Pengertian Fasisme Secara Umum

Kata fasisme berasal dari kata "fascio" yang berarti "kelompok politik". Dari kata ini muncul istilah Fascio de Combattimento yang berarti "Barisan Tempur", yang dipraktikkan di Italia pada zaman kediktatoran Mussolini (1883-1945). Mussolini menjadi Perdana Menteri Fasis Italia dari tahun 1922-`1943. Dengan demikian, tahun 1922 merupakan tahun awal dimulainya praktik fasisme. Secara umum pengertian fasisme ialah sistem kedoktetaran yang menempatkan negara di tangan satu orang dan melarang setiap oposisi atau perlawanan. 
Secara lebih khusus, fasisme ialah sistem pemerintahan adikara Italia, yang lalu populer dengan nasionalisme ekstremnya. Nazisme ialah salah satu jenis fasisme. Di indonesia banyak yan menganggap Soeharto sebagai seorang fasisme. 
Pada masa Kekaisaran Roma, para magister (para hakim) membawa seikat tongkat yang ditengah-tengahnya ditempatkan sebuah kapak yang kepalanya menonjol keluar (fasci dalam bahasa latin). Fasci  ini melambangkan otoritas mereka. Mussolini menghidupkan kembali kata dan simbol itu di Italia pada tahun 1919. Partai pengikut, dan kelompok pejuangnya menggunakan nama Fascist, dan seikat tongkat itu menjadi log partai. Pengikut Hitler di jerman lebih suka menyebur diri mereka Sosialis Nasional daripada Fasis. Meski demikian, kedua gerakan itu (Fasisme Italia dibawah Mussolini dan Sosialisme Nasional Jerman dibawah Hitler) intinya sama.

Sekian artikel tentang Pengertian Fasisme. supaya bermanfaat dan terima kasih
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Fasisme Secara Umum"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close