10 Cara Meningkatkan Secara Optimal Seo Onpage Blogger Untuk Pemula

Cara Optimasi SEO Onpage Blogger untuk pemula 10 Cara Optimasi SEO Onpage Blogger untuk pemula
Search Optimization Engine atau SEO ialah cara atau usaha-usaha yang dilakukan oleh pemilik website untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik pengunjung. Jika pengunjung website banyak maka posisi website akan naik ke posisi terbaik yaitu halaman pertama mesin pencarian (google).

SEO dibagi menjadi 2 yaitu : SEO Onpage dan OffPage. 

1. SEO Onpage berarti dari dalam atau halaman website itu sendiri
2. SEO Offpage berarti dari luar halaman website

Dalam kesempatan ini akan dibahas perihal SEO Onpage.

Untuk menentukan posisi website semoga masuk urutan 10 besar di halaman pertama google berdasarkan kata kunci itu dibutuhkan beberapa langkah SEO. Memang tidak ada panduan khusus dari google mengenai hal ini. Tapi setidaknya berdasarkan pengalaman banyak blogger Optimasi SEO onpage bisa dilakukan semenjak awal pembuatan blog.

Baca juga : Alat bantu ngeblog seorang blogger

Ada 10 cara meningkatkan secara optimal seo onpage yang sahabat bisa lakukan semenjak awal pembuatan blog. Berikut rinciannya :

1. Pemilihan Template


Langkah real pertama dikala membangun blog ialah menentukan design atau template blog. Meskipun sudah ada template bawaan blog. Sobat dituntut untuk mempunyai template yang sesuai dengan niche dan juga harus SEO.

Untuk langkah awal menentukan template gunakan 3 parameter ini : Kecepatan, Mobile Friendly dan Responsive. Jangan menentukan template hanya lantaran tampilannya saja tapi utamakan 3 parameter di atas. Untuk blog yang berisi informatif utamakan yang gampang diakses di perangkat mobile. Sedangkan blog yang berisi tutorial atau panduan utamkan template dengan skor 80%-100% versi desktop.

2. Judul Postingan Blog


Buatlah semenarik mungkin judul blog dengan meletakan kata kunci di awal. Usahkan Judul blog panjang dan yang niscaya harus relevan dengan isi blog. Jangan menciptakan judul yang terlalu over dan boombastis. Judul yang terlalu berlebihan tetapi tidak sesuai dengan apa yang dibahas di blog akan berdampak fatal terhadap pembaca. Pengunjung akan kecewa dan bosan. Jika sudah begitu bisa dipastikan pembaca tidak akan berkunjung lagi ke blog sobat.

3. Deskripsi Penelusuran


Sebelum artikel dipublish pastikan isi kolom deskripsi penelusuran di pojok kanan bawah setelan entri dengan deskripsi isi postingan yang singkat padat dan jelas. Pastikan kata kunci yang dibidik ada dalam deskripsi tersebut. Menurut para pakar blogger, deskripsi penelusuran ini sangat berperan dalam membatu pembaca menemukan kata kunci yang diinginkan. Blogger pemula biasanya tidak memperhatikan penggalan ini padahal fungsinya sudah terperinci menunjukkan deskripsi terhadap postingan yang ia tulis.

4. Alamat Url


Sama ibarat deskripsi penelusuran, sebelum artikel dipublish pastikan alamat url tidak terlalu panjang dan harus mengandung kata kunci. Url ini ialah alamat halaman artikel yang akan ditampilkan di browser. Saran pakar blogger untuk memendekan alamat Url itu supaya gampang diingat pembaca. Meski pendek tetapi harus tetap mengutamkan kata kunci yang dibidik.

5. Tambahkan Gambar di setiap Artikel


Setiap artikel yang akan dipublish pastikan ada informasi pendukung ibarat gambar, video atau info grafik. Minimal tambahkan gambar sob. Jangan lupa tambahkan atribut alt image. Jika ada gambar di dalam postingan blog sahabat akan gampang ditemukan oleh pembaca yang mencari artikel melalui google image. Itulah sebabnya ada banyak gambar di google image. Sumbernya ya dari blog.

6. Artikel Panjang


Tidak ada patokan niscaya berapa panjang artikel yang disukai google. Yang niscaya semakin panjang artikel tersebut semakin disukai google. Banyak pakar blogger yang menganjurkan minimal 500 kata untuk setiap artikel yang akan diposting.

Tidak asal panjang ya sob.. artikel panjang berdasarkan google itu dilihat dari segi pembahasannya. Semakin panjang bahasanya maka akan terlihat baik di mata google. Bahkan ada pakar bloger yang mangajurkan untuk menulis artikel minimal 1500 kata. Waw... manis juga sih.. itu kalau sudah ahlinya. kalau masih pemula 500 kata juga sudah manis sob.

7. Kata Kunci LSI


Latent Semantic Indexing atau LSI ialah kelompok kata yang masih berkaitan atau bersinonim dengan kata kunci utama yang masih dalam satu topik bahasan. Sobat harus menemuan kata kunci LSI ini sebelum menulis artikel dan menyisipkannya.

Coba ketik "Belajar blog" di google.
Lihat penggalan bawah sendiri "Searches related to mencar ilmu blog" ada banyak sinonin dari kata kunci utama "Belajar blog" yang bisa dimasukan ke dalam artikel. Sinonin bukan dimaknai persamaan sepeti pelajaran di sekolah yaa.. tapi sinonin yang keterkaitan dengan kata kunci utama.

8. Internal Link


Agar pengunjung sanggup menjelajah blog dengan gampang buatlah internal link yang mengarah ke postingan yang relevan. Cukup 2 hingga 3 link internal. Jangan memasukan link yang tidak relevan dengan apa yang sedang ditulis. Contoh : Sobat sedang menulis artikel perihal "Cara mencar ilmu blog" tetapi di dalam goresan pena itu sahabat masukan link "Tips menghilangkan bisul untuk dewasa 17 tahun".

Contoh yang relevan : Di dalam artikel "Cara mencar ilmu blog" sahabat sisipkan link "Cara memasang hidangan navigasi blog".

9. Buatlah Konten yang Berkualitas


Konten atau isi blog akan dianggap berbobot jikalau mengandung banyak informasi yang dibutuhkan pembaca. Lengkapi postingan dengan gambar atau video yang mendukung. Jangan 100% full asal copy paste ya sob..

Pastikan sumber informasi yang akan di tulis di blog terperinci asalnya atau minimal hasil praktek sendiri. Kalaupun terpaksa harus copy paste minta izinlah dari pemiliknya dan lampirkan sumber asal informasi tersebut.

10. Tombol Navigasi Sosial Sharing


Pasanglah tombol sharing media umum di blog sobat. Sekarang ini banyak informasi yang bisa diviralkan melalui media umum ibarat facebook dan twitter. Meskipun tidak berdampak eksklusif terhadap SEO tapi dengan adanya informasi yang viral itu pengunjung akan mengenal blog sobat.

Setiap blogger mempunyai rumusan konsep SEO onpage yang berbeda – beda. Dari sekian banyak perbedaan itu niscaya ada beberapa konsep yang sama. Makara jangan binggung yaa.. sesuaikan saja dengan pengetahuan dan kemampuan sendiri untuk meracik seo onpage.
Show comments
Hide comments

0 Response to "10 Cara Meningkatkan Secara Optimal Seo Onpage Blogger Untuk Pemula"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close