Kelebihan Dan Kekurangan Topologi Ring Serta Pengertian Umum Nya (Cincin)

Dimulai dengan Pengertian Topologi Ring dimana Pengertian Topologi Ring yakni topologi yang menghubungkan komputer satu ke komputer dua dan komputer dua menghubungkan kekomputer ketiga dan seterusnya kemudian kembali lagi kekomputer satu, sehingga membentuk melingkar.
Salah satu metode transmisi data sekitar ring disebut token passing. (Pengertian Token yakni seri bit khusus yang berjalan di jaringan token ring. Setiap jaringan hanya mempunyai satu token..) Token dilewatkan dari komputer ke komputer hingga mencapai komputer yang mempunyai data untuk dikirim. Bawah angka memperlihatkan topologi token ring dengan token. Komputer pengirim memodifikasi token, menempatkan alamat elektronik pada data, dan mengirimnya di sekitar ring.
Data melewati setiap komputer hingga menemukan satu dengan alamat yang sesuai dengan alamat pada data. Komputer yang mendapatkan kembali pesan ke komputer pengirim yang memperlihatkan bahwa data telah diterima. Setelah verifikasi, komputer pengirim menciptakan token gres dan mengalirkannya pada jaringan. Token beredar di dalam ring hingga workstation membutuhkannya untuk mengirim data. Mungkin kelihatannya bahwa token passing akan memakan waktu yang lama, tapi token bahwasanya bergerak kira-kira pada  kecepatan cahaya. Sebuah token sanggup mengelilingi ring berdiameter 200 m sekitar 477.376 kali per detik.
Topologi jaringan ring cenderung tidak efisien bila dibandingkan dengan topologi jaringan star alasannya yakni data harus melaksanakan perjalanan melalui satu atau lebih titik sebelum mencapai tujuan. Misalnya, kalau pada topologi ring mempunyai delapan komputer di atas jaringannya, contohnya kalau komputer 1 mengirimkan data ke komputer 4 maka harus melaksanakan perjalanan melalui komputer 2 dan 3, hingga ketujuan ke komputer 4. Hal ini juga komputer 1 sanggup melalui  komputer 8, 7, 6 dan 5 hingga mencapai ke komputer tujuan (Komputer 4) empat, tetapi metode ini lebih lambat alasannya yakni perjalanan melalui lebih banyak komputer.
Topologi ring disebut juga sebagai topologi cincin. Setelah simpulan memperlihatkan info mengenai pengertian topologi ring, mari kita menuju ke topik utama yaitu Kelebihan dan kekurangan topologi ring antara lain sebagai berikut.

Kelebihan dan Kekurangan Topologi Ring

1. Kelebihan/Keuntungan Topologi Ring
  • Lebih murah 
  • Tidak diperlukannya host
  • Kecepatan dalam pengirimannya yang tinggi
  • Mudah dalam perancangan 
  • Pengaksesan data yang optimal
  • Penggunaan kabel yang sedikit
  • Komunikasi antar terminal mudah
  • Mampu melayani traffic yang padat
2. Kekurangan/Kelemahan Topologi Ring

  • Pengiriman suara, video, dan data yang buruk
  • Kerusakan pada salah satu komputer sanggup mengakibatkan jaringan lumpuh
  • Memerlukan penanganan dan pengelolaan khusus bandles
  • Perusabahan jumlah perangkat yang sulit
  • Kinerja komunikasi bergantung dari banyaknya node yang terdapat pada jaringan
 Dimulai dengan Pengertian Topologi Ring dimana Pengertian Topologi Ring yakni topologi y Kelebihan dan Kekurangan Topologi Ring serta pengertian umum nya (cincin)


Demikian artikel singkat seputar Kelebihan dan Kekurangan Topologi Ring.  Semoga bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih. 
Show comments
Hide comments

0 Response to "Kelebihan Dan Kekurangan Topologi Ring Serta Pengertian Umum Nya (Cincin)"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close