Cara Terbaik Mempromosikan Konten Blog Untuk Pemula

 Berapa kali sobat mempromosikan konten blog tersebut  Cara Terbaik Mempromosikan Konten Blog untuk Pemula
Apakah sobat rajin memposting artikel ? Berapa kali sobat mempromosikan konten blog tersebut ? Membuat artikel dan mempostingnya memang penting TAPI mempromosikan konten jauh lebih penting. Perbandingannya yakni 1: 3, 1 hari membuat  artikel, 3 hari mempromosikannya.

Blog yang mempunyai konten berkualitas tapi tidak pernah dipromosikan akan kalah dengan blog abal-abal yang rajin dipromosikan. Kok dapat begitu mas ? Iya.. Karena pada ketika sobat memposting artikel di blog, ada ratusan bahkan mungkin ribuan blogger yang juga sedang memposting artikel yang serupa. Jadi, sehabis menulis konten yang berkualitas,  promosilah yang memilih banyak atau tidaknya pengunjung blog.

Berkut ini yakni beberapa cara mempromosikan konten blog yang sering dipakai dan terbukti ampuh dalam mendatangkan pengunjung blog.

1. Membuat Daftar email (Email marketing)

Email marketing yakni perjuangan mempromosikan sesuatu (konten blog) melalui email. Umumnya promosi ini dikirimkan secara masal ke orang yang telah terdaftar emailnya.
Jika sobat mempunyai blog dengan pengunjung yang tiba dari mesin pencari atau media sosial, tetapi tidak “menangkap” email pengunjung tersebut, maka mereka akan pergi dan kemungkinan besar tidak akan mengunjungi blog sobat lagi.

Berbeda kalau email pengunjung sudah ada di daftar email, meski mereka tidak berkunjung di blog sobat, kita dapat mempromosikan konten blog melalui email (secara otomatis) ke pengunjung tersebut.
 Daftar email itu simple nya mengakibatkan pengunjung sebagai pelanggan (subscriber) melalui emailnya yang sudah terdaftar. Makara sobat harus memasang  widget daftar email di halaman depan blog sobat.
Untuk blogspot, widget email subcriber dengan feedburer

2. Cari follower sebanyak mungkin dan posting konten blog ke media sosial

Media sosial yang saya maksud disini yakni facebook. Tetapi sobat dapat juga memakai media lain menyerupai twitter, instagram, pinterest, youtube atau yang lainnya.
Untuk facebook, buatlah halaman fanspage yang sesuai dengan blog sobat. Makara bukan posting di status beranda facebook sobat. Terlihat asing dan kurang efektif kalau status di facebook isinya link – link blog semua. 1-2 kali sih gak problem sob.. kalau terus-terusan dapat dianggap spam oleh facebook.

Contoh : Blog wacana “Dunia blogging”
  • Buatlah fanspage : “Panduan Belajar Blogging”
  • Lengkapi data-data di fanspage : photo profile, baground, keterangan, link ke blog, dst
  • Update status dengan kalimat yang menarik (sesuai blog) dan lampirkan link konten blog
  • Lakukan sehari 1-2 kali update status selama seminggu
  • Setelah seminggu, barulah mulai mencari follower.
  • Add pertemanan sebanyak mungkin. Setelah terjalin pertemanan, undang  untuk menyukai dan mengikuti fanspage : “Panduan Belajar Blogging”
  • Buatlah sasaran dalam 1 bulan 1.000 follower
Contoh fanspage PanduanIM :
https://web.facebook.com/PanduanIM?_rdc=1&_rdr

3. Bergabung ke group Facebook

Bergabung ke grup yang sudah banyak anggotanya menjadi pilihan yang sempurna kalau sobat memilki blog yang se niche (se topik). Jangan asal gabung group alasannya tujuan kita akan promosi konten.
Blog wacana “Belajar Blogging”, maka carilah grup-grup yang membahas wacana blog. Bergabunglah dengan group yang mempunyai member minimal diatas 1.000. Setelah bergabung jangan eksklusif memperlihatkan link blog. Tapi aktiflah sebagai komentator disana supaya cepat bersahabat dan dapat berinteraksi dengan member group lain. Seminggu sehabis aktif di grup barulah sobat mulai mempromosikan konten blog secara perlahan.

