatan Masyarakat Miskin ) dan Kartu sehat yang sanggup dipakai untuk memperoleh layanan kesehatan secara murah, 
  5. Pengadaan Obat Generik : Pemerintah harusmengembangkan pengadaan obat murah yang sanggup dijangkau oleh masyarakat bawah. penyediaan obat murah ini sanggup beruba obat generik. 
  6. Penambahan jumlah tenaga medis : Agar pelayanan kesehatan sanggup meliputi seluruh lapisan masyarakat dan meliputi seluruh wilayah indonesia diharapkan penambahan jumlah tenaga medis, menyerupai dokter, bidan, perawat. 
  7. Melakukan penyuluhan ihwal arti pentingnya kebersihan dan contoh hidup sehat. : Penyuluhan semacam ini juga bisa melibatkan lembaga-lembaga lain diluar forum kesehatan, menyerupai sekolah, organiassi kemasyarakata, tokoh-tokoh masyarakat.
Dampak Masalah Kesehatan di Indonesia
Rendahnya tingkat kesehatan masyarakat akan memunculkan serangkaian imbas yang berafiliasi dengan kualitas sumber daya manusia. Generasi yang tidak ketercukupan gizi tentu akan mempunyai kondisi fisik dan psikis yang kurang bila dibandingkan dengan generasi yang terpenuhi gizinya. Kondisi ini tentu sangat besar lengan berkuasa pada contoh pikir, ketahanan belajar, dan kreatifitasnya.


Sekian artikel singkat tentang Upaya menanggulangi Masalah Kesehatan. semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. sekian dan terima kasih.

Pustaka :
Galeri Pengetahuan sosial terpadu, Hal 33-34, Penerbit : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional, Penulis : Sri Sudarmi dkk
Show comments
Hide comments

0 Response to "Upaya Menanggulangi Persoalan Kesehatan"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close