Apa Saja Jenis Komunikasi Online?

| Pada artikel sebelumnya sudah kami paparkan terkait dengan pengertian komunikasi online atau sering juga disebut komunikasi jaringan (dering), dan saya rasa anda sudah mengerti. Namun, terkait dengan jenis jenis komunikasi online atau komunikasi jaringan (dering) belum pernah kami paparkan. Untuk itu, pada kesempatan kali ini melalui blog menyebarkan materi terkait dengan jenis komunikasi jaringan sebagaimana yang dimaksud.

Sedikit saya ulangi terkait dengan pengertian komunikasi jaringan atau online yakni, komunikasi yang memakai kemudahan yang bekerjasama dengan jaringan secara online. Boleh jadi anda berkomunikasi memakai kemudahan menyerupai BBM, Line, Facebook chat, dan sebagainya. Ini merupakan sebuah pola komunikasi secara online yang sudah anda lakukan.

 Pada artikel sebelumnya sudah kami paparkan terkait dengan pengertian komunikasi online a Apa Saja Jenis Komunikasi Online?

Intinya yakni proses komunikasi yang dilakukan oleh komunikator dengan komunikan dengan cara memakai kemudahan yang terhubung terusan jaringan internet. Baik itu dengan cara penyampaian isu melalui WhatsApp atau BBM secara ekspresi maupun pesan teks atau tulisan. Komunikasi online ini tidak lepas dari jaringan internet.

Komunikasi online atau sering disebut komunikasi jaringan, pertama sekali dimulai pada tahun 1960, di sebuah universitas of Hawaii yang mempunyai kawasan yang luas dan berkeinginan untuk menghubungkan komputer komputer yang tersebar di kampus tersebut. Kemudian Universitas of Hawaii mengembangkan teknologi Ethernet (perangkat komunikasi pada komputer) dengan nama “ALOHA”.

Di dalam Ethernet tersebut ditanam sebuah software yang di dalamnya terdapat sebuah protocol yang pada ketika itu disebut dengan nama ARPANET, yang diluncurkan tahun 1969. ARPANET untuk ketika ini sudah bermetamorfosis nama internet yang berasal dari interconnected network. Penggunaan komunikasi online dalam dunia pendidikan pertama kali pada tahun 1980an ditandai dengan pengenalan komputer sebagai media pendidikan, dan pertengahan tahun 1990 dengan munculnya word wide web. Lalu apa saja sih jenis jenis komunikasi online?

Baca Juga: Pengertian Komunikasi Online atau Jaringan

Berikut ini jenis komunikasi online yang sanggup anda ketahui persembahan yakni di bawah ini:
  1. Komunikasi online sinkron.
    Merupakan komunikasi online yang bersifat secara real time (langsung) memakai komputer sebagai media untuk menyempaikan proses komunikasi, hal ini disebut komunikasi online atau jaringan serempak/sinkron. Sebagai pola komunikasi sinkron yang bersifat eksklusif yakni menyerupai aplikasi chat dan juga video chat yakni, facbook, yahoo messenger, google talk, skype, line, facetime, google+ hangout, BBM, dan sebagainya).
  2. Komunikasi online asinkron.
    Merupakan komunikasi online yang bersifat tidak langsung, juga memakai komputer sebagai media guna sebagai proses komunikasi. Hail ini disebut dengan komunikasi online tidak serempak/asinkron. Sebagai pola komunikasi asinkron yang bersifat tidak eksklusif yakni menyerupai aplikasi e-mail, video streaming, blog atau website. Komunikasi online asinkron lebih mengacu pada membaca, menulis, menyebarkan video dan sebagainya. Komunikasi ini tentu tidak bersifat eksklusif menyerupai komunikasi sinkron yang sifatnya langsung.

Demikian pembagian terstruktur mengenai terkait dengan jenis komunikasi online persembahan yang sanggup anda ketahui. Semoga dengan adanya isu ini menjadi bertambah ilmu pengetahuan serta wawasan pada ilmu komunikasi. Dan bagi anda yang lebih paham terkait dengan materi di atas dan merasa belum lengkap, maka sangat disarankan meninggalkan komentar di bawah guna untuk kesempurnaan artikel ini.
Sumber http://www.irmanfsp.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Apa Saja Jenis Komunikasi Online?"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close