Indikator Mutu Pendidikan (Indikator Standar Nasional Pendidikan)

Indikator Ketercapaian Standar Nasional Pendidikan  INDIKATOR MUTU PENDIDIKAN (INDIKATOR STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN)

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 wacana Sistem Pendidikan Nasional menyatakan bahwa Sistem Pendidikan Nasional yaitu keseluruhan komponen pendidikan yang saling terkait secara terpadu untuk mencapai tujuan pendidikan nasional, yaitu untuk membuatkan kemampuan serta meningkatkan mutu kehidupan dan martabat insan Indonesia. Sebagaimana diamanatkan di dalam Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005, setiap satuan pendidikan pada jalur formal dan nonformal wajib melaksanakan penjaminan mutu pendidikan. Penjaminan mutu pendidikan tersebut bertujuan untuk memenuhi atau melampaui Standar Nasional Pendidikan (SNP).

Pelaksanaan sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah mengacu pada standar sesuai peraturan yang berlaku. Acuan utama sistem penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah yaitu Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang ditetapkan oleh pemerintah sentra melalui Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP). SNP yaitu standar minimal yang ditetapkan pemerintah dalam bidang pendidikan yang harus dipenuhi oleh satuan pendidikan dan semua pemangku kepentingan dalam mengelola dan menyelenggarakan pendidikan, yang terdiri atas:
1.    Standar Kompetensi Lulusan;
2.    Standar Isi;
3.    Standar Proses;
4.    Standar Penilaian;
5.    Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan;
6.    Standar Pengelolaan;
7.    Standar Sarana dan Prasarana; dan
8.    Standar Pembiayaan

INDIKATOR MUTU PENDIDIKAN (INDIKATOR STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN)


Berikut ini Indikator Mutu Pendidikan (Indikator Ketercapaian Standar Nasional Pendidikan) yang dijadikan Indikator mutu dalam penjaminan mutu pendidikan dasar dan menengah. Indikator ini diterbitkan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2017.




Link Download

Satuan pendidikan yang telah atau hampir memenuhi atau melampaui standar nasional pendidikan sanggup memakai atau memutuskan standar di atas SNP sebagai contoh dalam perencanaan, pelaksanaan, pengendalian, dan pengembangan sistem penjaminan mutu pendidikan. Standar yang ditetapkan oleh satuan pendidikan harus lebih tinggi dari SNP.Penetapan standar dan indikatornya harus diubahsuaikan dengan prinsip penyelenggaraan pendidikan di Indonesia

Ukuran keberhasilan penjaminan mutu oleh satuan pendidikan terdiri dari indikator proses,  output ,  outcome dan dampak.

  Indikator proses
Meningkatnya kemampuan satuan pendidikan dalam menjalankan siklus penjaminan mutu pendidikan yang sanggup diidentifikasi dari adanya perubahan pengelolaan satuan pendidikan;  adanya kebijakan dan implementasi kebijakan yang mengacu pada SNP; meningkatnya kemampuan dalam merencanakan dan melaksanakan planning pemenuhan mutu yang disusun; dan meningkatnya kemampuan untuk memonitor dan mengevaluasi  mekanisme yang telah dilakukan.

  Indikator  output
Terwujudnya peningkatan mutu pendidikan pada satuan pendidikan, yang ditunjukkan dengan meningkatnya kompetensi pendidik dalam menjalankan proses pembelajaran mulai dari perencanaan sampai penilaian, pengembangan kegiatan-kegiatan ekstrakurikuler, meningkatnya pengelolaan sarana prasarana dan keuangan, kerjasama dan keterlibatan seluruh pemangku kepentingan.

  Indikator  outcome
Adanya peningkatan hasil berguru akseptor didik; hasil uji kompetensi dan penilaian kinerja pendidik dan tenaga kependidikan; prestasi satuan pendidikan beserta anggota; terwujudnya lingkungan berguru  yang menyenangkan; adanya penghargaan serta  dukungan finansial pemangku kepentingan.

  Indikator dampak
Terbangunnya budaya mutu dengan terlaksananya  penjaminan mutu yang berkesinambungan dan berkelanjutan pada satuan pendidikan.




= Baca Juga =



Show comments
Hide comments

0 Response to "Indikator Mutu Pendidikan (Indikator Standar Nasional Pendidikan)"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close