Teknik Pencurian Data Dan Cara Mengatasinya

Ada beberapa teknik yang dilakukan oleh para hacker dalam mencuri data di internet, diantaranya :

1. Teknik Session Hijacking
Ada beberapa teknik yang dilakukan oleh para hacker dalam mencuri data di internet Teknik pencurian data dan cara mengatasinya
Dengan session hijacking, hacker menempatkan sistem monitoring/spying terhadap pengetikan yang dilakukan pengguna pada PC yang dipakai oleh pengguna untuk mengunjungi situs. Untuk mengatasi persoalan ini pengguna sebaiknya memakai komputer yang benar-benar terjamin dan tidak dipakai oleh sembarang orang, contohnya komputer di rumah, kantor, dsb.

2. Teknik Packet Sniffing
Ada beberapa teknik yang dilakukan oleh para hacker dalam mencuri data di internet Teknik pencurian data dan cara mengatasinya
Pada teknik ini hacker melaksanakan monitoring atau penangkapan terhadap paket data yang ditransmisikan dari komputer client ke web server pada jaringan internet. Untuk mengatasi persoalan ini perlu dilakukan enkripsi/penyandian paket data pada komputer client sebelum dikirimkan melalui media internet ke web server.


3. Teknik DNS Spoofing
Ada beberapa teknik yang dilakukan oleh para hacker dalam mencuri data di internet Teknik pencurian data dan cara mengatasinya
Pada teknik ini hacker berusaha menciptakan pengguna mengunjungi situs yang salah sehingga menawarkan warta belakang layar kepada pihak yang tidak berhak. Untuk melaksanakan tehnik ini hacker umumnya menciptakan situs yang seakan-akan namanya dengan nama server eCommerce asli. Misalnya www.klikbca.com merupakan situs yang asli, maka hacker akan menciptakan situs berjulukan www.klik_bca.com, www.klikbca.org, www.klik-bca.com, www.klikbca.co.id. Dengan demikian saat pengguna membuka alamat yang salah, ia akan tetap mengira ia mengunjungsi situs klikbca yang benar.

Untuk mengatasi persoalan tersebut di atas sanggup dipecahkan dengan melengkapi Digital Certificates pada situs asli. Dengan demikian meskipun hacker sanggup menciptakan nama yang sama namun tidak sanggup melaksanakan pemalsuan digital certificate. Pengguna atau pengunjung situs sanggup mengetahui bahwa situs itu orisinil atau tidak dengan melihat ada tidaknya certificate pada situs tersebut memakai browser mereka. Disamping itu webserver eCommerce harus dilengkapi dengan firewall yang akan menyaring paket-paket data yang masuk sehingga terhindar dari serangan Denial Of Service (DoS)

4. Teknik Website Defacing
Ada beberapa teknik yang dilakukan oleh para hacker dalam mencuri data di internet Teknik pencurian data dan cara mengatasinya
Pada teknik ini hacker melaksanakan serangan pada situs orisinil misalkan www.klikbca.com kemudian mengganti isi halaman pada server tersebut dengan miliknya. Dengan demikian pengunjung akan mengunjungi alamat dan server yang benar namun halaman yang dibentuk hacker.

Untuk mengatasi persoalan di atas server eCommerce perlu dikonfigurasi dengan baik semoga tidak mempunyai security hole dan harus dilengkapi firewall yang akan menyaring paket data yang sanggup masuk ke situs tersebut.
Sumber http://www.notesku.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Teknik Pencurian Data Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close