Pengertian Dan Klarifikasi Komunikator Politik

| Informasi yang disampaikan oleh individu atau kelompok yang ada tujuannya untuk kepentingan suatu organisasi sanggup disebut komunikator politik. Pesan (informasi) ini biasanya ada relasi bahkan kaitannya dengan kekuasaan pemerintah, kebijakan pemerintah, kewenangan, serta hukum pemerintahan yang bertujuan untuk mempengaruhi masyarakat ramai baik itu melalui pesan ekspresi maupun non verbal. Sebagai pola komunikator politik yaitu orang bahkan kelompok yang memberikan suatu informasi politik kepada publik, baik itu secara eksklusif maupun memakai media massa.

Individu atau orang yang bisa mempengaruhi khalayak atau masyarakat ramai, biasanya dalam suatu organisasi sangatlah penting. Bahkan bagi pimpinan organisasi tentu akan menyiapkan sosok individu yang akan diposisikan sebagai komunikator yang bisa menunjukkan informasi kepada khalayak serta sanggup mempengaruhinya. Dengan demikian, tujuan suatu organisasi politik sanggup berkembang serta cepat dan dikenal oleh khalayak. Hal ini merupakan salah satu tugas komunikator politik.

 Informasi yang disampaikan oleh individu atau kelompok yang ada tujuannya untuk kepenting Pengertian dan Penjelasan Komunikator Politik

Komunikator juga merupakan pihak yang memakai media massa dengan teknologi modern yang bertujuan untuk menyebarluaskan suatu informasi yang sanggup ditangkap dengan cepat oleh publik. Komunikator politik ini juga bisa berperan sebagai penyampaian informasi secara eksklusif terhadap publik serta bisa memakai alat media massa dengan tujuannya yaitu membuatkan informasi, pemahaman, wawasan, serta solusi kepada masyarakat luas tanpa diketahui keberadaannya.

Secara identitas individu sebagai komunikator politik ini jelas. Artinya ia terdaftar dan bekerja untuk sebuah organisasi politik. Ia pun dibayar dan tugasnya khusus untuk mempengaruhi massa supaya suatu yang Ia targetkan bisa berhasil. Sebagai pola sanggup Anda ketahui menyerupai timses atau tim pemenangan suatu pasangan calon kandidat partai politik. Sebagai komunikator politik, tentu ia akan bekerja semaksimal mungkin supaya pasangan yang ai promosikan terpilih dan menang dalam pemilihan umum (Pemilu).

Baca Juga: Ciri ciri Agen Politik Yang Bisa Merusak Citra Partai

Adapun enam (6) aspek komunikator sebagai pemimpin politik yakni sebagai berikut:
  1. Karakteristik kepemimpinan politik
  2. Komunikor dalam kepemimpinan politik
  3. Ikatan komunikasi antar kepemimpinan politik
  4. Citra rakyat sebagai komunikator dalam kepemimpinan politik
  5. Karakteristik sosial dalam kepemimpinan politik
  6. Pemilihan pemimpin politik

Menurut Nimmo (1989) mengklasifikasikan ada tiga (3) komunikator utama dalam politik yakni sebagai berikut:
  1. Politikus.
    Merupakan seseorang yang terlibat dalam politik, dan kadang juga termasuk para mahir politik. Politikus juga termasuk figur politik yang ikut serta dalam pemerintahan atau orang orang yang memegang jabatan pada pemerintah, baik itu jabatan dipilih, ditunjuk atau karir politik. Sebagai pola ia yaitu pejabat eksekutif, legislative, atau yudikatif.
  2. Profesional.
    Merupakan individu yang menjalankan kiprah sebagai komunikator atau dengan keahlian mereka bisa mencari rezeki. Sebagai pola mereka yaitu jurnalis yang merupakan karyawan pada perusahaan gosip dan juga promotor yang merupakan individu dibayar untuk mengajukan kepentingan langganan tertentu. Seperti distributor publisitan tokoh masyarakat, personil relasi masyarakat dengan suatu organisasi atau pemerintah.
  3. Aktivis.
    Merupakan sebagai komunikator politik utama yang bertindak sebagai akses organisasi bahkan individual. Sebagai penggagas cukup terlibat baik dalam politik dan semiprofesional dalam komunikasi politik. Mewakili tuntutan keanggotaan pada suatu organisasi, serta melaporkan keputusan dan juga kebijakan pemerintah kepada anggota sebuah organisasi.

Demikian pengertian komunikator politik beserta klarifikasi singkat dari irman fsp pada artikel kali ini. Semoga dengan adanya informasi komunikasi politik sanggup memberi pemahaman untuk pengunjung setia kami. Dan untuk mengetahui bahan lainnya sanggup Anda baca diartikel lainnya yang ada pada blog irman fsp ini, terima kasih.
Sumber http://www.irmanfsp.com/
Show comments
Hide comments

0 Response to "Pengertian Dan Klarifikasi Komunikator Politik"

Post a Comment

Blog ini merupakan Blog Dofollow, karena beberapa alasan tertentu, sobat bisa mencari backlink di blog ini dengan syarat :
1. Tidak mengandung SARA
2. Komentar SPAM dan JUNK akan dihapus
3. Tidak diperbolehkan menyertakan link aktif
4. Berkomentar dengan format (Name/URL)

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!".

Klik subscribe by email agar Anda segera tahu balasan komentar Anda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

close