Memulai Kegiatan Ms. Word 2007

Microsoft Word merupakan jadwal aplikasi pengolah kata yang cukup lengkap dan lebih otomatis.
Bahkan perintah dan fungsi yang disediakan oleh software ini menunjang aneka macam keperluan mulai dari pengetikan atau penyusunan naskah biasa, laporan, surat kabar hingga dengan faximile.

Pada Bab ini kita akan berkenalan dengan sajian Home.
Pada sajian ini terdapat kelompok toolbar
  1. Clipboard
  2. Font
  3. Paragraph
  4. Styles
  5. Editing
Cara memulai aplikasi Microsoft Word
Langkah-langkah :
  1. Pilih tombol Start di pojok kiri bawah tampilan windows.
  2. Setelah muncul tampilan menunya pilih Program, kemudian Microsoft Office dan Pilih Microsoft Office Word 2007.
Unsur-unsur utama Layar Ms Word.
  • Judul Windows; Baris Judul Menampilkan nama file dan aplikasi Microsoft Word, nama file sebelum dirubah ialah Document1, Document2 dan seterusnya. Di pojok kanan sebelahnya window terdapat button minimize, maximize dan menutup aplikasi word
  • Office Button; Digunakan untuk:
    • Membuat file baru
    • Membuka file
    • Menyimpan file
    • Mencetak
    • Keluar dari word
  • Disebelah kanan office button terdapat button yang dipakai untuk menyimpan, Undo, Redo dan Customize Quick Access Toolbar
  • Customize Quick Access Toolbar
  • Digunakan untuk menampilkan button2 yang diinginkan untuk tampil pada taskbar, sebagai rujukan kalau kita klik button open dan new document, akan muncul button tersebut pada taskbar sebagai tips, tampilkan button yang sering anda gunakan untuk mempercepat pengerjaan.
  • Menu
  • Menu pada Ms Word 2007 ditunjukkan pada gambar berikut Setiap sajian yang aktif (yang kita Klik) akan memunculkan toolbar dibawahnya.
  • Toolbar
  • Merupakan formasi tool-tool (gambar-gambar yang berbentuk tombol) yang mewakili perintah dan berfungsi untuk mempermudah dan mengefisienkan pengoperasian program.
Kursor ; Kursor atau Insertion Point merupakan indikator daerah dimana teks akan muncul kalau kita akan mengetik. Posisi ini perlu diperhatikan alasannya Ms Word menggunakannya sebagai dasar dalam melaksanakan suatu pekerjaan yang kita perintahkan.
  • Penggulung Teks Untuk memudahkan dalam membaca suatu dokumen dengan menggulung layar vertical dan horizontal.
  • Memasukkan Teks Setelah mengenal dasar-dasar layar Word, teks sanggup pribadi dimasukkan. Ada beberapa hal yang perlu diketahui: _ Tab dipakai untuk mengidentasi pada baris pertama. _ Word secara otomatis akan memulai baris gres sewaktu teks mencapai tepi kanan halaman. _ Apabila terjadi kesalahan mengetik tekan Backspace untuk menghapusnya. _ Tekan enter untuk menambah baris kosong. _ Titik Sisip (kursor) Digunakan untuk memulai memasukkan teks. _ Penunjuk Mouse bergerak dilayar sewaktu mouse digerakkan. Penunjuk ini tampak dalam bentuk karakter I atau panah.Memperbaiki Teks Ketika suatu dokumen dibuat, seringkali perlu memindahkan titik sisip untuk menambah atau menghapus teks di lokasi yang berbeda. Caranya sebagai berikut : 
  • Menggunakan Mouse Geser pointer mouse yang berbentuk I-beam ke posisi yang anda kehendaki pada area teks dan klik mouse. Jika posisi yang anda tuju tidak tampak, perlu menggulung ke lokasi yang diinginkan, gunakan panah atas dan bawah untuk naik atau turun satu baris. Gunakan panah double atas dan bawah (dibawah toolbar vertical) untuk naik atau turun satu halaman.

Menggunakan Keyboard Jika anda memakai tombol pada numeric keypad, pastikan bahwa NUM LOCK dalam keadaan off.
  • Menyimpan Dokumen; Untuk menyimpan dokumen klik office button kemudian pilih Save atau klik button pada Toolbar. Akan muncul gambar berikut: Pilihlah lokasi file (directory) pada bab Save in:, ketiklah nama file pada bab File name, kemudian tekan tombol Save. Sebagai latihan berilah nama pada file yang sudah diketik dengan nama Lat1.doc 
  • Menutup Dokumen; Bila sudah jawaban mengerjakan suatu dokumen dan sudah jawaban menyimpannya, mungkin perlu menutup dokumen dan sehabis itu mengerjakan dokumen lain. Klik office button dan pilih Close.
  • Membuka Dokumen; Untuk membuka dokumen klik office button dan pilih Open,
  • Carilah directory dan Folder Yang menampung file yang akan dibuka pada bab Look in kemudian klik file yang akan dibuka kemudian tekan button Open maka file anda akan ditampilkan dilayar Word. Sebagai latihan, bukalah kembali file Lat1.doc yang sudah dibentuk tadi.
  • Keluar dari Word Click tombol yang ada di pojok kanan atas window Word maka aplikasi word akan hilang.

Sumber http://www.notesku.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Memulai Kegiatan Ms. Word 2007"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close