Komunikasi Pemasaran Dan Penjelasannya

| Sebelumnya sudah kami paparkan materi yang ada kaitannya dengan komunikasi pemasaran yakni tujuan dan juga bentuk dari komunikasi pemasaran. Namun, kami juga belum merasa terperinci sebelum menawarkan sedikit klarifikasi terkait dengan pengertian komunikasi pemasaran (marketing communication). Maka dari itu, artikel ini menawarkan klarifikasi komunikasi pemasaran secara lebih terperinci.

Komunikasi pemasaran (marketing communication) ialah proses penyampaian informasi yang dilakukan oleh distributor atau marketing (sales promosi) dengan tujuan memperkenalkan suatu produk atau merek dari sebuah perusahaan kepada khalayak ramai. Komunikasi pemasaran ini juga hampir sama dengan komunikasi bisnis. Artinya sama sama ada tujuan dalam hal mempromosikan suatu merek maupun produk.

 Sebelumnya sudah kami paparkan materi yang ada kaitannya dengan komunikasi pemasaran yakn Komunikasi Pemasaran dan Penjelasannya

Dalam komunikasi pemasaran terdapat dua (2) unsur pokok yang perlu anda ketahui yakni sebagai berikut:
  1. Komunikasi.
    Proses di mana fatwa dan pemahaman disampaikan antar individu, atau antar organisasi dengan individu. Komunikasi sebagai proses penyampaian pesan yang merupakan gagasan atau informasi pengirim melalui suatu media kepada akseptor supaya bisa memahami maksud pengirim.
  2. Pemasaran.
    Sekumpulan kegiatan di mana perusahaan atau organisasi lainnya mentransfer nilai-nilai (pertukaran) wacana informasi produk, jasa dan inspirasi antara mereka dengan pelanggannya (https://id.wikipedia.org).

Komunikasi pemasaran (marketing communication) berdasarkan para ahli
Di atas merupakan uraian terkait dengan pengertian komunikasi pemasaran yang sanggup di paparkan oleh . Namun, sebelum menawarkan gambaran dari klarifikasi para andal terasa belum lengkap sebagai materi komunikasi pemasaran.

Untuk itu, ketahuilah klarifikasi terkait dengan komunikasi pemasaran dari pendapat para ahli sebagai berikut:
  • Terence A. Shimp (2003: 4) beropini bahwa komunikasi pemasaran atau marketing communication merupakan aspek penting pada keseluruhan kegiatan pemasaran serta sanggup memilih kesuksesan pemasaran.
  • Sutisna (2006: 126 - 127) beropini bahwa komunikasi pemasaran merupakan perjuangan untuk meyampaikan pesan kepada publik terutama konsumen saran mengenai perbedaan produk di pasar. Kegiatan komunikasi pemasaran merupakan rangkaian kegiatan untuk mewujudkan suatu produk, jasa, ide, dengan memakai bauran pemasaran (marketing mix) yaitu iklan (advertising), penjualan tatap muka (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), kekerabatan masyarakat dan publisitas (public relation and publicity) serta pemasaran eksklusif (direct marketing).
  • Menurut Stanton yang dikutip oleh Djaslim Saladin dan Yevis Marti Oesman (1991; 194) Komunikasi pemasaran ialah kombinasi dari penjualan tatap muka, periklanan, promosi penjualan, publisitas, dan kekerabatan masyarakat yang membantu pencapaian tujuan perusahaan.
  • Djasmin Saladin (2001; 123) Komunikasi pemasaran ialah kegiatan yang berusaha mengembangkan informasi, mempengaruhi dan membujuk atau mengingatkan pesan target atas perusahaan dan produknya supaya bersedia menerima, membeli loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
  • Sofyan Assauri (1996; 243) juga beropini bahwa komunikasi pemasaran ialah kombinasi taktik yang paling baik dari unsur-unsur promosi tersebut, maka untuk sanggup efektifnya promosi dilakukan suatu perusahaan, perlu ditentukan terlebih dahulu peralatan atau unsur promosi apa saja yang sebaiknya dipakai dan bagaimana pengkombinasian unsur unsur tersebut supaya akhirnya optimal.
  • Menurut Schultz, komunikasi pemasaran ialah proses administrasi seluruh sumber informasi wacana sebuah produk atau jasa yang ditunjukkan kepada pelanggan atau prospek yang diekspos dengan tujuan untuk membawa pelanggan pada penjualan dan memelihara loyalitas pelanggan.
  • Sedangkan berdasarkan Duncan dan Moriaty dalam Morissan (2007; 8) dalam bukunya yang berjudul Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu adalah, pendekatan pemasaran 'generasi baru' yang dipakai perusahaan untuk lebih memfokuskan upaya mereka dalam memperoleh, mempertahankan dan mengembangkan kekerabatan perusahaan dengan para pelanggan serta pihak-pihak terkait lainnya..
  • Menurut Nickles (Dharmmesta, 1990 : 56), komunikasi pemasaran merupakan kegiatan komunikasi yang dilakukan oleh pembeli dan penjual yang sangat membantu dalam pengambilan keputusan di bidang pemasaran, serta mengarahkan pertukaran supaya lebih memuaskan dengan cara menyadarkan semua pihak untuk berbuat lebih baik.
  • Menurut Kotler dan Keller, komunikasi pemasaran ialah sarana yang dipakai perusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen eksklusif atau tidak eksklusif wacana produk dan merek.

Bauran komunikasi pemasaran, berdasarkan Kotller (2005: 249) merupakan penggabungan dari lima model komunikasi dalam pemasaran, yaitu:
  1. Iklan.
    Setiap bentuk presentasi yang bukan dilakukan orang dan promosi gagasan, barang, atau jasa oleh sponsor yang telah ditentukan
  2. Promosi Penjualan.
    Berbagai jenis insentif jangka pendek untuk mendorong orang mencoba atau membeli produk atau jasa.
  3. Hubungan masyarakat dan pemberitaan.
    Berbagai acara yang dirancang untuk mempromosikan atau melindungi gambaran perusahaan atau masing-masing produknya
  4. Penjualan pribadi.
    Interaksi tatap muka dengan satu atau beberapa calon pembeli dengan maksud untuk melaksanakan presentasi, menjawab pertanyaan, dan memperoleh pemesanan.
  5. Pemasaran eksklusif dan interaktif.
    Penggunaan surat, telepon , faksimili,e-mail, atau internet untuk berkomunikasi eksklusif atau meminta jawaban atau berdialog dengan pelanggan tertentu dan calon pelanggan.

Demikian klarifikasi terkait dengan pengertian komunikasi pemasaran, baik itu dari pendapat maupun pendapat para andal persembahan . Semoga dengan adanya materi komunikasi pemasaran (marketing communication) menjadi informasi untuk pengunjung nusantara.
Sumber http://www.irmanfsp.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Komunikasi Pemasaran Dan Penjelasannya"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close