Peraturan Presiden / Perpres Nomor 95 Tahun 2018 Wacana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

 Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang selanjutnya disingkat SPBE yaitu penyelengg PERATURAN PRESIDEN / PERPRES NOMOR 95 TAHUN 2018 TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN BERBASIS  ELEKTRONIK

Menurut Peraturan Presiden / Perpres Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis  Elektronik, Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik yang selanjutnya disingkat SPBE yaitu penyelenggaraan pemerintahan yang memanfaatkan teknologi isu dan komunikasi untuk menawarkan layanan kepada Pengguna SPBE.

Pasal 2 Peraturan Presiden / Perpres Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis  Elektronik, Prinsip Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik SPBE yaitu a) efektivitas; b) keterpaduan; c) kesinambungan; d) efisiensi; e) akuntabilitas; f)  interoperabilitas; dan g) keamanan.

Adapun yang dimaksud Efektivitas merupakan optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang mendukung SPBE yang berhasil guna sesuai dengan kebutuhan. Keterpaduan merupakan pengintegrasian sumber daya yang mendukung SPBE. Kesinambungan merupakan keberlanjutan SPBE secara terencana, bertahap, dan terus menerus sesuai dengan perkembangannya. Efisiensi merupakan optimalisasi pemanfaatan sumber daya yang mendukung SPBE yang sempurna guna. Akuntabilitas merupakan kejelasan fungsi dan pertanggungjawaban dari SPBE.  Interoperabilitas sebagaimana merupakan koordinasi dan kerja sama antar Proses Bisnis dan antar sistem elektronik, dalam rangka pertukaran data, informasi, atau Layanan SPBE.  Sedangkan Keamanan merupakan kerahasiaan, keutuhan, ketersediaan, keaslian,  dan  kenirsangkalan (nonrepudiation) sumber daya yang mendukung SPBE.

Dijelaskan dalam pasal 3 bahwa Peraturan Presiden / Perpres Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis  Elektronik, meliputi: a) Tata Kelola Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik  atau SPBE; b) Manajemen SPBE; c) Audit Teknologi Informasi dan Komunikasi; d) penyelenggara SPBE; e) percepatan SPBE; dan f)  pemantauan dan penilaian SPBE.

Dengan diterbitkan Peraturan Presiden / Perpres Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis  Elektronik, pemerintah mewujudkan reformasi birokrasi. Sebagaimana diketahui sistem pemerintahan berbasis elektronik atau yang biasa disebut dengan e-Government merupakan salah satu upaya pemangkasan biaya dan waktu, serta meminimalisasi kemungkinan terjadinya praktik korupsi dalam pelayanan yang dilakukan oleh pemerintah.

Pelaksanaan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Instansi Pusat dan Pemda ditujukan untuk mewujudkan proses kerja yang efisien, efektif, transparan, dan akuntabel serta meningkatkan kualitas pelayanan publik. Agar pelaksanaan SPBE sanggup berjalan untuk mencapai tujuannya, maka perlu dilakukan penilaian secara terencana untuk mengetahui sejauh mana kemajuan dari pelaksanaan SPBE di setiap Instansi Pusat dan Pemerintah Daerah.

Selengkapnya silahkan baca dan download Peraturan Presiden / Perpres Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis  Elektronik. Link download  Disini

Demikian info wacana Peraturan Presiden / Perpres Nomor 95 Tahun 2018 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis  Elektronik Semoga bermanfaat, terima kasih.




= Baca Juga =



Show comments
Hide comments

0 Response to "Peraturan Presiden / Perpres Nomor 95 Tahun 2018 Wacana Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close