Baca juga :  Situs Tempat Belajar Ngeblog untuk Pemula hingga menjadi Blogger Sukses

Contoh grup facebook E-Training Adsense :
https://web.facebook.com/groups/1048473198620494/

4. Bergabung ke komunitas google+

Google+ yakni media umum miliknya google. Kalau sobat memakai blogger maka secara otomatis dapat eksklusif mengakses google+ tanpa registrasi menyerupai mendaftar facebook. Tinggal lengkapi data-data  profile google+ menyerupai : photo profile, latar belakang, keterangan dst.
Atur setingan di blog supaya setiap final posting secara otomatis postingan akan eksklusif tershare di google+.

Cara kerjanya sama menyerupai facebook, cari komunitas yang seniche (se topik), join atau bergabung ke komunitas sebanyak mungkin. Ketika dirasa sudah cukup banyak, tinggal sobat aktif di komunitas dengan cara memperlihatkan komentar yang bermanfaat.
Komentar yang cerdas dan bermanfaat akan dilirik oleh member grup. Dan dapat dipastikan peluang member grup masuk ke profile google+ sobat akan lebih banyak. Disinilah banyak artikel dari blog yang tershare. Harapanya member yang berkunjung ke profile akan berkunjung juga ke blog sobat.

Contoh komunitas google+ IAPD (Indonesian AdSense Publisher Discussion)
 https://plus.google.com/communities/112150925430598788304

5. Bergabung ke situs lembaga yang sudah populer

Ada banyak forum-forum mencar ilmu di internet yang bertebaran. Dari yang gratis hingga yang premium (berbayar). Forum gratis bukan berarti kualitas rendah. Masing-masing mempunyai kelebihan dan kekurangan ya sob.

Dengan bergabung di lembaga yang sudah terkenal, sobat akan lebih gampang mempromosikan konten blog apabila menemukan member grup yang membutuhkan info tertentu yang seniche (se topik) dengan blog sobat.

Baca juga : Forum Tempat Diskusi dan Belajar Ngeblog untuk Pemula

Contoh lembaga yang sudah terkenal :
https://ads.id/forums/index.php

6. Membuat komentar yang bermanfaat di blog orang lain

Jika sobat sering mengunjungi blog seseorang, pastikan selalu meninggalkan jejak berupa komentar. Tidak asal komen tapi komentar yang mengandung manfaat  dan bernilai faktual bagi orang lain.
Blogwalking yakni istilah yang dipakai temen-temen blogger untuk saling mengunjungi blog. Lakukan Blogwalking secara rutin setiap hari atau setiap minggunya.

7. Menjadi guest blogging di blog yang sudah populer

Guest blogging yakni menjadi penulis di blog orang lain. Ada banyak blog yang memang mengizinkan pengunjung untuk menjadi guest blogging. Sobat dapat memanfaatkan ini untuk mendapat backlink yang bagus.

Tips kalau akan melaksanakan guest blogging :
  • Pastikan blog yang sobat kunjungi masih seNiche (se topik)
  • Pastikan pemilik blog tersebut masih aktif, dan bukan blog abal-abal
  • Blog masih rajin update artikel minimal sebulan sekali
  • Pastikan ada banyak komentar aktif di blog
Selain cara-cara promosi di atas, masih ada cara lain dan lebih efektif dalam mempromosikan konten blog. Yaitu dengan periklanan. Tepatnya memasang iklan. Tapi yaa harus berbayar sob.. tidak gratis. Mungkin akan saya bahas di lain kesempatan.

Jika dikerjakan dengan benar dan rutin, cukuplah cara di atas akan banyak mendatangakan pengunjung blog. Tinggal sobat kreasikan sendiri yaa..
Show comments
Hide comments

0 Response to "Cara Terbaik Mempromosikan Konten Blog Untuk Pemula"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close