Sistem Evaluasi Sbmptn 2018

Berikut ini kutipan dari laman resmi SBMPTN wacana Sistem Penilaian SBMPTN 2018. Posting ini dimaksud untuk sekedar mengingatkan para penerima SBMPTN 2018 bahwa Sistem Penilaian SBMPTN 2018 berbeda dengan sistem evaluasi pada SBMPTN tahun sebelumnya. Sebagaimana diketahui pada SBMPTN Tahun 2018 berlaku ketentuan setiap tanggapan yang benar mendapat skor 1, dan untuk setiap tanggapan yang salah atau tidak dijawab/kosong mendapat skor 0 (nol).


Panitia Pusat Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru Perguruan Tinggi Negeri 2018 memberikan klarifikasi resmi wacana sistem evaluasi Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri 2018 (SBMPTN 2018).

Metode evaluasi ujian tertulis SBMPTN di tahun 2017 dan tahun-tahun sebelumnya dilakukan dengan memakai skor total dari tanggapan penerima tes terhadap soal-soal tes yang diberikan. Peserta yang menjawab dengan benar akan mendapat skor 4, tanggapan salah mendapat skor negatif (- 1) dan tidak menjawab akan mendapat skor nol. Teori yang mendasari mekanisme penyekoran ini yaitu Teori Tes Klasik. Pada tahun 2018 metode evaluasi tes dilakukan dengan mekanisme yang berbeda dengan menerapkan Teori Tes Modern yang dikenal dengan Teori Respons Butir (Item Response Theory/IRT).

Metode evaluasi ujian tertulis pada SBMPTN 2018 tidak hanya memperhitungkan jumlah soal yang dijawab dengan benar dan salah oleh peserta, tetapi juga memperhitungkan karakteristik setiap soal khususnya tingkat kesulitan relatif dan sensitifitasnya dalam membedakan kemampuan peserta.

Metode evaluasi oleh Panitia Pusat dilakukan melalui 3 tahap, yang sanggup dijelaskan sebagai berikut:

a) Tahap I, seluruh tanggapan penerima SBMPTN 2018 akan diproses dengan memberi skor 1 (satu) pada setiap tanggapan yang benar, dan skor 0 (nol) untuk setiap tanggapan yang salah atau tidak dijawab/kosong.

b) Tahap II, dengan memakai pendekatan Teori Response Butir (Item Response Theory) maka setiap soal akan dianalisis karakteristiknya, diantaranya yaitu tingkat kesulitan relatifnya terhadap soal yang lain, dengan mendasarkan pada pola response jawaban seluruh penerima tes tahun 2018. Dengan memakai model matematika, maka akan sanggup diketahui tingkat kesulitan soal-soal yang dikategorikan relatif mudah, sedang, maupun sulit.

c) Tahap III, karakteristik setiap soal yang diperoleh pada Tahap II dipakai untuk menghitung Skor setiap peserta. Soal-soal yang relatif sulit akan mendapat bobot yang lebih tinggi dibanding soal-soal yang relatif lebih mudah. Tahap-tahap penghitungan skor ini dilakukan oleh tim yang mempunyai kompetensi di bidang pengujian, pengukuran dan penilaian.

Dengan metode evaluasi gres ini, maka setiap penerima yang sanggup menjawab jumlah SOAL yang SAMA dengan BENAR, akan sanggup memperoleh nilai yang SAMA atau BERBEDA tergantung pada soal mana saja yang mereka jawab dengan benar. Contoh: penerima A sanggup menjawab dengan benar 5 soal yaitu nomor 1,5,7, 11 dan 13, sedangkan penerima B juga sanggup menjawab 5 soal dengan benar yaitu nomor 1, 5, 9, 12 dan 15, kedua penerima tersebut kemungkinan akan mendapat skor simpulan yang berbeda alasannya yaitu butir soal yang dijawab dengan benar oleh penerima A kemungkinan mempunyai tingkat kesulitan yang berbeda dengan butir soal yang dikerjakan dengan benar oleh penerima B.

Metode evaluasi ini sudah usang dipakai secara meluas di negara-negara maju di Amerika dan Eropa alasannya yaitu dengan menyertakan karakteristik setiap soal dalam penilaian, skor yang diperoleh akan lebih “fair” dan sanggup membedakan kemampuan penerima dengan lebih baik.

Penting diiinformasikan bahwa klarifikasi metode evaluasi gres SBMPTN 2018 yang diberikan oleh pihak-pihak lain yang beredar diberbagai media tidak akurat dan cenderung menyesatkan. Hal ini dikarena metode evaluasi pada SBMPTN 2018 membutuhkan persyaratan tertentu yang sulit dipenuhi, antara lain jumlah penerima tes sekitar 800.000 orang, jumlah dan kualitas soal akan direspon secara berbeda dari 800.000 penerima tes dan juga software model matematik yang berbeda akan menawarkan hasil yang berbeda.

Petunjuk pengerjaan soal yang sesuai dengan sistem evaluasi di atas, sudah disertakan pada setiap set soal yang diujikan.

Demikian klarifikasi resmi dari Panitia Pusat SN-PMB Perguruan Tinggi Negeri 2018 untuk sanggup diketahui oleh masyarakat dan dipergunakan sebagaimana mestinya.





= Baca Juga =



Show comments
Hide comments

0 Response to "Sistem Evaluasi Sbmptn 2018"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close