Pengertian Pengangguran Secara Umum Serta Penyebab Pengangguran

Secara umum, Pengertian Pengangguran yakni orang yang tidak bekerja sama sekali atau sedang dalam mencari kerja atau bekerja kurang dari dua hari selama seminggu sebelum pemecatan dan berusaha untuk memperoleh pekerjaan. Tingkat pengangguran yakni perbandingan jumlah pengangguran dengan jumlah angkatan kerja yang dinyatakan dalam persen.
Menurut Sakernas (Survey Keadaan Angkatan Kerja Nasional), pengangguran didefinisikan antara lain sebagai berikut
  • Mereka yang sedang mencari pekerjaan dan dikala itu tidak bekerja
  • Mereka yang mempersiapkan perjuangan yaitu suatu acara yang dilakukan oleh seseorang dalam rangka untuk mempersiapkan suatu perjuangan atau pekerjaan yang baru 
  • Mereka yang tidak mencari pekerjaan, lantaran merasa mustahil dalam mendapatkan pekerjaan, hal ini disebut dengan penganggur putus asa
  • Mereka yang telah mempunyai pekerjaan, namun belum mulai bekerja. 

Penyebab Pengangguran

Dari uraian diatas sanggup disimpulkan bahwa terdapat beberapa hal penyebab pengangguran sanggup terjadi. Macam-macam penyebab pengangguran yakni sebagai berikut... 
  • Penduduk yang relatif banyak sedangkan lapangan kerja sedikit. Yang mengakibatkan, seruan tenaga kerja berkurang. 
  • Pendidikan dan keterampilan yang rendah sehingga tidak bisa bersaing dan tersisih. 
  • Angkatan kerja yang tidak memenuhi persyaratan-persyaratan yang diminta oleh dunia kerja
  • Teknologi yang semakin modern belum terimbangi oleh kemampuan 
  • Pengusaha yang selalu mengejar laba dengan cara melakakukan penghematan-penghematan, contohnya penerapan rasionalisasi. 
  • Adanya lapangan kerja yang dipengaruhi oleh musim
  • Terdapat ketidakstabilan perekonomian, politik, dan kemanan suatu negara. 

Jenis-Jenis Pengangguran

Pengangguran dikelompokkan dalam beberapa macam yang antara lain sebagai berikut... 
1. Jenis-Jenis Pengangguran Berdasarkan Jumlah Jam Kerja
Menurut jam kerja, pengangguran dibedakan menjadi beberapa macam antara lain sebagai berikut...
a. Pengangguran terselubung, yakni tenaga kerja yang tidak bekerja secara optikal lantaran sesuatu alasan tertentu.
b. Pengangguran terbuka, yakni pencari kerja yang sedang mencari pekerjaan
c. Setengah pengangguran, yakni para pekerja yang bekerja dibawah jam kerja normal 
  • pengangguran terpaksa (involuntary), adalah seseorang yang bersedia bekerja untuk suatu pekerjaan tertentu dengan upah tertentu, tetapi bergotong-royong pekerjaannya tidak ada. 
  • pengangguran sukarela (voluntary), adalah pengangguran yang disebabkan para pekerja tidak mau mendapatkan suatu pekerjaan dengan upah yang berlaku di pasar atau pekerja rela melepas pekerjaannya dengan alasan mungkin memperoleh penghasilan dari harta kekayaan mereka ibarat menyewakan rumah, kendaraan, dan menikmati warisan.  
  • pengangguran bruto, ialah campuran pengangguran terbuka dengan setengahnya pengangguran. 
2. Jenis-Jenis Pengangguran Berdasarkan Faktor-Faktor Penyebabnya
Menurut sadono sukirno, menurut dari penyebab pengangguran sanggup dibedakan sebagai berikut..
  • Pengangguran friksional, yakni pengangguran yang terjadi lantaran terdapat sebanyak dua atau tiga persen dari jumlah tenaga kerja maka perekonomian itu dipandang sudah mencapai kesempatan kerja penuh. Pengangguran sebanyak dua atau tiga persen tersebut dinamakan dengan pengangguran friksional. 
  • Pengangguran siklikal, yakni pengangguran yang terjadi lantaran adanya kesulitan temporer dalam mempertemukan pencari kerja dan lowongan kerja, yang disebabkan dari kondisi geografis, informasi, dan dari proses perekrutan yang panjang. 
  • Pengangguran struktural, yakni pengangguran yang terjadi lantaran adanya perubahan struktur perekonomian yang umumnya negara berusaha dalam menyebarkan perekonomian dalam rujukan agraris ke industri.  
  • Pengangguran teknologi, yakni pengangguran yang terjadi lantaran penggunaan mesin dan kemajuan teknologi. Hal ini ditimbulkan dari adanya pergantian negara insan oleh mesin0mesin dan materi kimia.  
3. Jenis-Jenis Pengangguran Berdasarkan Ciri-Cirinya
Berdasarkan ciri-ciri pengangguran, pengangguran dibedakan dalam beberapa macam antara lain sebagai berikut... 
  • Pengangguran terbuka, adalah pengangguran yang terjadi lantaran lowongan pekerjaan yang lebih rendah dan pertambahan tenaga kerja. Akibatnya, perekonomian semakin banyak jumlah tenaga kerja yang tidak sanggup memperoleh pekerjaan. 
  • Pengangguran tersembunyi, adalah pengangguran yang terjadi lantaran kelebihan tenaga kerja yang digunakan. Contohnya iala pelayan restoran yang lebih banyak dari yang diharapkan dan keluarga petani dengan anggota keluarga yang besar mengerjakan luas tanah yang sangat kecil. 
  • Pengangguran musiman, ialah pengangguran yang terjadi lantaran faktor kondisi iklim yang biasanya disektor pertanian dan perikanan lantaran pada ekspresi dominan hujan penyadap karet dan nelayan tidak sanggup melaksanakan pekerjaan dan terpaksa menganggur. Pada ekspresi dominan kemarau para petani tidak sanggup mengerjakan tanahnya 
  • Pengangguran menganggur, adalah pengangguran yang hanya bekerja satu hingga dua hari seminggu atau satu hingga empat jam sehari. 
Demikianlah Artikel Singkat wacana Pengertian Pengangguran, Jenis dan Penyebab Pengangguran. Semoga bermanfaat bagi kita semua. Sekian dan terima kasih.


Pustaka
Muliawati, Weni. 2007. Ekonomi untuk siswa kelas XI SMA-MA. Bandung: Acarya Media Utama. Hal: 14-17
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Pengangguran Secara Umum Serta Penyebab Pengangguran"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close